Trending News

Blog Post

Concert Review: Franz Ferdinand
Concerts Review

Concert Review: Franz Ferdinand 

Photobucket

Pertengahan November lalu di malam Minggu yang panjang, Franz Ferdinand tampil sebagai bagian dari pertunjukan hiburan Playground. Playground merupakan gelaran rutin setiap tahun yang diselenggarakan salah satu kelab hit di Jakarta, Embassy. Diawali sebelumnya oleh DJ Remy Irwan yang menghangatkan suasana dengan musiknya yang bearoma techno dan tech-house. Pukul sebelas malam lewat, Franz Ferdinand mengawali konsernya dengan membawakan komposisi berjudul Michael yang berasal dari album perdana mereka. Dan mengalunlah di udara suara dari Alex Kapranos.

I’m all that you see, you wanna see
So come and dance with me Michael
So close now, so close now
So come and dance with me

Pilihan lagu yang energik untuk menghangatkan penonton yang sudah cukup lama berdiri menanti-nantikan penampilan mereka. Setelah Michael dilanjutkan berturut-turut dengan Turn It On dan This Fire. Digawangi oleh Alex Kapranos pada vokal dan gitar, Bob Hardy pada bass, Nick McCarthy pada keyboard dan gitar serta Paul Thomson sebagai penggebuk drum, Franz Ferdinand mengawali serangkaian tur Tonight di Asia Tenggara dengan tampil perdana di Jakarta dalam Playground kali ini. Didukung dengan panggung yang sederhana Franz Ferdinand meski tidak terlalu komunikatif dengan penonton, tapi tetap mampu membuat mood terjaga selama pertunjukan berlangsung. Alunan musik bernuansa rock, dance dan post punk membuat sebagian penonton ikut bergoyang. Meski nampaknya sebagian penonton kurang mengenali sebagian nomor lagu yang berasal dari album ketiga mereka, namun nampaknya mereka sanggup membuat penonton larut menikmati penampilan mereka. Franz Ferdinand menampilkan total 17 lagu.

Sebagian besar berasal dari album ketiga mereka macam Turn It On, Live Alone dan Can’t Stop Feeling juga yang lumayan ngetop Ulysses. Selain Michael mereka juga menampilkan sejumlah komposisi dari album pertama seperti This Fire, Tell Her Tonight, The Dark of Matinee, Take Me Out dan 40. Mereka hanya menampilkan 3 tembang dari album kedua seperti Outsiders, Do You want to dan Walk Away.

Menarik sekali melihat penampilan Kapranos yang energik sambil memainkan gitarnya. Dipadukan permainan keyboard yang kental dengan sentuhan electro juga gebukan drum yang dinamis dan cabikan gitar meraung membuat penampilan Franz Ferdinand terasa hidup. Pada bagian penutup mereka menampilkan Lucid Dreams. Lagu ini terasa bagai perpisahan yang manis dimana satu per satu personel mulai meninggalkan panggung dengan meninggalkan instrument musik mereka. Diawali dengan sang Kapranos, dilanjutkan dengan McCarthy kemudian Hardy. Sementara Thompson masih asyik bersolo menggebuk drumnya dengan powerful. Hingga akhirnya ia sendiri yang melakukan closure dengan melemparkan kedua stik drum ke arah penonton sebagai tanda berakhirnya konser malam itu. Sungguh sebuah pengalaman yang musikal yang menyenangkan.
(Timmy / CreativeDisc Contributor)

photo courtesy of Leonardus Surya Sound Up!

Setlist:
Michael
Turn It On
This Fire
Live Alone
Walk Away
Tell Her Tonight
Can’t Stop Feeling
The Dark Of The Matinée
Do You Want To
Take Me Out
Ulysses
40′ Play Video
Outsiders
Encore:
No You Girls
Van Tango
What She Came For
Lucid Dreams

Special Thanks To Sound Up!

Related posts

Leave a Reply