10 Sound Viral Indonesia yang Populer di TikTok 2023

Oleh: riadini - 28 Sep 2023 | Views: 10

TikTok tidak hanya berhasil melambungkan lagu-lagu dari luar negeri namun juga tentu saja dari dalam negeri, khususnya lagu-lagu bertema galau yang relate dengan kisah cinta anak-anak jaman now. Boleh dikatakan, platform tersebut turut menjadi media yang membantu memberikan panggung untuk karya musik penyanyi-penyanyi baru di Indonesia.

Kali ini, CreativeDisc telah merangkum 10 tembang asal Tanah Air yang kerap kali digunakan sebagai audio oleh para creator TikTok.

Ghea Indrawari - Jiwa Yang Bersedih

Di daftar paling atas ada lagu milik jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol, Ghea Indrawari, berjudul 'Jiwa Yang Bersedih'. Lagu tersebut hadir untuk menyemangati orang-orang yang sedang mengalami fase lelah dan putus asa. Biasanya, para creator TikTok akan menggunakan single ini sebagai audio dari video atau konten yang bertema perjuangan seseorang. Penyanyi 25 tahun penyuka Korean thing ini sendiri juga terkenal dengan kepiawaiannya dalam membuat konten yang menarik di media sosial.

Raim Laode - Komang

Siapa sangka bahwa Raim Laode, seorang stand up comedian asal Sulawesi Tenggara, ini memiliki suara yang sangat merdu dan mampu membuat lagu yang super romantis? Salah satu single hit nya yang berhasil menghipnotis para penggemar musik Indonesia adalah 'Komang' yang juga kerap dijadikan audio untuk video-video berisi pemandangan saat seseorang melakukan perjalanan. Selain menjadi komika dan musisi, Raim Laode juga membintangi sejumlah film seperti Cek Toko Sebelah, Suami untuk Mak, dan Kukira Kau Rumah.

Mahalini - Sial

Dari judulnya saja, kita bisa menebak lagu dari Mahalini yang rilis di 2023 tersebut berkisah tentang apa. Namun yang menarik adalah, video musik dari lagu berjudul 'Sial' ini tak hanya menampilkan sang penyanyi yang tampak cantik dengan nuansa dreamy, namun juga dilengkapi dengan beberapa kisah patah hati yang dialami oleh beberapa perempuan hingga merasa trauma oleh laki-laki. 

Anggi Marito - Tak Segampang Itu

Dirilis pada Desember 2022, lagu milik Anggi Marito berjudul 'Tak Segampang Itu' berhasil viral di berbagai platform media sosial di tahun 2023. Lagu ini sering di remix dengan video yang berisi adegan perpisahan antar sepasang kekasih dan juga ada beberapa yang nampak membuat konten menggandeng seseorang yang tidak dikenal. Anggi Marito sendiri merupakan juara ketiga ajang Indonesian Idol musim kesebelas. 

Batas Senja - Nanti Kita Seperti Ini

Lagu milik Batas Senja yang satu ini telah dirilis di akhir 2022 lalu dan telah dilengkapi dengan video musik pada Agustus 2023. Namun, 'Nanti Kita Seperti Ini' mampu mencuri perhatian netizen dalam negeri dan sering digunakan untuk melengkapi konten yang berisi pemandangan dengan lirik dari lagunya, maupun video-video yang menampilkan sebuah keluarga kecil yang bahagia.

Nadin Amizah - Rayuan Perempuan Gila

Lagu milik Nadin Amizah yang membuatnya berhasil meraih nominasi AMI Award untuk Best Pop Female Solo Artist dan Best Pop Music Arranger ini memang terdengar seperti tembang lawas. Namun, hal ini justru mampu menarik minat para creator TikTok untuk menjadikannya audio dari konten yang berisi video before after gadis cantik, cover, hingga promosi produk-produk untuk perempuan. Siapa yang pakai lagu 'Rayuan Perempuan Gila' untuk jualan produk, hayo?

Awdella - Tertawan Hati

Setelah menelurkan single 'Amin Kita Beda', Awdella kembali merilis single yang masih mengusung kisah cinta yang memilukan. 'Tertawan Hati' berkisah tentang keadaan sebuah hubungan yang serba salah. Menggambarkan seseorang yang lelah berjuang untuk bertahan namun juga tidak siap untuk berpisah. Meski dilepas di tahun 2022, namun lagu ini masih menyita perhatian para pengguna TikTok untuk menjadikannya soundtrack kegalauan mereka bahkan juga untuk pelengkap potongan adegan drakor yang menyedihkan.

Aruma - Muak

Lagu berikutnya juga merupakan rilisan tahun 2022, tepatnya di bulan November. Single milik Aruma berjudul 'Muak' ini menceritakan tentang seseorang yang merasa terlalu lelah karena terus-menerus didera perasaan sakit yang disebabkan oleh cinta. Dengan suara yang halus dan musik yang santai, single ini kerap kali digunakan untuk melengkapi konten yang berisi perjuangan seseorang dalam mendapatkan cinta namun sayangnya lagi-lagi tidak berhasil.

Idgitaf - Satu-Satu

Dua lagu terakhir salah satunya adalah milik Idgitaf berjudul 'Satu-Satu' yang masuk dalam album "Mengudara." Lagu yang rilis di tahun 2022 ini berisi pesan memaafkan orang-orang yang dulu pernah menyakiti saat dirinya masih kecil meski luka yang ditinggalkan tidak benar-benar hilang. Melalui lagu ini, penyanyi 22 tahun tersebut mengingatkan para penggemarnya bahwa akan selalu ada masa depan bagi orang-orang yang terus berjuang. Saking viralnya lagu ini, penyanyi asal Atlanta, Abe Parker, membuat versi cover-nya dalam bahasa Inggris.

Fabio Asher - Bertahan Terluka

Lagu terakhir dalam Top 10 Lists kali ini ada single milik Fabio Asher berjudul 'Bertahan Terluka.' Tampaknya, lagu bertema patah hati karena cinta memang lebih disenangi oleh para netizen untuk menemani kesenduan mereka. Bahkan, lagu yang telah dirilis tahun lalu ini pun masih sering berlalu-lalang di aplikasi TikTok  sebagai pelengkap konten galau, adegan sedih dari sebuah serial dan juga perjuangan seseorang.

Nah, itu dia ke-10 lagu Indonesia yang berhasil mencuri perhatian warganet dan sering digunakan sebagai audio dari banyak konten di TikTok. Kalau kamu lagi galau, biasanya pakai lagu yang mana nih, CD Bestie?

riadini