Eras Tour Taylor Swift Catatkan Rekor Sebagai Tur Musik Terlaris di Guinness World Records

Oleh: welly - 13 Dec 2023

Pada hari Selasa (12/12) lalu, pihak Guinness World Records telah mengumumkan bahwa Eras Tour milik Taylor Swift telah resmi menjadi tur musik terlaris yang pernah ada. Eras Tour juga menjadi tur pertama yang meraih pendapatan kotor lebih dari $1 miliar (sekitar 15,5 triliun Rp). 

Menurut Pollstar, tur yang dimulai pada Maret 2023 dan rencana berakhir pada Desember 2024 ini telah menghasilkan pendapat kotor sekitar $1.04 miliar dari total 151 pertunjukan yang telah berlangsung. 

Sebelumnya rekor ini dipegang oleh Elton John dengan Farewell Tour yang mendapatkan $939 juta dari total 328 pertunjukan. 

Eras Tour ini adalah perjalanan semua "era" musik Taylor Swift, dimana setiap pertunjukannya berdurasi lebih dari 3,5 jam dengan total 44 lagu yang dibawakan dan dibagi menjadi 10 babak. 

Perhitungan pihak Pollstar ini didapatkan dari hitungan rata-rata orang yang hadir di setiap konser, yaitu 72.000 orang dengan harga tiket rata-rata, yaitu $238, tur ini meraup lebih dari $17 juta per pertunjukan.

Hingga kini, total 4,3 juta tiket telah terjual dan tur ini diproyeksikan akan meraup lebih dari $2 miliar hingga sisa jadwal tour akan berakhir. 

Tak hanya dari tiket, tapi sumber pendapatan lain yaitu beberapa merchandise yang dijual saat konser berlangsung yang diperkirakan telah menghasilkan sekitar $200 juta.

  

welly
More from Creative Disc