Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Spice Girls
Time Tunnel

Time Tunnel: Spice Girls 

Photobucket

Kelahiran Spice Girls

Pertengahan tahun 1990-an, musik pop sangat didominasi oleh kumpulan vokal pria yang lebih populer dengan sebutan boybands, untuk melengkapi hal tersebut, maka tim manajemen Father-And-Son, Bob dan Chris Herbert berniat untuk membuat grup vokal wanita yang konsisten pada jalur musik pop. Victoria Adams, Lianne Morgan, Melanie Brown, Michelle Stephenson dan Suzanne Tinker adalah nama-nama yang muncul setelah diadakannya audisi untuk membuat grup vokal wanita tersebut, karena sesuatu hal, Suzanne Tinker akhirnya digantikan oleh Geri Halliwell, lahirlah grup vokal wanita dengan nama “Touch”, kemudian semua anggota “Touch” pindah dan tinggal dalam satu rumah di kawasan Maidenhead, Berkshire. Kemudian Heart Management, yang mensubsidi “Touch” berpendapat bahwa Lianne Morgan lebih cocok untuk mejadi penyanyi solo yang akhirnya posisinya digantikan oleh Melanie C. “Touch” akhirnya melalukan proses rekaman untuk persiapan album pertama mereka, ditengah-tengah persiapan tersebut, Michelle Stephenson mengundurkan diri dari “Touch” dengan alasan untuk merawat ibunya yang terkena kanker payudara. Oleh hal tersebut, Herbert bersaudara kemudian mencari penggantinya, dan menemukan Abigail Kis, namun “Touch” tidak terpuaskan dan menggantikan Abigail Kis dengan gadis muda umur 18 tahun penuh talenta yang dikenal dengan nama Emma Bunton. Tahun 1995, “Touch” berpisah dengan Heart Management dan bertemu dengan Simon Fuller dari 19 Entertainment, tepat Maret 1995 dengan bantuan Simon Fuller akhirnya “Touch” mendapat kontrak dengan Virgin Records dan mengganti nama mereka menjadi “Spice Girls” yang beranggotakan Victoria Adams, Melanie Brown, Geri Halliwell, Melanie C dan Emma Bunton.

PhotobucketSpice
“Spice” yang dirilis oleh Virgin Records pada 4 November 1996 berhasil menetaskan 5 singles yang semuanya berhasil menempati posisi puncak pada UK Singles Chart. “Wannabe”, “Say You’ll Be There”, “2 Become 1”, “Mama” dan “Who Do You Think You Are?”

“Wannabe” merupakan single pertama dari Spice Girls dan lagu ini menjadi signature song dari Spice Girls, slogan “Girl Power” dikumandangkan dari grup vokal ini dan menjadi sangat terkenal diberbagai negara. Bahkan “Wannabe” mampu menembus posisi puncak pada US Billboard Hot 100 pada tahun 1997.

“Spice” mendapat banyak penghargaan di berbagai negara dan mendulang sukses, seperti di US, Argentina, Austria, Kanada, Chili, Perancis, Jepang, Selandia Baru dan berbagai negara lainnya.

PhotobucketSpiceworld
“Spiceworld” adalah album studio kedua Spice Girls, dirilis pada tanggal 3 November 1997 oleh Virgin Records dan mengeluarkan 4 singles yang cukup sukses diberbagai negara. “Spice Up Your Life” berhasil meraih posisi puncak pada UK Singles Chart, “Too Much” berhasil meraih posisi puncak pada MTV Asia Hit List, “Stop” meraih posisi 16 pada “US Billboard Hot 100” dan “Viva Forever” yang meraih posisi puncak pada New Zealand Singles Chart.

Semua trek pada “Spiceworld” ditulis sendiri oleh Spice Girls dibantu oleh musisi-musisi terkenal seperti Richard Stannard, Matt Rowe, Andy Watkins dan Paul Wilson.

“Step To Me” merupakan single promo di Britania Raya dan beredar juga di Jepang, tersedia pada album “Spiceworld” edisi Jepang.

Geri Halliwell meninggalkan Spice Girls, setelah “Stop” dirilis dan berniat untuk bersolo karir.

PhotobucketForever
Dengan formasi baru yang hanya beranggotakan Melanie C, Melanie Brown, Victoria Beckham dan Emma Bunton, Spice Girls merilis album ketiga mereka tanpa vokal Geri Halliwell yang bersolo karir pada tahun 1998. “Forever” dirilis pada tanggal 6 November 2000 oleh Virgin Records dengan menawarkan jenis musik pop, R&B dan dance-pop. “Forever” tidak sesukses “Spice” atau “Spiceworld”, album ini hanya menjual 6 juta copy saja. Tiga single dirilis dari album ini dan semuanya berhasil meraih posisi puncak pada UK Singles Chart. “Goodbye”, “Holler” dan “Let Love Lead The Way”.

Photobucket
Greatest Hits
EMI merilis album “Greatest Hits” oleh Spice Girls pada tanggal 9 November 2007 setelah 7 tahun rilisnya “Forever” dan Geri Halliwell kembali bergabung dengan Spice Girls. Hanya satu single yang ditetaskan dari “Greatest Hits”, “Headlines (Friendship Never Ends)” hanya berhasil meraih posisi 11 pada UK Singles Chart dan posisi 90 pada US Billboard Hot 100.

“Greatest Hits” berhasil bertengger pada posisi 2 untuk UK Albums Chart dan posisi puncak pada Australian Albums Chart. Kover resmi album “Greatest Hits” adalah kover album resmi pertama yang tidak menampilkan anggota Spice Girls pada sampul, dan hanya bertuliskan Spice Girls dengan judul album “Greatest Hits” dimana pada tulisan “Spice” melambangkan masing-masing anggota Spice Girls. Victoria Beckham pada huruf S dengan lambang permata ambar, Emma Bunton pada huruf P dengan lambang batu rubi, Melanie C pada huruf I dengan lambang batu Intan, Geri Halliwell pada huruf C dengan lambang batu kecubung dan Melanie Brown pada huruf E dengan lambang zamrud.

Nicknames
Masing-masing anggota Spice Girls mendapat nickname dari para penggemarnya, Victoria Beckham yang dikenal sebagai Posh Spice dikarenakan latar belakangnya yang lebih upper-class dan rambut choppy brunette bob dan refined attitute, form fitting designer outfits dan kesukaannya akan high-heeled footwear. Sedangkan Melanie C, dikenal dengan sebagai Sporty Spice dikarenakan tracksuit dengan kuncir buntut kuda dirambutnya dan kesan gadis sporty yang dimilikinya dan kemampuannya bersalto ria. Melanie Brown yang dikenal sebagai Scary Spice dikarenakan rambut keritingnya ditambah kesan meledak-ledak yang sering muncul pada dirinya, seringnya tampil dengan kostum ala leopard, tindik di lidahnya dan gelak tawa yang lepas. Emma Bunton dikenal sebagai Baby Spice dikarenakan Emma merupakan anggota yang paling muda, dan rambut pirang yang sering dikuncir dua, sering tampil dengan babydoll dresses, senyum yang polos dan kesan girly girl pada dirinya, sedangkan Geri Halliwell dikenal sebagai Ginger Spice dikarenakan rambut merahnya yang menyala-nyala dan sering mengenakan pakaian panggung yang tidak biasa dan juga karena Geri sering terlihat seperti pemimpin Spice Girls.
(Joe Ronald / CreativeDisc Contributors)

What’s Your Favourite Spice Girls’ Single?

Related posts

Leave a Reply