Catching Up With James Arthur: Penyanyi dan Penulis Lagu Yang Punya Etos Kerja Tinggi

Oleh: luthfi - 18 Jul 2023

Ada alasan terbesar kenapa James Arthur bisa menjadi artis lulusan X Factor tersukses sepanjang masa dikala banyak lulusan acara yang sama karir musiknya langsung tenggelam entah kemana. Ia mempunyai etos kerja yang sangat tinggi dan sangat peduli dengan lagu-lagu yang ia rilis dan ciptakan.

“Pokoknya kalau lagu itu di bagian reff¬-nya udah gak enak atau besoknya pas dinyanyiin lagi udah lupa aku langsung membuat lagunya dari awal lagi sampai akhirnya bagian reff dari lagu itu gampang diingat dan bisa dinyanyikan berkali-kali. Hal itu aku lakukan ke dalam setiap lagu yang kubuat”, ungkap James ketika ditemui di studio rumahnya lewat Zoom oleh CreativeDisc.


Etos kerja dan idealismenya terhadap sebuah lagu sebenarnya sudah ia mulai ketika di album perdana yang diberi judul sesuai namanya namun bayang-bayang artis lulusan pencari bakat masih menghantui dirinya dan ia masih belum bisa menunjukkan hal itu. Barulah ketika ia masuk di album kedua “Back From The Edge” ia bisa menunjukkan hal itu sambil dibantu oleh beberapa temannya, hasilnya adalah tiga lagu dia di album itu seperti “Train Wreck”, “Can I Be Him” dan tentunya “Say You Won’t Let Go” yang membuat ia bermandikan sertifikasi Diamond, Platinum, dan Gold dan berhasil terjual setara dengan 22 juta kopi dari tiga lagu itu saja.

Ia juga berhasil menjadi solois pria internasional yang paling banyak didengarkan di Indonesia dan ia sangat senang dengan hal itu bahkan ia ingin sekali untuk bisa tampil solo konser di Indonesia mengingat angka pendengarnya yang fantastis di sini. Lagu-lagunya banyak menjadi viral di TikTok terutama “Car’s Outside” yang berhasil masuk ke Top 50 Spotify Indonesia selama berminggu-minggu.


Namun itu semua tidak serta merta didapat oleh James karena ia sendiri sempat merasa depresi dan putus asa pasca album pertamanya yang banyak mendapat kritikan keras dari berbagai macam sisi. “Aku sempat mengalami depresi pasca X Factor dan album perdana. Banyak yang tidak percaya dengan karir bermusikku dan itu membuatku sangat down tapi untungnya banyak orang yang selalu mendukungku dan memberikan aku semangat untuk bisa berkarya dan jadilah seperti sekarang.”, kata James Arthur.


Kepekaannya akan lagu yang catchy lengkap dengan suaranya yang begitu dalam bisa menyentuh banyak hati para pendengarnya. James Arthur mampu membuat komposisi yang enak dan mumpuni dan pembuktiannya bisa dilihat dengan data dan angka berapa banyak orang yang mendengarkan lagunya.


Simak wawancara CreativeDisc selengkapnya dengan James Arthur dimana kami berbicara tentang single terbarunya, pendapat dia tentang Indonesia, etos kerjanya yang sangat tinggi dan ceritanya pasca X Factor lewat video di bawah ini:



luthfi
More from Creative Disc