CreativeDisc Exclusive Interview with Shaun: Nggak Sabar Tampil Full Live di Indonesia

Oleh: RON - 18 Apr 2024

Masih ingat lagu viral di TikTok yang berjudul 'Way Back Home'? Lagu ini dirilis sekitar 5 tahun lalu dan menjadi salah satu sensasi media sosial kala itu. 'Way Back Home' dinyanyikan oleh penyanyi, produser, dan DJ asal Korea Selatan: Shaun.

Membuka tahun 2024 ini, Shaun merilis single baru berjudul 'Easy' yang diproduseri dan dikomposeri olehnya sendiri. Lewat 'Easy', Shaun berkolaborasi dengan singer-songwriter asal Inggris, Etham, sebagai penulis liriknya. Etham sebelum ini dikenal lewat single yang viral juga berjudul '12:45'.

Belum lama ini, CreativeDisc mendapat kesempatan buat berbincang dengan Shaun soal lagu 'Easy'. Nggak cuma itu, dia juga cerita pengalaman showcase dan debut Jepang, serta rencana untuk tur dan mampir ke Indonesia. Simak wawancaranya di bawah ini:

CD: Bisa ceritain nggak proses produksi 'Easy'?
SHAUN: Jujur produksi lagu ini selesai dalam sehari! Melodinya cukup sederhana dan aku mencoba untuk memasukkan vibe musik era 80an ke dalam track-nya. Fokusku di lagu ini adalah aransemen suaranya. Konsep 'Easy' sendiri sudah sangat solid di kepalaku jadi sangat mudah buat bergerak menuju ke produksi akhirnya.

CD: Spill dong rencana kamu setelah 'Easy'!
SHAUN: Aku akan terus merilis musik baru ke depannya. Memang sekarang belum ada waktu dan tanggal spesifiknya sih, tapi aku sudah punya banyak track yang kutulis dan kusimpan. Jadi nanti kalau waktunya tepat, melihat trend juga, aku akan melepas lagu itu ke publik.

Selain itu aku juga sebenarnya punya EP Jepang yang rilis April ini. EP ini akan berisi single baru juga. Liriknya dalam Bahasa Jepang sih, mungkin akan sulit untuk tersampaikan maknanya ke mereka yang nggak bicara bahasa Jepang. Tapi lagu-lagu di EP ini tetap mengisyaratkan gaya musikku dan juga arah bermusikku ke depannya. Jadi, tungguin ya!

CD: Kamu juga merilis 'Way Back Home' versi Jepang, dan sekarang debut di Jepang. Kenapa ini adalah waktu yang pas buat kamu untuk debut di sana?
SHAUN: Sejak tahun lalu, Warner Music Japan udah nunjukkin cinta yang besar buat musik dan karyaku. Jadi terima kasih buat mereka, aku bisa berpartisipasi di banyak sekali event dan bisa merilis musik di sana. Kurasa itu adalah awal dari keputusan untuk lebih banyak berkegiatan di Jepang.

Tahu sendiri kan, susah  banget untuk bisa mendapatkan dukungan dan partner yang bener-bener agresif buat mempromosikan musik dan aktivitasku. Jadi aku ingin membalas cinta dan dukungan dari sana dengan berusaha sebaik mungkin untu menciptakan musik yang keren dan proyek-proyek menarik. Itu sih awalnya kenapa aku mau banyak beraktivitas di luar negeri.

CD: Ngomong-ngomong soal Jepang nih, gimana showcase terakhir kamu di Tokyo kemarin?
SHAUN: Bersyukur banget bisa melihat banyak orang datang ke showcase-ku di Tokyo. Soalnya penampilanku di sana sebelumnya kan seringkali hanya gigs DJ di kelab, biasanya aku akan mainkan musik terus di akhir baru nyanyi satu atau dua lagu. Selain tur AS, aku nggak punya banyak kesempatan buat tampil full live di depan banyak sekali orang. Jadi lega rasanya, bersyukur juga, bisa sampai di titik ini.

Tadinya aku pikir nggak banyak orang yang tahu lagu SHAUN selain 'Way Back Home'. Tapi melihat banyak orang menyanyikan track yang lain juga bikin aku jadi emosional. Bertemu dengan orang-orang yang datang khusus untuk melihatku, membuatku ingin tampil full live di negara lain juga.

CD: Nggak sabar nunggu kamu ke Indonesia! Lagu-lagu SHAUN juga sangat disukai di sini. Apakah ada niat buat datang? Please say something buat fans di Indonesia!
SHAUN: Aku mau bilang makasih buat semua cinta dan dukungan kalian. Udah lima tahun sejak 'Way Back Home' dirilis tapi kalian terus konsisten memberikan dukungan dan cinta hingga kini. Aku akan mencoba merilis musik-musik yang bagus untuk membalas cinta itu. Aku memang saat ini sedang merencanakan tur, dan berusaha untuk menyertakan Indonesia, bertemu kalian, dan bisa tampil di depan kalian.

Simak interview selengkapnya berikut ini:

RON
More from Creative Disc