Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Atomic Kitten
Reviews

Time Tunnel: Atomic Kitten 

Atomic Kitten adalah sebuah girl group yang berasal dari Liverpool, Inggris dan dibentuk sekitar tahun 1997 oleh Andy McCluskey [member sebuah band di tahun 1980an yang bernama Orchestral Manoeuvres in the Dark]. Formasi pertama dari group ini adalah Liz McClarnon, Kerry Katona and Heidi Range [yang sekarang bergabung dengan Sugababes], tetapi Range memutuskan untuk keluar dikarenakan perbedaan visi dan digantikan oleh Nastasha Hamilton. Setelah formasi awal ini terbentuk secara resmi di tahun 1999, dirilislah debut single mereka yang berjudul Right Now pada bulan Desember 1999 dan berahsil masuk ke UK Top 10.

Setelah kesuksesan single tersebut, mereka melangsungkan tour Asia dan berhasil menjadikan single ke 2 mereka yaitu Cradle menjadi nomer satu di Asia. Setelah menyelesaikan tournya di Asia, ketiga cewe kucing ini merilis album pertama mereka yang diberi judul Right Now dan sayangnya tidak begitu sukses, dan label mereka yaitu Innocent Records sempat berpikir akan melepas mereka karena ke kurang suksesan album ini tetapi setelah dibujuk akhirnya label mereka mengijinkan single Whole Again direkam dan dirilis dimana akhirnya menjadi single nomer 1 mereka di UK pada tahun 2001. Video dan rekaman untuk Whole Again masih menampilkan Kerry Katona meskipun beberapa hari sebelum mencapai nomer satu dia keluar dari group karena hamil dan kemudian posisinya digantikan oleh Jenny Frost dan Whole Again direkam ulang dengan menggunakan formasi Kitten yang baru, demikian juga dengan album Right Now. Ada sedikit perbedaan tracklisting dalam album Right Now ini setelah di re-issue, yaitu tambahan lagu You Are dan Eternal Flame yang tidak ada dalam original album sewaktu masih bersama Katona. Eternal Flame, sebuah lagu lama milik the Bangles di tahun 1989, sukses besar dan menjadi number 1 hit selama 2 minggu di UK Charts tahun 2001.

Setelah sukses dengan Right Now, dirilislah album ke 2 mereka yang berjudul Feels So Good pada tanggal 9 September 2002. Saya pribadi paling suka dengan album ini karena ada Kylie Minogue yang ikut menulis lagu Feels So Good dan juga Susanna Hoffs, eks personel the Bangles yang juga ikut menulis Love Doesn’t To Hurt. Album ini juga memuat satu lagu lama milik Blondie yang berjudul the Tide is High. Single pertama dari album ini adalah It’s OK yang berhasil masuk ke posisi 3 tetapi justru single ke2 mereka yang berhasil menjadi nomer satu, yaitu the Tide is High, lagu lama milik the Paragons di tahun 1967 dan dipopulerkan oleh Blondie di tahun 1980. Single ini berhasil terjual sebanyak 145.000 copy dalam minggu pertama. Sedangkan album Feels So Good berhasil mendapat sertifikat Platinum dan di tahun 2003 sudah terjual lebih dari 1 juta copy di seluruh dunia. Promosi album ini didukung dengan dirilisnya buku biografi mereka yang berjudul Atomic Kitten: So Good, So Far oleh Ian McLeish yang mengisahkan tentang perjalanan karir mereka dari awal.

Pada bulan April 2002, salah satu member Atomic Kitten yaitu Natasha Hamilton hamil tetapi memutuskan untuk tetap melanjutkan tour yang sudah dijadwalkan, selain itu dia juga tetap tampil dalam video the Tide is High dan juga dalam acara Party In the Park sebelum resmi keluar untuk mengurus kehamilannya.

Setelah Feels So Good, Atomic Kitten memutuskan untuk lebih berkonsentrasi ke pasar Asia dan Eropa karena self titled album mereka yang dirilis di US hanya berhasil menempati posisi 102 di US Billboard Chart. Sebelum mereka mulai rekaman untuk album ke 4 mereka, Kool and the Gang [sebuah grup musik campuran soul dan r&b] mendekati mereka untuk mengajak berkolaborasi di album terbarunya yaitu Odyssey dan mendaur ulang hit lama mereka yaitu Ladies Night dan karena hal inilah maka album ke 3 mereka diberi judul tersebut. Ladies Night dirilis pada tanggal 10 November 2003 dan kemudian dilanjutkan dengan tour untuk mempromosikan album tersebut, tetapi meskipun demikian setelah tour selesai, mereka mengumumkan bahwa mereka akan bubar yang berarti juga Ladies Night merupakan studio album terakhir dari gerombolan the Kittens ini. Ada 4 single yang dirilis dari album terakhir mereka yaitu Ladies Night, If You Come to Me, Be With You dan Someone Like Me.

Setelah mereka membubarkan diri, masing2 personil menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan pribadi mereka. Natasha memutuskan untuk lebih menghabiskan banyak waktu bersama keluarganya, Jenny fokus ke solo karirnya dan merilis single pertamanya yg berjudul Crash Landing tetap gagal masuk ke dalam Top 40. Jenny mengeluarkan pernyataan bahwa dia tidak akan meneruskan karirnya di dunia musik sebagai artis solo karena dia hanya ingin tetap berada dan dikenal dalam dunia musik sebagai member dari Atomic Kitten. Member terakhir yaitu Liz McLarnon merilis solo single pertamanya pada tanggal 13 Februari 2006 yg merupakan cover version dari lagu lama milik Barbara Streisand yang berjudul Woman In Love, single kedua yg dia rilis sebagai artis solo adalah Don’t It Make You Happy tetapi gagal masuk ke dalam chart.

Selain itu di tahun 2004, Atomic Kitten merilis single Someone Like Me/Right Now 2004 sebagai single perpisahan mereka untuk para fans tetapi kemudian mereka reuni lagi di hari Valentine tahun 2005 untuk merilis single versi baru dari single Cradle yang diberi judul Cradle 2005, selain itu masih di tahun yang sama, mereka termasuk dalam soundtrack Mulan II dengan lagu baru (I Wanna Be) Like Other Girls. Setahun kemudian yaitu di tahun 2006, merilis satu single baru yang berjudul All Together Now (Strong Together), lagu ini diambil dari the Official FIFA World Cup album dan dirilis dalam bentuk digital download dan CD pada tanggal 6 Juni 2006. Di tahun 2008 mereka merilis sebuah single amal yang berjudul Anyone Who Had A Heart yang merupakan sebuah lagu lama milik Dionne Warwick. Single ini dirilis sebagai bagian dari Liverpool Number One Project dan karena terlibat dalam proyek ini juga mereka tampil bersama untuk yang terakhir kalinya diatas panggung pada tanggal 19 Januari 2008 dan menyanyikan Anyone Who Had A Heart, Whole Again, dan the Tide is High. (Lendy CA/CreativeDisc Contributors)

Discography
2000 Right Now
2002 Feels So Good
2003 Atomic Kitten
2003Ladies Night
2004 Greatest Hits

Related posts

Leave a Reply