Kembali Bernostalgia Bersama RICHARD MARX di The Songwriter Tour Jakarta

Oleh: budi-susanto - 09 Oct 2023

Teks & Photo by: Budi Susanto

Legenda hidup Richard Marx Kembali sukses menggelar konser nya yang ke-4 kali di Indonesia pada 5 October 2023 lalu. Konser yang menjadi bagian “The Songwriter Tour” ini berlangsung di The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan. Dipromotori oleh Endless Live dan Go Live. Sebelum kedatangan kali ini  Richard Marx pernah kerkunjung ke Indonesia pada tahun 1990, 2011, dan terakhir 2016. Pada tahun 2016 dimana saya ikut menghadiri konser tersebut, Richard Marx hanya datang sendirian dengan format Unplugged dan Minus One. Kali ini di kedatangannya yang ke-4 ini Richard Marx tampil dengan format full band

Tampil mengenakan kemeja hitam polkadot serta Jeans warna hitam, serta dengan sebuah gitar electric Richard Marx yang tahun ini telah berusia 60 tahun memulai konser ini dengan “Believe in Me”, dilanjutkan dengan “Take This Heart”.  “Endless Summer Night” yang pernah begitu populer dia bawakan sebagai lagu berikutnya. Terdengar banyak penonton ikut menyumbang suara di lagu ini. 

Richard Marx baru menyapa penonton setelah "Endless Summer Night" selesai dibawakan, “Selamat malam. Senang berada di sini, apakah kalian baik-baik saja? bahagia? Siap berpesta dengan saya? Oke, karena ini pesta kalian saya cuma seorang host. Kami hanya memainkan musik yang saya harap kalian mau mendengarkan. Dan kami mau kalian bersenang-senang, menari jika kalian mau, bernyanyi bersama..” ucap Richard Marx sembari memperkenalkan personil band yang dia bawa kali ini.

Selanjutnya, Richard melanjutkan konser dengan lagu yang pernah juga begitu populer, “Angelia” (Album Repeat Offender, 1989). Selanjutnya “Front Row Seat” dan “Same Heartbreak, Different Day”. Ada hal yang sama yang pernah dilakukannya ketika konser nya di tahun 2016. Dia membawakan lagu “When You Loved Me” dimana Dia diiringi oleh ketiga anaknya  Lucas Marx, Jesse Marx dan Brandon Marx melalui sebuah video. Setelah ini Richard kemudian beralih ke Accoustic session, Dia membawakan “Keep Coming Back” dan “Hold On To The Nights”, disambung dengan single hits “Now and Forever” yang terkenal itu. Penonton kembali ikut bernyanyi bersama. 

Ketika akan membawakan lagu hits “Hazard”, Richard Marx bercerita bahwa lagu tersebut tentang seorang gadis bernama Mary yang menghilang secara misterius.

Konser berlanjut dengan nomor “Moscow Calling” dari album ‘Songwriter’ yang dirilis pada bulan September 2022 lalu. Lagu “This I Promise You” yang dipopulerkan oleh boyband NSYNC juga masuk dalam setlist konser Richard Marx yang kali ini dibawakan sedikit lebih nge-rock. Pada lagu ini Richard turun bernyanyi ke penonton bagian depan, Tentu saja hal ini tidak disia-siakan oleh penonton lainnya, Mereka sempat ber-selfie ria dengan Richard.

Pada bagian akhir dari konser ini Richard berturut-turut membawakan “Satisfied”, “Holiday” dan ”Should have known better”. Setelah lagu ini Richard Marx kemudian menghampiri sebuah piano yang telah disediakan di atas panggung. Yup, benar sekali, lagu hits sepanjang jaman “Right Here Waiting” menjadi penutup konser Richard Marx malam itu. Suara penonton sekali lagi terdengar begitu keras bernyanyi bersama Richard Marx pada lagu ini. 

Konser Richard Marx di Jakarta ini juga adalah menjadi penutup dari rangkaian “Songwriter Tour 2023”.

Text & Photos by BUDI SUSANTO

budi-susanto
More from Creative Disc