Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Bad English
Time Tunnel

Time Tunnel: Bad English 

PhotobucketKenapa band ini menamakan dirinya Bad English ? Berawal mula ketika mereka bermain pool/billiard dimana salah satu membernya yaitu John Waite tidak berhasil memasukkan bola dan Jonathan Cain berkomentar tentang bagaimana buruknya “english”nya, yang dimaksud adalah putaran dimana pemain pool akan menyodok cue ball nya) sehingga akhirnya mereka memutuskan untuk memakai nama itu “Bad English”. Jonathan Cain dan Neal Schon yang sebelumnya bergabung dengan Journey dan sukses dengan band tersebut, bergabung dengan Waite untuk membentuk Bad English setelah Journey bubar.

Debut Album
Album self titled mereka yang juga merupakan album pertama mereka dirilis pada tahun 1989 dan sukses dengan dua singlesnya yang berhasil masuk ke jajaran Billboard charts termasuk When I See You Smile di posisi 1 dimana lagu ini diciptakan oleh Diane Warren dan Price of Love di posisi 5. Keseluruhan single dari album ini ada 5 yaitu Forget Me Not, When I See You Smile, Best of What I Got, Price of Love . Heaven is a 4 Letter Word dan Possession. Sebagai catatan lagu When I See You Smile ini pernah dinyanyikan ulang oleh Clay Aiken di tahun 2006 di albumnya A Thousand Different Ways dan Best of What I Got juga termasuk dalam soundtrack film Tango and Cash yang dibintangi oleh Sylvester Stallone dan Kurt Russell. Sebuah video collecition juga dirilis yang berisikan 5 video klip dari kelima singles tersebut. Saya pribadi suka dengan album pertama Bad English ini karena lagu – lagunya lebih cenderung dominan ke pop rock dan sedikit berbeda dengan album kedua mereka yaitu Backlash yang lebih berasa nuansa hard rocknya.

Album kedua: Backlash
Backlash dirilis di tahun 1991 tanpa gembar gembor sehingga terkesan dirilis secara diam-diam dan satu-satunya single yang dirilis dari album ini adalah Straight to Your Heart tetapi itu pun gagal masuk ke jajaran Top 40 dan hanya berhasil duduk di posisi 42, meskipun demikian ada satu lagu ballad dari album ini yang cukup familiar yaitu the Time Alone With You yang juga diciptakan oleh Diane Warren bersama dengan John Waite dan Jonathan Caine. Meskipun tidak dirilis sebagai single tetapi lagu ini cukup sering saya dengar di radio-radio pada waktu itu. Beberapa waktu kemudian Ricky Phillips menulis di website pribadinya kalau band tersebut sudah sedikit merenggang sebelum album kedua ini di mixed. Phillips dan Schon menungkapkan kalau mereka kurang puas dengan musik Bad English yang cenderung pop dan menginginkan musik yang lebih keras/rock dan hal inilah yang akhirnya menjadi penyebab bubarnya Bad English, masing2 personilnya kemudian mengejar solo karirnya. Backlash dirilis tidak lama setelah mereka membubarkan diri.

Solo Karir dan album baru
Di tahun 1995 John Waite kembali ke dunia musik dan telah merilis 5 studio album pasca Bad English termasuk album terakhirnya di tahun 2007, Downtown .. Journey of a Heart. Ditahun 2003 Waite tour bersama Ringo Starr’s All Starr Band dan juga di tahun 2005 menjadi opening act untuk Journey. Di tahun 2006 single Missing You dari album Waite di tahun 1984 direkam ulang dan dinyanyikan Waite bersama dengan artis country, Alison Krauss, dan lagu tersebut termasuk dalam albumnya yang berjudul A Hundred Miles or More: A Collection. Neal Schon dan Deen Castronovo merilis album bersama Hardline di tahun 1992 yang berjudul Double Eclipse dan salah satu lagunya yang terkenal adalah Can’t Find My Way, cukup familiar dan saya sering mendengarnya di radio2 lokal di kota saya (Yogyakarta). Baru-baru ini Deen Castronovo, Neal Schon dan Jonathan Cain memutuskan ikut bergabung dengan Ross Valory dan Arnel Pineda untuk membentuk kembali Journey dan mereka sedang dalam tahap rekaman album baru yang akan diharapkan akan bisa dirilis di awal tahun 2011.

Discography:
1989 Bad English
1991 Backlash
2003 Greatest Hits

(Lendy / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply