Trending News

Blog Post

Time Tunnel: VH1 Divas
Time Tunnel

Time Tunnel: VH1 Divas 

PhotobucketVH1 menggelar acara Divas Live untuk pertama kalinya di tahun 1998 dengan tujuan awal membantu kegiatan ‘Save The Music Foundation’, yaitu sebuah organisasi nirlaba yang menyediakan pelajaran musik di sekolah2 di United States. Cara VH1 dalam menggalang dana adalah dengan mengadakan sebuah konser yang menampilkan artis2 wanita papan atas yang sedang hangat2 dibicarakan dalam setahun. Konsep charity ini sudah tercetus sejak Nopember 1997 dan untuk konser perdana, pihak penyelenggara sendiri baru membuat daftar nama penampil di awal Desember. Demikian yang diungkapkan oleh Wayne Isaak, VH1 Senior Vice President Music & Talent Relations di Agustus 1998. Dan berikut nama yang berpartisipasi pada acara debut tersebut.

CELINE DION
Di awal Januari 1998, Celine Dion menyetujui tawaran VH1 untuk bergabung dalam konser amal ini, dan menjadi artis pertama yang di-booking untuk acara tersebut. Pertimbangan panitia untuk memilih Celine Dion adalah berkaitan dengan terpilihnya Celine sebagai VH1’s Artist of the Year di tahun 1996 dan hit ‘My Heart Will Go On’ yang menjadi lagu terpopuler sepanjang 1998. Dan kemudian dibuatlah jadwal untuk acara tersebut di 14 April 1998, bertempat di New York City’s Beacon Theatre. Dengan partisipasi Celine Dion dalam acara ini, pihak panitia semakin bersemangat menunggu konfirmasi Diva lainnya.

Dalam acara tersebut, Celine Dion tampil membawakan beberapa lagu yang pernah dia tampilkan dalam albumnya sendiri. Sebut saja klasik ‘River Deep Mountain High’ yang benar2 menghentak sebagai pembuka penampilannya. Dilanjutkan duet bersama Carole King, sekaligus penulis dan produser lagu ‘The Reason’ yang mereka bawakan bersama. Kemeriahan memuncak saat Celine membawakan lagu ‘My Heart Will Go On’, yang bertepatan dengan 86 tahun tenggelamnya Titanic. Celine men-dedikasikan lagu tersebut untuk seluruh penumpang dan kru dari kapal yang tujuan awalnya unsinkable tersebut.

ARETHA FRANKLIN
Nama Aretha Franklin bagi VH1 adalah sasaran utama sejak ide acara ini muncul. Apalagi kenyataan bahwa Aretha akan merilis album baru berjudul ‘A Rose Is Still A Rose’ di bulan yang sama. Maka, dengan cara mendekati sang produser, Clive Davis, maka the queen of soul itu akhirnya menyetujui untuk ikut serta di awal Maret.

Aretha menampilkan beberapa lagu dalam acara. ‘A Rose Is Still A Rose’, ‘Chain of Fools’ bersama Mariah Carey, dan ‘Here We Go Again’. Namun untuk koleksi dalam bentuk CD, hanya Chain of Fools yang termasuk ke dalam koleksi tersebut.

GLORIA ESTEFAN
Dance Diva, itulah image yang ditampilkan Gloria Estefan sebagai salah satu nama yang menyetujui tawaran VH1 untuk tampil dalam acara amal tersebut. VH1 mengajak Gloria sehingga ikut serta setelah mengetahui bahwa sang diva juga sedang mempersiapkan album baru ‘gloria!’ yang rilis di Juni 1998.

Gloria dalam penampilannya membawakan semangat yang luar biasa ngefek ke penonton. Beat2 deras, sensasi latin, dan lagu2 yang popupler menjadi senjata ampuh baginya. ‘Turn The Beat Around’, ‘Heaven’s What I Feel’ (lead single dari album ‘gloria!’) dan sebuah megamix yang menampilkan lagu2 Dr. Beat, Conga, Rhythm is gonna Get You, 1-2-3, dan Get On Your Feet.

SHANIA TWAIN
Tim VH1 menamainya ‘Diva in the making’ saat pertama kali ingin memunculkan Shania Twain dalam konser mereka. Kehebatan Shania dalam setahun belakangan sebagai country music’s biggest selling artist membuat VH1 benar2 terpesona. Apalagi lagu ‘You’re Still The One’ yang menjadi breakthrough pop hit di 97 hingga 98. Maka, panitia mengajak Shania untuk bergabung dalam acara di Februari. And she agreed!

Shania dengan modal gitar dan teriakan country-nya, membawa penonton really go wild dengan ‘Man! I Feel Like A Woman!’. Dan Shania juga membawakan satu lagu yang sangat berpengaruh tidak hanya bagi karir Shania, tapi juga bagi industri musik dunia, ‘You’re Still The One’.

MARIAH CAREY
Inilah nama yang paling susah untuk dipastikan tampil dalam acara. Mariah Carey memiliki jadwal tur yang belum pasti sepanjang musim semi. Maka untuk memberi kemudahan baginya, panitia memusatkan tempat konser dekat dengan wilayah tur Mariah, baru kemudian mengajukan ajakan untuknya. Mariah sendiri mengajukan kekhawatirannya karena kesibukannya di setiap malam, tapi kemudian menyatakan ‘yes’ setelah mengetahui bahwa dirinya akan tampil duet bersama Aretha Franklin, beberapa jam sebelum poster dan iklan untuk media disebarkan.

Sebagai penampil pembuka, Mariah memberikan sesuatu yang spesial membawakan lagu ‘My All’ dengan outro ensemble ‘Just One More Night’. And it’s memorable. Lagu kedua yang dibawakannya adalah ‘Make It Happen’. Her vocal was sensational!

CAROLE KING
Carole King dikenal sebagai penyanyi, penulis lagu, dan produser yang sangat diminati oleh produser acara Ken Ehrlich dan Wayne Isaal untuk ikut ambil bagian. Karya2nya seperti The Reason, A Natural Woman, dan You’ve Got A Friend menjadi komposisi yang sangat indah dinyanyikan dalam acara tersebut. Dan Carole King menyetujui untuk tampil 9 hari sebelum acara diadakan.

Meskipun sudah mendapatkan talent yang sangat luar biasa, panitia tidka berhasil mendatangkan Barbra Streisand dan Lauryn Hill dalam acara tahun pertama ini.
Sebagai penampilan final, seluruh diva menyanyikan lagu ‘Testimony’ secara bersama dan itu adalah penutup yang sangat sempurna. Acara VH1 Divas Live untuk pertama kalinya ini berhasil mengumpulkan dana 11,5 juta dolar, termasuk sumbangan presiden VH1 kala itu John Sykes sebesar $ 100,000 ke yayasan VH1 Save The Music dalam nama masing2 Diva. Dan bantuan ini ditujukan untuk music education bagi sekolah umum di seluruh penjuru Amerika, dan sudah membantu lebih dari 50.000 anak mendapatkan pendidikan musik.

Berkat kesuksesannya, acara ini menjadi ajang tahunan VH1 untuk mengumpulkan para Diva sekaligus mengumpulkan dana dalam usahanya untuk beramal.

13 April 1999, VH1 Divas Live 2: An Honours Concert for VH1’s Save The Music digelar di New York’s Beacon Theatre lagi. Menampilkan Tina Turner, Elton John, Cher, LeAnn Rimes, Brandy, Faith Hill, Whitney Houston, Mary J Blige, Treach, dan Chaka Khan. Tim VH1 masih gagal membawa Barbra Streisand ikut serta dalam acara. TLC juga tidak bisa tampil di tahun ini.

11 April 2000, VH1 Divas Live 2000: A Tribute To Diana Ross, An Honours Concert for VH1’s Save The Music. Partisipasi dalam acara : Mariah Carey dan Faith Hill tampil untuk kedua kalinya dalam acara tahunan tersebut, bergabung bersama Donna Summers, RuPaul, Destiny’s Child, dan The Supremes. Rumor di tahun ini adalah, saat panitia mengundang Christina Aguilera, Mariah Carey merasa keberatan akan kehadirannya. Tapi kemudian pihak Christina menyatakan bahwa tidak ada isu rival yang mengakibatkan batalnya pemenang Grammy untuk Best New Artist di tahun 2000 itu untuk tampil, melainkan jadwal Christina yang mengharuskannya tampil untuk Saturday Night Live di hari yang sama.

Tahun 2001, VH1 Divas Live: The One and Only Aretha Franklin, An Honours Concert for VH1’s Save The Music diadakan di New York’s Radio City Music Hall, dalam penghargaan untuk penyanyi wanita yang paling berpengaruh di pertengahan 60-an dalam sejarah musik Amerika. Tampil adalam acara Aretha Franklin, Backstreet Boys, Marc Anthony, Celia Cruz, Jill Scott, Nelly Furtado, Mary J Blige, Kid Rock, dan Stevie Wonder.

Photobucket23 Mei 2002, VH1 Divas: Las Vegas, An Honours Concert for VH1’s Save The Music diadakan di MGM Grand Las Vegas sebagai acara untuk pertama kalinya digelar di luar New York. Acara ini dipandu oleh Ellen DeGeneres dan nama2 yang tampil adalah Celine Dion, Anastacia, Cher, Cyndi Lauper, Dixie Chicks, Shakira, Mary J Blige, Whitney Houston, dan Stevie Nicks. Dan sebagai penampilan finale, semua Diva membawakan lagu Elvis classic. Nama Britney Spears dan Jennifer Lopez muncul dalam daftar incaran panitia, tapi keduanya gagal tampil.

22 Mei 2003, VH1 Divas Duets: An Honours Concert for VH1’s Save The Music diadakan untuk kedua kalinya di MGM Grand Las Vegas. Tampil dalam acara ini Queen Latifah, Beyonce, Jewel, Celine Dion, Chaka Khan, Mary J Blige, The Isley Brothers, Ashanti, Lisa Marie Presley, Pat Benatar, Whitney Houston, Bobby Brown, Tarralyn Ramsey, dan Stevie Wonder. Penampilan finale ditandai dengan duet para Diva dengan Stevie Wonder.

18 April 2004, VH1 Divas: An Honours Concert for VH1’s Save The Music digelar masih di MGM Grand Las Vegas. Ikut serta dalam acara Patti LaBelle, Jessica Simpson, Cyndi Lauper, Debbie Harry, Eve, Joss Stone, Ashanti, Sheila E, Tom Jones, The Pussycat Dolls feat. Carmen Electra, Blondie, Gladys Knight, dan ditandai dengan penampilan finale medley lagu tahun 80-an. Britney Spears tidak dapat mengisi acara di tahun ini juga dan Kylie Minogue membatalkan tampil. Dan siapa sangka ini adalah tahun terakhir Divas Live digelar, sebelum akhirnya hiatus hingga 5 tahun.

Dan 17 September 2009, akan menjadi sejarah kebangkitan konser ini. VH1 Divas akan digelar di Brooklyn Academy of Music Howard Gilman Opera House di Brooklyn, New York. Paula Abdul akan memandu acara dan 4 penampil utama sudah dibeberkan di 21 Juli 2009. Kelly Clarkson, Miley Cyrus, Adele, dan Leona Lewis sudah memastikan tempat dalam konser tersebut. Menyusul Jordin Sparks, Jennifer Hudson, akan tampil bersama guest stars Sheryl Crow, Martina McBride, Melissa Etheridge, dan Cyndi Lauper. Wow, benar2 mencengangkan daftar nama tahun ini. Siapa sangka, nama2 yang masih baru justru tampil sebagai penampil utama yang didukung oleh bintang tamu yang namanya jauh lebih eksis malang melintang di dunia musik. So ladies and gentlemen, get ready to see this Divas rockin your world!

Related posts

Leave a Reply