Trending News

Blog Post

Time Tunnel: No Doubt
Time Tunnel

Time Tunnel: No Doubt 

Photobucket

Allow me berbagi pengalaman musik jaman SD bersama grup band yang terbentuk dari tahun 1986 yang bernama No Doubt. Mereka menggabungkan diri di California dengan aliran ska yang beraroma pop, yang sepertnya hanya ditujukan pada sesi pendengar remaja saja. Gwen Stefani, Tony Kanal, Adrian Young, dan Tom Dumont lahir ke dunia musik saat grunge lebih dinimati. Tapi sekali layar terkembang, pantang kita bersurut adalah moto yang mereka pegang teguh. Di tahun 1992 rekaman ska-pop mereka pun muncul. Yah, kita yang di Indonesia kala itu belum ‘ngeh’ terhadap band dengan vokalis cewek ini.

Usaha terus mereka lancarkan. The Beacon Street Collection adalah album studio ke-2 mereka yang dinamai persis dengan labelnya, Beacon Street. Lagi-lagi kita belum sadar akan eksistensi No Doubt, enggak salah sih, karena album ini edar di toko musik lokal seputaran Orange Country, California saja. Nasib mujur akhirnya menghampiri, saat mereka berkenalan dengan Matthew Wilder yang akhirnya memuluskan jalan untuk merekam major album bersama Interscope-lagi. Maka hadirlah Tragic Kingdom yang membuat dunia bernyanyi kompak mendendangkan Don’t Speak!

Apa yang unik dari mereka? Ini beberapa fakta yang bisa terungkap. Selain musik ska yang mereka usung, vokalis utama cewek yang dominan harus dicatat. Bukan sembarang vokalis juga, karena Gwen termasuk cewek tomboy yang dandan. Dia enggak pernah mau tampil sembarangan, meskipun diapit ama cowok-cowok dalam band-nya yang mungkin tidk begitu memperdulikan apa yang Gwen kenakan. Hahay… Sweet sexy vocalist, musik perpaduan ska-rock-dance, dan berani juga memadupadankannya dengan reggea. This band is sick! Sickin’ awesome, I mean!

Kesuksesan Tragic Kingdom memang tidak bisa diabaikan begitu saja. Terjual sebanyak 18 juta keping di seluruh dunia adalah angka yang pantas mengingat betapa masterpiece-nya rekaman itu. Aku ingat mendengarkan mereka saat usia SD, dan Spiderwebs adalah pilihanku saat itu. Masih banyak yang bisa dinikmati dalam album terbaik mereka ini, Just A Girl, Sunday Morning, ataupun Excuse Me Mr. Massive success yang mereka peroleh selanjutnya seperti beban terberat yang mereka pernah pikul. Return Of Saturn adalah album berikutnya yang boleh jadi terdengar lebih komersil, karena bahan yang mereka gunakan dalam album terlalu current seolah terbawa arus. Gwen, Tom, dan Tony masih memegang andil dalam penciptaan lagu, tapi jasa produser Glen Ballard lah yang patut diberi sanjungan. Untuk album ini, pilihanku adalah Simple Kind Of Life! Selain itu ada Ex-Girlfriend dan Bathwater juga.

Merasa butuh lebih banyak eksplorasi, diajaknya The Neptunes hingga William Orbit untuk menyemarakkan Rock Steady. Hasilnya? Grammy pun disabet untuk kategori Best Pop Performance by Duo or Group with vocal. Banyak yang bisa didengar di album ini, sebut saja Hella Good atau Underneath It All. Ada juga Running yang menjadi rekomendasi utama dariku. Dan hingga akhirnya tiada rekaman baru lagi dari mereka. Pernikahan dan kehamilan Gwen menyebabkan dirinya memutuskan untuk berkonsentrasi pada keluarga, dan anggota yang lain seperti kehilangan. Tapi hebatnya, dalam keputusan hiatus itu, Gwne berhasil menonjolkan karir solonya dalam 2 album rekaman!

Sejak 2008 berhembus kabar bahwa mereka akan kembali untuk reuni. Tanda-tandanya udah ada kog. Seperti kemunculan mereka di serial Gossip Girl, manggung bersama Katy Perry hingga Panic! At The Disco, dan Gwen memberi sedikit pernyataan mengenai kumpulnya kembali No Doubt. “We’re trying to write a new record.” Kapankah itu akan terjadi? Kita tungguin aja ya.
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Discography:
Studio Albums:
* No Doubt (1992)
* The Beacon Street Collection (1995)
* Tragic Kingdom (1995)
* Return of Saturn (2000)
* Rock Steady (2001)
* TBA (2010)

Other Albums:
* The Singles 1992-2003 (2003)
* Everything in Time (2004)

Related posts

Leave a Reply