Lagi, Nicki Minaj Terlibat Kasus Pelanggaran Hak Cipta

Oleh: riadini - 29 Jun 2023

Nicki Minaj baru saja dituntut karena pelanggaran hak cipta untuk lagunya di tahun 2014, 'I Lied'. Musisi lain menuduhnya "meniru secara langsung" ketukan yang digunakan dalam lagu tersebut.


Menurut gugatan, musisi bernama Julis Johnson mengajukan keluhan pada hari Senin di California yang mengklaim bahwa lagu balada milik Nicki Minaj dan produser Mike Will Made It itu terdengar sangat mirip dengan lagunya yang berjudul 'onmysleeve.'


Johnson mengklaim lagunya dipublikasikan di YouTube pada tahun 2011, tiga tahun sebelum 'I Lied' dimasukkan ke dalam album milik rapper yang kini berusia 40 tahun tersebut, "The Pinkprint".

Dalam dokumennya, Johnson mengatakan ketukannya dimasukkan ke dalam hard drive yang diambil dari sesi studio tanpa persetujuannya pada tahun 2013 ketika dia menghadiri Institut Seni Atlanta. Johnson mengklaim bahwa "rekan" atau "afiliasi" dari Nicki Minaj dan Mike Will juga memiliki akses ke ruang rekaman institut sekitar waktu itu dan diduga berhasil mendapatkannya.

Namun, seorang sumber yang mengaku dekat dengan Nicki Minaj mengatakan kepada TMZ bahwa pelantun 'Super Bass' itu tidak ada hubungannya dengan pemilihan irama. “Jelas Nicki adalah seorang penulis lirik, jadi klaim dalam hal produksi jelas harus ditangani oleh pihak terkait,” kata mereka.

Ini bukan kali pertama Nicki Minaj dituduh melakukan pelanggaran. Pada awal 2021, penyanyi Tracy Chapman memenangkan $450.000 dalam gugatan hak cipta saat melawan Nicki Minaj.

ih

riadini
More from Creative Disc