Trending News

Blog Post

Behind The Music: Rodney “Darkchild” Jerkins
Behind The Music

Behind The Music: Rodney “Darkchild” Jerkins 

PhotobucketKalau kamu dulu sering dengar dan suka banget dengan lagu-lagu ‘Holler’ milik Spice Girls, ‘Lose My Breath’ milik Destiny’s Child, dan juga ‘He Wasn’t Man Enough’ milik Toni Braxton, pasti kenal dech dengan kata “Darkchild” yang disebutkan di tiga lagu tadi. Sebenarnya enggak cuma itu aja sih, masih banyak lagi lagu yang nyebut-nyebut “Darkchild” di dalamnya. Sekarang saat kita untuk lebih mengenal siapa itu Darkchild dan apa saja yang sudah dia hasilkan dalam industri musik. Darkchild alias Rodney Jerkins adalah penulis lagu sekaligus produser lagu-lagu yang kebanyakan beraliran R&B. Dia lahir di New Jersey, Amerika Serikat tanggal 29 Juli 1977. Rodney memulai usahanya menjadi produser musik di pertengahan dekade 90’an. Kali pertama penampilannya adalah me-remix lagu Vanessa Williams yang berjudul ‘The Way That You Love’ du tahun 1995. Berangkat dari situ, Rodney semakin sering muncul menjadi produser artis-artis lain. Sebut saja Gina Thompson untuk album “Nobody Does It Better”, mendiang Aaliyah untuk album “One In A Million”, Mary J Blige di album “Share My World”, Joe album “All That I Am”, hingga boyband No Authority di album “Keep On” dan Immature di album “The Journey”. Rodney did it all.

PhotobucketMusik R&B yang ia racik benar-benar asyik untuk didengar. Classic and timeless. Di tahun 1998 dia membuat gebrakan yang luar biasa. Dimana single hasil racikannya berhasil menduduki puncak tangga lagu di Amerika. ‘The Boy Is Mine’ adalah bukti tersebut. Single yang dinyanyikan oleh Brandy dan Monica ini mencatat sejarah bagi ketiganya, Rodney, Brandy, dan Monica juga. Menjadi lagu nomor satu yang pertama kali mereka hasilkan. Bertahan di puncak Billboard Hot 100 Singles selama 13 pekan, dan berhasil meraih sebuah Grammy di kategori Best R&B Performance By Duo Or Group With Vocal. Rodney juga memproduseri kedua album penyanyinya. “Never Say Never” dair Brandy dan juga “The Boy Is Mine” dari Monica. Rodney juga mengantarkan Monica untuk kedua kalinya di puncak Billboard dengan memproduseri lagu grup Eternal, ‘Angel Of Mine’ di tahun yang sama. Rodney super sibuk saat itu, dia juga memproduseri album “My Love Is Your Love” milik Whitney Houston dan “One Wish” milik Deborah Cox. Di tahun 1999 pun Rodney menghasilkan 2 lagu nomor 1. ‘If You Had My Love’ sebagai debut Jennifer Lopez di dunia musik adalah hasil tangan dinginnya. Dan satu lagi lagu nomor 1 nya di tahun yang sama, yaitu ‘Say My Name’ milik Destiny’s Child.

Kesuksesan ini pun tercium oleh Sony/Epic Records, dimana pihak mereka meminta Rodney untuk bekerjasama untuk mempromosikan seorang vokalis yang memiliki karakter seperti Whitney Houston yang bernama Rhona. Selain itu, Rodney juga menangani girlband So Plush dan rapper Fats. Semakin banyak juga artis yang ditanganinya. Album bahasa Inggris pertama Marc Anthony adalah kerjasamanya Rodney dengan pesona Latin itu. Rodney juga menangani album tahun 1999 Destiny’s Child yang berjudul “The Writing’s On The Wall”. Kepakan sayapnya sebagai produser kenamaan mulai merambah ke dunia pop. Dari Amerika hingga Inggris. Di awal dekade 2000’an dia digandeng oleh boyband Plus One dan juga Backstreet Boys. Berikut juga Spice Girls, dimana mereka berhasil menciptakan single nomor 1 di Inggris berjudul ‘Holler’. Dan di Amerika namanya pun tetap harum. ‘He Wasn’t Man Enough’ yang dinyanyikan Toni Braxton berhasil menjajaki puncak tangga lagu R&B disana.

PhotobucketSemakin banyak daftar artis yang bekerjasama dengan Rodney Jerkins. Seperti Lionel Richie (Renaissance), Michael Jackson (Invincible), Joy Enriquez (Joy Enriquez), Britney Spears (Britney), Jessica Simpson (Irresistible) hingga Ray J (This Ain’t A Game). Tapi sayangnya tidak ada yang sehebat ‘The Boy Is Mine’ atau ‘If You Had My Love’. Tak satupun lagu yang diproduserinya berhasil muncul jadi juara tangga lagu di Amerika dan Inggris.

PhotobucketDi tahun 2004, Rodney menikah dengan Joy Enriquez. Kalau kamu lupa siapa dia, dia adalah vokalis cewek yang nyanyi ‘How Can I Not Love You’ untuk soundtrack film Anna & The King. rodney juga enggak berhenti berkarya, karena dia kerjasama lagi dengan Destiny’s Child dan Ray J kala itu. Di tahun 2005 dia memulai lagi label Darkchild Records dengan mengorbitkan beberapa nama vokalis seperti Shamari Fears, Asia Lee, Atiba, dan Anesha Birchett, disusul dengan membentuk label rekaman khusus musik gospel bernama JoyFul Child dan Darkchild Gospel bersama sang istri.

PhotobucketDi tahun 2006 baru nama Darkchild kembali naik. Seiring dengan gabungnya dia bersama Island Def Jam sebagai vice president-nya. Single ‘Deja Vu’ dari Beyonce & Jay Z yang dia co-produseri berhasil jadi nomor 1 di Inggris dan chart R&B di Amerika. Semakin banyak juga yang mengajaknya bekerjasama, seperti J Holiday, Twista, Danity Kane, Tamia, Janet, The Pussycat Dolls, Natasha Bedingfield, Anastacia, Ciara, dan Keyshia Cole. Dan butuh 4 tahun dari situ untuk kembali menggebrak chart, karena di tahun ini dia kembali memproduseri lagu nomor 1 di Inggris bersama Beyonce dan Lady Gaga. ‘Telephone’ menjadi lagu Darkchild berikutnya yang jadi nomor 1. Rodney juga masih bekerjasama dengan Mary J Blige, Brandy, dan Ray J. Tahun ini, Rodney juga masuk dalam credit tittle untuk album “Sparks Fly” dari Miranda Cosgrove dan “No Gravity” dari Shontelle.

Selain memproduseri, Rodney Jerkins juga sesekali tampil sebagai rapper, khususnya untuk lagu-lagu yang di-remix olehnya. Seperti di lagu ‘Everything’ milik Mary J Blige dan ‘He Said’ milik Mary Mary. Dia juga tampil beberapa kali sebagai cameo untuk video klip artis-artisnya. Di tahun 2006, dia membuat proyek The Darkchild Allstars menyanyikan sebuah lagu berjudul ‘We Are Family’. Dari pernikahannya dengan Joy Enriquez, dia dikaruniai dua orang anak, Rodney David dan Heavenly Joy masing-masing lahir di tahun 2008 dan 2009. Ke depannya, Rodney Jerkins alias Darkchild ini akan mengerjakan album JoJo yang kerap tertunda “All I Ever Want Is Everything” juga album solo perdananya Nicole Scherzinger. Dia juga dipastikan akan memproduseri track-track yang belum pernah dirilis dari mendiang Michael Jackson, dan mengembangkan kerjasama bersama Beyonce, Lady Gaga, dan Britney Spears. Jangan pernah berhenti berkarir, Rodney! Kita masih pengen dengar tag “Darkchild” di lagu-lagu yang kau kreasikan!

Official MySpacenya
Official Twitternya

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Trivia:
1. Darkchild ini pernah kerjasama dengan artis Jepang Utada Hikaru lho. Tepatnya di tahun 2000 untuk sebuah single yang berjudul ‘Time Limit’.
2. Di original soundtrack Pokemon: The First Movie, Darkchild memproduseri lagu berjudul ‘It Was You’ yang dinyanyikan oleh Ashley Ballard dan So Plush.
3. Di tahun 2008, dia gabung sama Nicholas Longano, Ray Brown, dan Jonathan E Eubanks untuk membentuk Music Mogul, Inc. yang bertujuan untuk mencari bakat-bakat baru yang akan diajak rekaman dengan Darkchild Production di LA.


ps: Karya Darkchild manakah yang menurut kamu paling bagus?

Related posts

Leave a Reply