Trending News

Blog Post

Time Tunnel: TLC
Time Tunnel

Time Tunnel: TLC 

Photobucket

The History
Trio R&B, pop, dan hip hop group,asal Amerika TLC beranggotakan Tionne “T-Boz” Watkins, Lisa “Left Eye” Lopes, dan Rozonda “Chilli” Thomas, sepanjang karirnya telah menjual lebih dari 40 juta kopi album dari ke-empat albumnya. Dibentuk pada tahun 1990 di Atlanta, Georgia, Crystal Jones mengajak dua orang join untuk bergabung dalam trio @nd Natur dengan menggandeng Tionne Watkins dan Lisa Lopes, yang unik disini pada masa tersebut, mereka hanya bermodalkan keryboard seharga US$750. Mencoba mencari peruntungan, 2nd Nature mencoba mengikuti audisi dengan bertemu penyanti R&B Perri “Pebbles” Reid yang juga memiliki label recording. Reid sangat terkesan dengan ketiga gadis tersebut higga akhirnya mengubah nama group menjadi “TLC” (atau dengan kata lain “Tender Loving Care” dan juga inisial para member tersebut).

Melihat potensi yang ada, Reid mengajak trio tersebut untuk bertemu dan mengikuti audisi dengan label lokal utama mereka, LaFace yang menjadi cikal bakal mereka sukses. Namun apa yang terjadi? Crystal Jones ternyata memiliki nasib yang kurang beruntung dan harus diganti dengan Rozonda Thomas, dan pada akhirnya menandatangi kontrak dibawah pimpinan dan produser Kenneth “Babyface” Edmonds dan Antonio “L.A.” Reid. Segera setelah menandatangi kontrak, album studio pertama mereka dirilis serta dibantu Dallas Austin, Jermaine Dupri, dan Marley Marl.

The Album:

Ooooooohhh… On the TLC Tip (1991-1992)
Tepat pada 25 February 1992, debut album perdana TLC berjudul dirilis. 3 orang wanita, 3 karakter berbeda, itulah yang mewarnai album perdana ini. Mencampuradukan musik dengan nuansa funk yang melekat pada Watkins, hip hop pada Lopes dan R&B pada Thomas, membuat album ini menuai sukses. Sebut saja single mereka yang berhasil menduduki puncak Hot 100, “Ain’t 2 Proud 2 Beg”, “What About Your Friends”, dan “Baby-Baby-Baby”. Selama menjalani rangkaian tour album perdana, MC Hammer’s didapuk menjadi pembuka konser mereka.

CrazySexyCool (1994)
Berselang dua tahun semenjak album perdana sukses, CrazySexyCool dirilis masih dengan produser seperti Dallas Austin, Tim and Bob, Jermaine Dupri, Babyface, Organized Noize, hingga Sean “Puffy” Combs. CrazySexyCool menghasilkan 5 hits yang menempati Hot 100, seperti “Creep” dan “Waterfalls”, sementara itu “Red Light” dan “Diggin’ on You” juga berhasil berada di posisi 5 besar.Dibantu Organized Noise dalam memproduksi lagu, sebagain lirik di album ini mengkritik tentang penyalahgunaan narkoba, sex bebas dan di balut dengan vokal rap Lopes, membuat TLC menuai sukses besar selama berbulan-bulan. Sebagai ganjarannya, CrazySexyCool eventually yang terjual lebih daru 11 juta kopi di US saja ini, pada tahun 1996 berhasil memenangkan Grammy Award untuk kategori Best R&B Album dan Best R&B Performance by a Duo or Group untuk lagu “Creep”.

FanMail (1999-2000)
Ditengah banyak masalah yang melanda seperti mengalami kebangkrutan, selang jangka waktu yang cukup lama yakni 5 tahun masa hiatus, masih bersama produser Dallas Austin, Antonio M. Reid and Jimmy Jam & Terry Lewis, pada 23 February 199 FanMail dirilis. Konsep album ketiga ini sangat berbeda dari kedua album sebelumnya, mengandalkan style dan lebih futuristik. Sebut saja lagunya yang sangat populer, “No Scrubs” yang pada video klipnya sanget modern pada saat itu langsung menempati posisi teratas. Namun yang sangat sayang dilewatkan, tentu saja Unpretty, yang menuai kritik positif. Sayangnya single “Dear Lie” gagal menyamai posisi kedua single tersebut. Sebagai tambahan, single uptempo “Silly Ho” yang semula akan dirilis menjadi single utama, dan “I Miss You So Much” yang meski tidak dirilis sebagai single, sangat sayang dilewatkan.

3D (2002)
Selama proses pengerjaan album ke-empat, banyak ketidaksamaan visi, konflik antar anggota dan Lopes yang ingin mencoba bersolo karir dan telah melakukan proses rekaman solo album perdananya, Supernova. Namun hal itu tidak pernah terwujud dan terjadi akibat kecelakaan di mobil yang membuatnya tewas selama melakukan perjalanan misionaris di Honduras. Tidak ingin berhiatus lama-lama, kedua rekannya sepakat untuk menyelesaikan album terakhir mereka yang bertajuk 3D, yang dibantu Rodney Jerkins, The Neptunes, Raphael Saadiq, Missy Elliott dan Timbaland. Sedikit cukup mengecewakan karena hanya terjual 2 juta kopi, single “Girl Talk” dan “Damaged”, tidak berhasil menduduki posisi 10 besar di Hot 100. Apakah ini ada pengaruh dari kematian Lopes? Hemmm bisa jadi.

Ditengah suksesnya perjalanan karir, memang tidak selamanya berlangsung mulus, yang membuat saya salut, rentang waktu lebih dari 12 tahun mereka bisa menjalani. Sempat mengalami kebangkrutan pada tahun 1995 setelah album kedua sukses dikarenakan memiliki banyak hutang, namun TLC bisa bangkit kembali lewat album ke-tiga mereka. Untuk mengenang rekan mereka album berisi kumpulan single terbaik mereka, Now & Forever: The Hits dengan menambah satu lagu baru, “Come Get Some”, featuring Lil Jon dan Sean P dari YoungBloodZ. Ditambah meninggalnya rekan mereka, sampat saat ini Watkins dan Thomas belum memutuskan untuk menambah personil untuk menggantikan kedudukan Lopes.

Dan rumor yang beredar, mereka akan merilis album baru pada tahun 2010 ini. Di samping rencana pembuatan album, Watkins dan Thomas juga mengisi beberapa acara seperti tampil pada program BET Awards, mengadakan konser di Jepang pada bulan Maret 2009 lalu, dan mengisi acara amal di Las Vegas bersama Justin Timberlake. So buat yang pernah merasakan kejayaan TLC pada awal dan hingga akhir tahun 90an, mari kita membuka koleksi album mereka yang mungkin masih ada entah kaset atau CD, sambil memutar lagu favourit tentunya… ”I don’t want no scrub, a scrub is a guy that can’t get no love from me, hanging out the passenger side of his best friend’s ride, trying to holler at me….”

Discography
• 1992: Ooooooohhh… On the TLC Tip
• 1994: CrazySexyCool
• 1999: FanMail
• 2002: 3D

(Joe Ari Shasta / CreativeDisc Contributor)
ps. Single TLC apa yang paling kamu ingat?

Related posts

Leave a Reply