Trending News

Blog Post

10 Album Indonesia Keren yang Digarap Secara “Mandiri”
Top 10 Lists

10 Album Indonesia Keren yang Digarap Secara “Mandiri” 

Ketika para artis muda ini menjadi vokalis, songwriter, sekaligus produser untuk album mereka.

Belakangan ini, industri musik Indonesia menyaksikan tren yang cukup menarik. Setidaknya lima tahun yang lalu, terdapat pemisahan yang jelas antara peranan seorang vokalis, peranan seorang songwriter, dan peranan seorang produser. Loncat ke masa kini, artis-artis muda semakin mendorong diri mereka untuk tidak hanya menyumbangsihkan vokal, tetapi juga menggubah karya-karya mereka dan bahkan memproduseri diri sendiri.

Strategi ini memang menuntut risiko yang luar biasa karena tidak semua artis memiliki variasi talenta yang luas. Terlepas dari itu, album-album keren berikut ini menjadi testamen para artis muda yang berhasil unjuk gigi sebagai “triple threat”.

 (Daftar berikut ini khusus mencakup album panjang/LP dan bukan mini album/EP)


  1. Sheryl Sheinafia – Jennovine (2021)

Untuk LP ketiganya, label raksasa Musica Studios mempercayakan creative freedom yang luar biasa kepada actress-singer berusia 24 tahun ini untuk menjadi vokalis, songwriter, sekaligus produser. Alhasil, Jennovine menjadi album solo Sheryl yang paling eklektik sekaligus paling personal. Selain itu, Sheryl juga mengundang kolaborator satu visi seperti Rendy Pandugo, Pamungkas, dan A. Nayaka


  1. Jevin Julian – Samsara (2021)

Produser berusia 29 tahun ini memutuskan untuk kembali menjadi bintang utama dalam album solo keduanya yang bertajuk Samsara. Berbeda dengan album solo pertamanya (Jevin Julian, 2019), di sini Jevin mencoba memberikan lebih dari segi vokal dan menghadirkan songwriting yang lebih vulnerable. Album yang notabenenya beraliran psychedelic pop ini juga menghadirkan sastrawan Ayu Utami sebagai salah satu ‘bintang tamu’.


  1. Nadya Fatira – Pisces (2020)

Pisces menjadi testamen atas bakat Nadya Fatira yang melampaui ranah songwriting. Dipadu dengan vokal yang khas dan produksi pop yang kohesif, Pisces seyogyanya mengukuhkan seorang Nadya Fatira menjadi Julia Michaels-nya Tanah Air. Pada akhirnya, terdapat lagu yang hanyalah indah ketika dibawakan sendiri oleh penggubahnya.


Related posts

Leave a Reply