Universal Music Group Tarik Lagu-Lagu Para Musisi dari TikTok

Oleh: riadini - 01 Feb 2024

Universal Music Group telah menarik jutaan lagunya dari TikTok setelah gagal dalam membuat kesepakatan terkait pembayaran.

Langkah ini berarti platform media sosial tersebut tidak lagi memiliki akses ke lagu-lagu artis termasuk musisi ternama seperti Taylor Swift, The Weeknd, Billie Eilish, Olivia Rodrido, Drake dan masih banyak lagi.

Universal menuduh TikTok melakukan "penindasan" dan mengatakan mereka ingin membayar "sebagian kecil" dari harga yang dibayar situs media sosial lain untuk mengakses katalognya yang luas.

Menurut label tersebut, meskipun TikTok, yang dimiliki oleh perusahaan Tiongkok ByteDance, memiliki lebih dari satu miliar pengguna, TikTok hanya menyumbang 1% dari total pendapatan Universal.

Dalam sebuah "surat terbuka kepada komunitas artis dan penulis lagu" Universal, yang menguasai sekitar sepertiga musik dunia, mengklaim bahwa "pada akhirnya TikTok mencoba membangun bisnis berbasis musik, tanpa membayar nilai wajar untuk industri tersebut".

Universal juga mengungkap bahwa selain mendorong “kompensasi yang sesuai bagi artis dan penulis lagu”, pihak mereka juga prihatin dan akan “melindungi para artis dari efek berbahaya AI, dan keamanan online bagi pengguna TikTok”.

Universal Music mengatakan untuk berhenti melisensikan kontennya ke TikTok ketika kontraknya berakhir pada 31 Januari. Klik DI SINI untuk membaca surat terbuka dari Universal Music selengkapnya.

Sebagai tanggapan, TikTok mengatakan: "Sangat disayangkan dan mengecewakan bahwa Universal Music Group telah menempatkan keserakahan mereka di atas kepentingan para artis dan penulis lagu mereka.

Meskipun narasi palsu dan retorika Universal, kenyataannya adalah mereka memilih untuk mundur dari dukungan kuat sebuah platform dengan lebih dari satu miliar pengguna yang berfungsi sebagai alat promosi dan penemuan bakat secara gratis.

TikTok telah berhasil mencapai perjanjian 'artist-first' dengan setiap label dan penerbit lainnya. Jelas, tindakan yang mementingkan diri sendiri dari Universal tidak sejalan dengan kepentingan terbaik bagi para artis, penulis lagu, dan penggemar."

Ini adalah pertama kalinya Universal mengambil langkah besar dengan menghapus lagu-lagunya dari platform perusahaan teknologi.

Universal memegang posisi dominan dalam industri musik rekaman global. Ia memegang hak atas sejumlah besar artis mulai dari The Beatles dan Rolling Stones hingga Elton John dan Ariana Grande. Perusahaan ini juga memiliki hak atas 'Murder on the Dancefloor' karya Sophie Ellis-Bextor, yang baru-baru ini menjadi hit di TikTok.

Pada Juli tahun lalu, Warner Music, yang merupakan perusahaan rekaman musik terbesar ketiga di dunia, dan TikTok berhasil membuat kesepakatan lisensi baru.

riadini
More from Creative Disc