Konser SCRUBB Live in Jakarta: Intimate dan Nostalgia

Oleh: Josefine Stefani - 25 Sep 2023

Pada akhir pekan lalu (23/9), SCRUBB band asal Thailand yang sudah berkarir di industri musik sejak tahun 2000 ini datang untuk pertama kalinya ke Indonesia. Dipromotori oleh Lumina Entertainment, konser perdana SCRUBB yang bertajuk “SCRUBB Live in Jakarta” ini diselenggarakan di Kuningan City Ballroom, Jakarta Selatan. Band yang beranggotakan dua personil tetap Muey (Thawatpon Wongboonsiri) dan Ball (Torpong Chantabubpha) ini merasa sangat senang dapat mampir ke Indonesia untuk menggelar konser perdananya.

Ditemui saat press conference beberapa saat sebelum konser, Ball mengatakan sebetulnya ini adalah kali kedua ia datang ke Indonesia, beberapa tahun yang lalu ia pernah datang untuk mengerjakan project musik, jadi ketika tahun ini ia datang kembali dengan SCRUBB dan akan bertemu dengan penggemar di Indonesia, ia merasa sangat antusias sekali.

Pada saat press conference tersebut, Muey juga menyampaikan rasa terima kasihnya pada para penggemar di Indonesia yang sudah mendengarkan lagu-lagu mereka. Menurutnya, walaupun ada perbedaan bahasa, namun mereka banyak sekali menerima dukungan dari penggemar di Indonesia. Contohnya, Muey mengungkapkan bahwa di media sosial seringkali ada penggemar yang mention atau tag video-video SCRUBB yang sudah diberikan subtitle bahasa Indonesia sehingga penggemar dapat mengerti makna atau arti dari lagu-lagu SCRUBB. Dan hal tersebut membuat Muey terharu karena usaha yang dilakukan oleh penggemar dapat membantu lagu-lagu SCRUBB dikenal lebih luas lagi oleh para pendengar di Indonesia. Ia juga mengatakan data pada platform digital SCRUBB menunjukkan bahwa pendengar terbanyak lagu-lagu SCRUBB diluar Thailand berasal dari negara Indonesia. Sehingga mereka sangat berterima kasih untuk bentuk dukungan yang luar biasa dari penggemar di Indonesia.

Nama SCRUBB sendiri lebih dikenal secara internasional sejak lagu-lagu mereka didaulat menjadi soundtrack dari series asal Thailand (2gether The Series) yang cukup meledak di tahun 2020 yang lalu. Ada sekitar 17 lagu SCRUBB yang digunakan pada series tersebut sehingga ketika ditanya apakah ada rencana kedepannya untuk SCRUBB mengisi soundtrack pada series-series lainnya, mereka masih belum bisa memastikan. Tentunya mereka sangat senang apabila ada lagu-lagunya yang akan digunakan dalam series namun untuk saat ini SCRUBB sedang fokus untuk merilis single-single terbaru dalam waktu dekat. Dan ketika mereka ditanya apakah ada artis atau band yang ingin diajak untuk berkolaborasi, secara mengejutkan SCRUBB menjawab ingin berkolaborasi dengan Mocca dan Adhitia Sofyan. Mereka menyatakan bahwa menyukai musik dari band dan solois asal Indonesia tersebut dan berharap ada kesempatan untuk berkolaborasi dengan mereka.

Konser yang dimulai tepat pada pukul 7 malam tersebut berjalan dengan lancar. Letak panggung yang cukup dekat dengan kursi penonton membuat suasana konser terasa intimate. SCRUBB juga membawakan sebagian besar lagu andalan mereka yang juga merupakan soundtrack dari 2gether The Series seperti ทุกอย่าง (Thuk Yang), ใกล้ (Klai), ลึกลึก (Luek Luek), คู่กัน (Khu Kan), รอยยิ้ม (Roi Yim) yang membuat penonton ikut bernyanyi dari awal hingga akhir lagu.

Muey selaku lead vocalist beberapa kali mengajak penonton untuk ikut melompat, menyanyi, dan menyalakan flashlight pada handphone. Ia juga berulang kali mengucapkan terima kasih untuk penonton yang sudah hadir malam itu dan menanyakan apakah penonton senang. Beberapa penggemar yang ditemui setelah selesai konser menyatakan sangat senang bisa menonton SCRUBB secara langsung dan bernostalgia dengan lagu-lagu dari series favorit mereka. “Selama ini hanya bisa nonton SCRUBB di series, senang sekali hari ini akhirnya bisa nonton langsung bandnya dan nostalgia dengan lagu-lagunya” ungkap salah seorang penggemar.

 

Josefine Stefani
More from Creative Disc