The Beatles Akan Rilis Lagu Final Berkat Teknologi AI

Oleh: riadini - 15 Jun 2023

Sir Paul McCartney akan kembali bekerja sama dengan kawan-kawan lamanya termasuk mendiang John Lennon dalam 'The Final Beatles Song', yang telah rampung digarap dengan menggunakan teknologi AI. Anggota grup yang masih tersisa mengungkapkan bahwa mereka menggunakan kecerdasan buatan pada demo lama untuk mengekstraksi vokal John Lennon.

"Kami baru saja menyelesaikannya dan akan dirilis tahun ini," ungkap Sir Paul McCartney yang kini telah berusia 80 tahun dalam acara "Today" di BBC Radio 4. Menurut laporan, lagu terakhir itu berjudul 'Now and Then' meskipun sang legenda tidak menyebutkannya.

John Lennon sendiri seperti yang telah diketahui adalah vokalis band legendaris asal Inggris, The Beatles, yang meninggal dunia di usia 40 tahun akibat menerima tembakan dari seseorang yang mengaku penggemar saat berada di New York pada tahun 1980.

Dirinya sempat menulis lagu tersebut yang kemudian diserahkan oleh sang istri, Yoko Ono, kepada Paul McCartney pada tahun 1994 dalam sebuah kaset berlabel "For Paul". Sebelumnya, lagu tersebut telah dipertimbangkan untuk dirilis sebagai bagian dari proyek Antologi band, yang mencakup film dokumenter, satu set album ganda tiga jilid, dan sebuah buku tentang sejarah grup. Namun, mereka memilih 'Real Love' dan 'Free as a Bird' dari rekaman yang sama.


riadini
More from Creative Disc