Quantcast

Road To Grammy 2013 part II: R&B

By - 6 years ago in Behind The Music

Halo Rio (@rioichsan), Ai (@hisnameisnicole) dan Pepi (@pepiprapto) hadir keroyokan (lagi) untuk coba memberikan prediksi pemenang Grammy 2013. Seri kedua ini akan ada tiga nominasi dari kategori R & B, satu Rap dan satu Music for Visual Media. Percakapan kami bertiga via email & bbm tentang kategori R&B sangat seru, maklum sebagai sesama pecinta film Dreamgirls kategori R&B ini sudah pasti jadi bahan yang tidak habis dibicarakan semalaman. Ok, here are our predictions:

Best R&B Performance

@rioichsan

Will Win: Climax – Usher

I was torn between Estelle or Usher, tapi menilai dari atraksi vokal saya cenderung memilih Usher. Kalau kategori ini masih memperhatikan superioritas vokal maka Climax akan menang.

@hisnameisnicole

Will Win: Climax – Usher

Saya excited sejak kali pertama mendengarkan lagu ini. Usher tidak menyia-nyiakan kemampuan vokalnya yang seksi dan sensual untuk diolah dalam aliran dance generic seperti yang biasa ia lakukan beberapa tahun belakangan. Kenyataan lagu ‘Climax’ yang juga memiliki kesuksesan komersil menambah alasan mengapa Usher harus menang tahun ini. Rising star Miguel mungkin akan dipertimbangkan, tapi Usher lebih diunggulkan.

@pepiprapto

Will Win: Adorn – Miguel

Agak bingung ketika harus memilih lagu dimana Usher  akhirnya ‘kembali’ ke jalan yang benar atau sebuah bakat baru yang bisa sedemikian pintarnya membuat lagu gombal menjadi terdengar seksi. Tapi feeling saya mengatakan Adorn, mengingat biasanya Grammy sangat suka memberikan ‘rentetan kemenangan bagi satu sosok baru’. Alicia Keys, Adele, Norah Jones dan bukan hal yang tidak mungkin kali ini Miguel.

Best Traditional R&B Performance

@rioichsan

Will Win: Love On Top – Beyonce

Beyonce menang mutlak. You heard the multiple key changes & energetic vocal, right?

@hisnameisnicole

Will Win : Love On Top – Beyonce

Now I understand kenapa Rio begitu bersemangat dengan kategori ini. Okay, Beyonce unggul atas segala popularitas dibanding unggulan lain, syukurnya itu disokong dengan ‘Love on Top’ yang bercita rasa tinggi. This song is classy, groovy. Kemenangan di kategori ini akan mengobati kekecewaan terhadap “4” yang lepas dari kebiasaan winning yang biasa menyertai album-album Bey.

@pepiprapto

Will Win : Love On Top – Beyonce

Tanpa bermaksud meremehkan pesaingnya di kategori ini, Beyonce punya kesempatan paling besar untuk menang. This is how traditional r&b should be, kembali ke akar dengan atraksi vokal yang nggak ada obatnya (istilah abg saat ini). Setuju dengan Ai, beberapa lagu di album 4 (selain Party untuk Best Rap/Sung Collaboration di 2012) sebenarnya layak untuk masuk nominasi di 2011 & 2012, tapi yasudahlah mungkin memang harus menunggu 2 tahun.

Best R&B Song

@rioichsan

Will Win: Adorn – Miguel

Lagu ini membuat saya ingat pertama kali dengar Got ‘Til It’s Gone-nya Janet Jackson dulu. So weird it’s cool (di jaman itu). Genre urban soul seperti Adorn ini nampaknya menjadi trend baru. Selain itu Adorn mentereng di tengah berbagai electro r&b ga jelas. Miguel bersama Frank Ocean dan (sebentar lagi) The Weeknd akan menjadi ‘wajah’ dari dunia R&B, yaitu urban.

@hisnameisnicole

Will Win:Adorn – Miguel

Nah, ini yang tampaknya begitu jelas akan dimenangkan oleh Miguel. And here’s why. Lagu ini diunggulkan untuk Song of the Year. Ia peak di puncak chart R&B Billboard. Dua hal itu adalah faktor juara yang bisa membuat lagu ini dinobatkan sebagai Best R&B Song untuk Grammy 2013. Ini akan menjadi begitu spesial bagi Miguel. He wrote the song all by himself. And that’s another thing that the other nominees don’t have.

@pepiprapto

Will Win : Adorn – Miguel

Perlu diingat kategori ini diberikan kepada sosok dibalik lagu yang dinominasikan. Miguel lewat album Kaleidoscope Love benar-benar kaya akan bunyi baru yang asing, terlebih di lagu Adorn. Lirik yang menggoda dibawakan dengan dinamika vokal yang seolah dibuat samar dan aransemen musik yang unik merupakan pembuktian bahwa Miguel bukan hanya bernyanyi, tapi juga berada utuh dibalik ‘keanehan’ Adorn yang memukau.

Best Rap/Sung Collaboration

@rioichsan

Will Win: Talk That Talk – Rihanna ft. Jay Z

Seperti versi slow-nya Rude Boy tapi lebih sultry dan seksi. Komposisi Rihanna sebagai artis utama tidak ‘tertutup’ dengan rap Jay Z (yang somehow liriknya fun) membuat kolaborasi ini solid menurut saya.

@hisnameisnicole

Will Win :No Church in the Wild – Jay-Z and Kanye West featuring Frank OceanThe    Dream

Saya merasa kategori ini adalah salah satu yang paling sengit tahun ini. Lihat, ada Jay-Z, Kanye West, John Legend, dan Amy Winehouse yang sejauh ini menjadi kesayangan para juri. Duo maut Jay-Z Kanye agaknya berpeluang besar sebagai juara. Tapi entahlah, bisa jadi juri akan memperpanjang penghargaan mereka pada mendiang Amy Winehouse, setelah tahun lalu menyerahkan piala di kategori pop untuknya.

@pepiprapto

Will Win : Tonight (Best You Ever Had) – John Legend ft Ludacris

Kalau dilihat secara statistik, semua yang ada di nominasi ini punya kemungkinan besar untuk menang, iya saya ulangi, semua. Tapi saya memilih kolaborasi John Legend & Ludacris untuk menang. Mungkin karena pengaruh setelah menonton film yang memakai lagu ini sebagai soundtracknya. Mungkin juga karena kesubjektivitasan saya selaku penggemar kelas berat John Legend.

Best Song Written for Visual Media

@rioichsan

Will Win: Safe & Sound – Taylor Swift ft. The Civil Wars (from The Hunger Games)

Pretty ballad by Taylor Swift dilengkapi dengan aura ‘haunting’ dari vokal Joy Williams (The Civil Wars) pas menggambarkan mood film The Hunger Games.

@hisnameisnicole

Will Win : Let Me Be Your Star – Katharine McPhee and Meghan Hilty(from Smash)

It is simply because I love Katharine McPhee. Itu alasan subjektifnya. Masih ada alasan objektifnya juga. Ingat bagaimana sebuah lagu begitu suksesnya terkonsep sebagai perwakilan dari sebuah tayangan? Nah, ini yang ditonjolkan oleh ‘Let Me Be Your Star’. Kisah penggemblengan bintang untuk pementasan tentang Marilyn Monroe yang melibatkan perseteruan antara tokoh Karen (Kat) dan Ivy (Megan Hilty) yang adalah inti dari serial “Smash” tergambar sempurna oleh lagu ciptaan Marc Shaiman dan Scott Wittman ini.

@pepiprapto

Will Win : Man or MuppetJason SegelWalter (from The Muppets)

Setelah menang Best Original Song di Oscar, tampaknya lagu ini akan kembali menang di Grammy 2013. Materi yang seolah kembali mengingatkan kepada Rainbow Connection, bahwa The Muppet juga bisa serius menggarap lagu, untuk itu Bret McKenzie patut diberikan penghargaan.

Nah untuk seri kedua ini kira-kira pembaca setia creativedisc setuju dengan prediksi siapa? Ai (@hisnameisnicole), Rio (@rioichsan) atau Pepi (@pepiprapto)? But anyway sekedar intermezo, kami bertiga mau kasih pendapat soal the weirdest/worst rap-sung collaboration, jangan ada yang tersinggung ya J

@rioichsan

Mariah Carey ft Rick Ross & Meek Mill – Triumphant

Bertanya-tanya kenapa sang diva satu ini mau berbagi porsi terlalu banyak dengan orang lain, seolah lagu ini dinyanyikan Rick Ross & Meek Mill feat Mariah Carey.

@hisnameisnicole

B.o.B and Taylor Swift – Both of Us. Good for Taylor.

Lagu ini jelas membuka lebar khazanah musik karyanya. But sadly tidak ada faktor pelekat yang membuat hook Taylor dan verse B.o.B. lengket disini. Saya tidak menemukan perkawinan yang harmonis antara kedua bagian tersebut. Seperti dua lagu terpisah yang dipaksa gabung menjadi satu.

@pepiprapto

J Lo ft Flo Rida – Goin’in

2 hal yang saya sayangkan dari karir bermusik J Lo, pertama pilihan dia yang belakangan konsisten dengan genre ini, kedua kolaborasi dengan Flo Rida di lagu ini yang terdengar ‘terlalu’ dipaksakan agar dipandang layak untuk jadi ost- Step Up.

Love Film. Love Books. Love Music. And Everything in Between.

Comments

4 Responses to “Road To Grammy 2013 part II: R&B”

  1. TINO says:

    Lebih nyantol sama pendapat @pepiprapto meski ada bbrpa yg gx cuma 80% saya stuju
    trus komentar bwt Mariah,Taylor and J.Lo sya stuju 100% itu memang bnr pnyanyi yg bz konsisten dalam brmusik khusus utk pnyanyi wanita mnurutku cuma Britney,P!nk,dan Rihanna

  2. FENDY COLLUCCI WU says:

    Mariah Carey ft Rick Ross & Meek Mill – Triumphant

    setuju banget!! aku pernah komen di CD juga, ini lagu “Mariah Carey ft Rick Ross & Meek Mill” ATAU “Rick Ross & Meek Mill ft Mariah Carey”???

    hahahha….

  3. ayam tumis says:

    berharap John Legend menang

  4. Yanu says:

    BEYONCE

Leave a Reply

Related Articles

Music News | June 4, 2019 By

Jay-Z Disebut Forbes Sebagai Miliuner Hip-Hop Pertama

Creative Disc Exclusive Single | June 3, 2019 By

Creative Disc Exclusive Single: 03 June 2019

Music News | May 30, 2019 By

John Legend Hadirkan ‘We Need Love’ Tulisan Peserta “Songland”