Afgan Rayakan 15 Tahun Berkarier Lewat Konser Tunggal ‘EVOLUTION’

Oleh: dundhee - 03 Jul 2023

Foto: Sulinda Sumardi

Banyak cara seorang musisi untuk merayakan perjalanan karier mereka di industri musik. Itulah yang juga dilakukan oleh Afgan Syahreza yang merayakan lebih dari 15 tahun berkarya di industri musik melalui sebuah konser ‘Evolution’. Konser ini memang diharapkan Afgan menjadi satu gambaran perjalanan karier bermusiknya mulai dari pertama kali merilis single ‘Terima Kasih Cinta’ hingga sekarang.

Konser ‘Evolution’ dari Afgan digelar di Tennis Indoor Senayan pada hari Sabtu, 1 Juli 2023 yang lalu. Afganisme sudah memadati area konser bahkan beberapa jam sebelum konser dimulai. Konser ini dimulai dengan beberapa lagu yang ada di album berbahasa Inggris pertama Afgan “Wallflower”. Tidak hanya bernyanyi, Afgan juga menunjukkan kepiawaiannya untuk berdansa bersama penari yang mengiringinya selama lagu-lagu tersebut dinyanyikan.

Dengan durasi selama 2,5 jam, Afganisme diajak untuk napak tilas perjalanan bermusik Afgan lewat konser ‘Evolution’ ini. Tidak hanya itu, tatanan panggung, visual, dan lampu menambah nuansa yang meriah dan mewah dari konser ini. Selain membawakan lagu-lagu hitsnya sendiri, Afgan juga memberikan beberapa kejutan bintang tamu yang memeriahkan konser ini, diantaranya Raisa yang menyanyikan single duetnya bersama Afgan, ‘Percayalah’, Andi Rianto yang mengiringi Afgan pada piano dengan menyanyikan lagu ‘Mengertilah Kasih’ yang dulu sempat dibawakan oleh Ruth Sahanaya di tahun 2002.

Kejutan tak berhenti disitu saja, karena Afgan juga turut mengajak Rossa untuk menyanyi bersama dirinya. Malam itu, Rossa memang sengaja datang untuk melihat performance dari Afgan, namun saat mengetahui bahwa Rossa datang, di atas panggung Afgan meminta Rossa untuk berduet bersamanya. Tidak hanya menyanyikan lagu ‘Kamu Yang Kutunggu’, Rossa dan Afgan juga menyanyikan lagu ‘Terlalu Cinta’. Moment romantis ditampilkan oleh keduanya lewat gandengan tangan, saling pandang, dan pelukan kecil sepanjang membawakan lagu-lagu tersebut.

Saat konser, Afgan juga memberikan tribute spesial bagi Chrisye yang dikatakan sebagai musisi yang menginspirasi dirinya selama ini. Beberapa lagu Chrisye dibawakan oleh Afgan lengkap dengan diputarnya audio Chrisye yang sedang bernyanyi.

Di sela-sela penampilannya, Afgan cukup sering mengucapkan terima kasih atas support yang diberikan Afganisme selama 15 tahun dirinya berkarya dan berharap support tersebut tidak pernah padam hingga tahun-tahun ke depan.

Tidak hanya dihadiri oleh Afganisme saja, konser ini juga turut dihadiri oleh beberapa selebriti dan rekan musisi lainnya seperti, Bebi Romeo, Fadil Jaidi, Tara Basro, Fadil Jaidi, Gamaliel, dan masih banyak lainnya.

dundhee
More from Creative Disc