CreativeDisc Exclusive Interview With Makaya McCraven: Sang Ilmuwan Ritme Yang Senang Berkomunikasi Melalui Drum

Oleh: luthfi - 01 Jul 2023

Drummer jazz merangkap produser, komposer dan juga beatmaker Makaya McCraven sangat senang mencurahkan apa yang ia rasakan melalui drum ketimbang melalui suaranya dia sendiri. “Lebih gampang buatku untuk mencurahkan perasaanku ke dalam sebuah ritme drum karena kita sebagai manusia sudah dibekali dengan ritme dalam diri kita contohnya ritme dari detak jantung kita. Menurutku drum dan ritme adalah alat musik yang mempunyai kekuatan besar selain pita suara manusia untuk bernyanyi.”, ungkap Makaya ketika ditemui langsung di sela-sela jadwal dia tampil di Java Jazz Festival 2023.


Curahan perasaanya tersebut tumpah ruah di album yang ia rilis di tahun 2022 kemarin berjudul “In These Times” dimana pembuatan album ini memakan waktu yang cukup lama agar ia bisa berkomunikasi dengan mudah ke semua orang yang mendengarkan album ini tanpa harus tahu musik jazz dan instrumental. Di dalam album tersebut Makaya berhasil menumpahkan berbagai macam emosi lewat ketukan drum yang ia sajikan, ia memainkan berbagai macam tempo dan tanda birama yang berbeda-beda di setiap lagunya untuk menyampaikan berbagai macam perasaan manusia mulai dari senang, marah, tegang, kagum, sedih dan gembira. Mendengarkan “In These Times” seperti masuk ke dalam sebuah wahana rollercoaster dari emosi manusia.


“Aku ingin orang-orang yang tidak paham musik jazz bisa mendengarkan album ini. Tidak perlu intelektualitas atau pemahaman musik tingkat tinggi untuk mendengarkan album ini.”, kata Makaya ketika ditanya tentang tujuan yang ingin ia raih melalui “In These Times”. Melalui “In These Times” ia berhasil mewujudkan hal itu, ia berhasil mengomunikasikan emosi ke dalam sebuah ritme dan diakui juga oleh berbagai macam kritikus musik yang banyak memasukkan album ini ke daftar rilisan terbaik di tahun 2022. Tidak salah jika ia menamakan dirinya sebagai “ilmuwan ritme” karena lewat album ini ia berhasil mengawinkan banyak elemen musik dan birama yang kompleks dengan sound yang gampang dicerna dan langsung masuk ke hati pendengarnya, sebuah hal yang sulit untuk dilakukan di atas kertas.


Simak wawancara eksklusif CreativeDisc bersama Makaya McCraven dimana kami bercerita tentang Java Jazz, album “In These Times” dan menggunakan drum sebagai alat dia untuk menyampaikan pesan ke pendengarnya melalui video di bawah ini:



Special thanks to Java Jazz Festival 2023 and Beggars Indonesia.

luthfi
More from Creative Disc