CreativeDisc Exclusive Interview With Insomniacks: Bangga Menjadi Duta Lagu Galau Dari Malaysia

Oleh: luthfi - 13 Mar 2024

Menjadi populer di Malaysia bagi musisi Malaysia merupakan sebuah tantangan yang cukup berat karena mereka tidak mempunyai banyak orang yang menjadi musisi dan mereka harus melawan gempuran musisi dari Indonesia yang selalu berhasil merebut hati dan telinga pendengar warga Malaysia. Beruntung, trio asal Malaysia yang terdiri dari Iqie, Danial, dan Iskandar dan menamakan dirinya Insomniacks berhasil melewati dua tantangan tersebut dan menjadi salah satu artis Malaysia yang populer di negaranya.



Salah satu kunci sukses Insomniacks bisa merebut hati pendengarnya adalah mereka mampu membuat lagu yang sentimental nan galau yang bisa masuk ke telinga pendengarnya dengan cepat berkat notasi ringan dengan basis akustik yang mereka ciptakan. Mereka sangat bangga dengan identitas “lagu galau” mereka karena bisa menjangkau banyak pendengar di negaranya sendiri. Salah satu lagu tersukses mereka, “Pulang” bahkan mampu membuat orang yang menonton mereka menangis di depan panggung.

Insomniacks seolah hadir di saat yang tepat karena di Malaysia sendiri banyak musisi pop lokal yang akhirnya mendapatkan popularitas yang masif di negerinya. Mereka juga seolah hadir sebagai gelombang baru musisi muda Malaysia yang menawarkan hal yang berbeda dari musisi Malaysia jaman dulu yang identik dengan lagu super sendu dengan nada melayu. Hal tersebut juga diamini oleh Iqie yang mengatakan bahwa musik Malaysia sendiri telah mengalami banyak perubahan dari jaman dulu dan banyak musisi Malaysia mencoba banyak variasi musik baru seperti hip hop, pop, dan R&B. Iskandar menambahkan bahwa pengaruh media sosial selama sepuluh tahun terakhir di Malaysia membuat apresiasi orang Malaysia terhadap musisi dalam negerinya terus meningkat.

Insomniacks adalah salah satu cerita sukses dari banyak cerita sukses musisi Malaysia bersinar di negerinya sendiri dan untuk sekarang mereka berambisi untuk bisa menaklukkan pasar Indonesia dengan buaian lagu sentimental yang mereka usung.

Simak wawancara CreativeDisc bersama Insomniacks dimana kami berbicara tentang lagu baru mereka “Cerita Kita”, skena musik pop Malaysia, asal usul nama mereka, kenapa mereka senang membuat lagu sentimentil, serta arc favorit One Piece yang mereka suka (dan mereka kesusahan menjawabnya) lewat video di bawah ini:


 

luthfi
More from Creative Disc