Creative Disc Exclusive Single: 09 Jan

Ed Sheeran (Alb. ÷ / Asylum Records) – Shape of You

Tahun baru, lagu baru Ed Sheeran. Tidak hanya satu, namun dua sekaligus. Yang pertama adalah ‘Shape of You’, sebuah track up-beat yang dancefull dengan imbuhan reggaeton yang playful. Tampaknya Ed ingin menghadirkan sisi barunya dalam lagu yang menjadi bagian dari album barunya, “÷” atau “Divide” ini. Jika agak mengingatkan akan irama Karibia ala Rihanna, karena memang sang penyanyi Barbados yang terlintas saat Ed menulis lagunya. Namun ia merasa jika RiRi mungkin tidak akan mau menyanyikan lagunya, sehingga akhirnya ia memutuskan untuk menyanyikan sendiri. Single dirilis tanggal 6 Januari.
Buy on iTunes.


Ed Sheeran (Alb. ÷ / Asylum Records) – Castle on the Hill

Nah, ini dia track kedua dari single double-feature yang dirilis Ed Sheeran untuk album “÷” atau “Devide”. Berjudul ‘Castle on the Hill’, dalam lagunya Ed kembali ke pendekatan pop-rock-folk yang membesarakan namanya. Namun, sebagaimana ‘Shape of You’, lagunya terdengar lebih playful dan arena-rock-esque ketimbang lagu-lagu Ed Sheeran yang biasanya. Apakah ini menjadi pertanda jika ‘Castle on the Hill’ dan juga ‘Shape of You’ menandakan era baru dalam musikalitas seorang Ed Sheeran yang telah vakum selama dua tahun untuk album barunya? Kita tunggu saja. Single dirilis tanggal 6 Januari.
Buy on iTunes.


Sia (Alb. This is Acting / RCA Records) – Move Your Body (Single Mix)

Sia masih melanjutkan promosi untuk album suksesnya, “This is Acting”, sebuah album di mana ia menyanyikan lagu-lagu yang awalnya diniatkan untuk penyanyi lain. Sebagai single keempat Sia merilis track upbeat ‘Move Your Body’, yang tadinya akan dinyanyikan Shakira, di pasaran. Hanya saja, guna kepentingan perilisan sebagai single, Sia melakukan remix untuk lagunya (yang disebut dengan Single Mix), di mana beat dance dan electro semakin dipertajam dibandingkan versi aslinya sehingga memasuki ranah EDM secara lebih signifikan. Single dirilis tanggal 6 Januari.
Buy on iTunes.


Major Lazer & Showtek (Alb. Music Is the Weapon / Mad Decent) – Believer

Sukses dengan ‘Cold Water’, yang merupakan kolaborasi Major Lazer bersama Justin Bieber dan MØ, band pengusung moobahton besutan Diplo tersebut menghadirkan single kedua untuk album up-and-coming mereka, “Music is the Weapon”, yang berjudul ‘Believer’. Sebagaimana biasa, Major Lazer tidak sendiri. Di dalam ‘Believer’ mereka menggandeng duo DJ kenamaan asal Belanda, kakak-beradik Wouter dan Sjoerd Janssen yang tergabung dalam Showtek. Sebagai pengusung dutch house kenamaan, Major Lazer tentunya tidak ingin melewatkan cita rasa Showtek tersebut untuk dileburkan dalam moomhabton mereka. Hasilnya, ‘Believer’ terdengar sangat eksplosif dan intens. Single dirilis tanggal 30 September 2016.
Buy on iTunes.


Snakehips & MØ (Single / Sony Music) – Don’t Leave

Snakehips, pengusung electronica asal Inggris yang terdiri atas Oliver Lee dan James Carter, menghadirkan single baru mereka, berjudul ‘Don’t Leave’. Di dalamnya mereka berkolaborasi bersama penyanyi muda asal Denmark, MØ. Lagunya sendiri adalah sebuah electro-pop mid-tempo bercorak balada dengan kekuatan pada beberapa drop di beberapa bagian lagunya, selain tentunya vokal MØ yang memikat. ‘Don’t Leave’ masih merupakan bagian barisan single yang dirilis Snakehips menjelang perilisan album debut mereka. Single dirilis tanggal 6 Januari.
Buy on iTunes.


RHODES & Felix Jaehn (Single / Sony Music) – Your Soul (Holding On)

‘Your Soul’ adalah lagu milik penyanyi asal Inggris, RHODES. Namun kini produser dan DJ asal Jerman, Felix Jaehn, merilis ulang lagunya dalam sebuah versi remix yang berjudul ‘Your Soul (Holding On)’. Sebagaimana lagu-lagu Felix Jaehn lainnya, ‘Your Soul (Holding On)’ menghadirkan groove beraroma tropical di dalamnya, sementara chords piano dan rhythms yang club ready menyatu dengan pas bersama dengan vokal RHODES. Single dirilis tanggal 16 Desember 2016.
Buy on iTunes.


Kehlani (Alb. SweetSexySavage / Atlantic Records) – Undercover

Hanya tinggal hitungan hari sebelum Kehlani merilis album debutnya, “SweetSexySavage”. Tepatnya pada tanggal 27 Januari. Sebagai instant grat karena dibukanya pre-order album pada tanggal 6 Januari, penyanyi yang berusia 21 tahun ini merilis track berjudul track urban R&B berjudul ‘Undercover’. Sayangnya track sempat premiere duluan di Snook pada tanggal 29 Desember.
Buy in iTunes.


Kiesza (Single / Island Records) – Dearly Beloved

Setelah vakum di sepanjang 2016 lalu, kini Kiesza kembali berkiprah di industri musik dengan menghadirkan single barunya yang berjudul ‘Dearly Beloved’. Dekade 90-an sepertinya masih menjadi elemen yang memberi pengaruh dalam musik dancenya, meski kini sepertinya Kiesza tidak tertarik untuk mengusung house. Dalam ‘Dearly Beloved’ ia justru mengedepankan pop bop yang cukup seru untuk disimak. Single ini merupakan yang perdana untuk album baru Kiesza yang rencananya akan dilepas di tahun ini. Single dirilis tanggal 6 Januari.
Buy on iTunes.


Daniel Powter (Single / Unleashed! Records) – Delicious

Bagi yang kangen dengan Daniel Powter, maka rasa rindu tersebut bisa dipuaskan dengan hadirnya single paling mutakhir sang penyanyi asal Kanada, ‘Delicious’. Single ini menandakan kembalinya Daniel setelah sempat vakum selepas merilis album keempatnya, “Turn on the Lights”, di tahun 2012 lalu. ‘Delicious’ Sendiri adalah sebuah track pop-soul upbeat yang cerah dan ceria, siap untuk memberi rasa riang pada para pendengarnya. Single dirilis tanggal 6 Januari.
Buy on iTunes.


Of Monsters and Men (Alb. Beneath the Skin / SKRIMSL ehf) – We Sink

Meski dirilis di tahun 2015 lalu, bukan berarti band pengusung folk asal Islandia, Of Monsters and Men, berhenti mempromosikan album kedua mereka, “Beneath the Skin”. Kali ini mereka menghadirkan track terakhir dalam album tersebut, ‘We Sink’, sebagai single kelima. Sebagaimana biasa. ‘We Sink’ adalah anthem pop-folk-rock bergemuruh dengan melodi harmonis yang bisa diharapkan dari Of Monsters and Men. Single dirilis tanggal 29 November 2016.
Buy on iTunes.


Migos feat. Lil Uzi Vert (Alb. Culture / Atlantic Records) – Bad and Boujee

Trend lagu hip-hop yang menjadi viral ternyata belum usai. Yang terbaru kini adalah ‘Bad and Boujee’ milik trio Migos yang berkolaborasi bersama dengan Lil Uzi Vert. ‘Bad and Boujee’ dirilis sebagai lead single untuk album debut Migos, “Culture”. Single sebenarnya dirilis pada tanggal 28 Oktober 2016 lalu dengan hype yang tak terlalu besar. Namun di bulan Desember 2016 lagu sontak menjadi fenomena internet terbaru yang menghasilkan meme dengan lirik ‘Rain Drop, Drop Top’. Tidak heran jika kemudian karena sukses viral ini single sukses melaju pesat di tangga Billboard Hot 100 dengan menempati posisi #2 per-14 Januari 2017.
Buy on iTunes.

Special Thanks to Sony Music Indonesia, Universal Music Indonesia, Warner Music Indonesia, dll.


About The Author

3 Comments

  1. Sagitarian Reply
  2. Jojo Nozuka Reply
  3. welly Reply

Reply