Trending News

Blog Post

Behind The Music: Linda Perry
Behind The Music

Behind The Music: Linda Perry 

PhotobucketTemui Linda Perry, wanita kelahiran Massachusetts, 15 April 1965. Seorang musisi rock yang di tahun 90’an aktif nge-band bersama 3 rekan lainnya dalam 4 Non Blondes. Dalam grup ini, selain bermain gitar dan bernyanyi, Linda adalah orang yang mengkomposisikan lagu-lagunya. Makanya enggak heran, saat di awal dekade 00’s dirinya mengirimkan lagu-lagu ciptaannya ke musisi-musisi lain seperti Gwen Stefani, Pink, dan Christina Aguilera. Hasilnya di luar dugaan. Karya Linda yang dinyanyikan orang lain justru lebih nge-hits ketimbang yang dinyanyikannya saat bersama 4 Non Blondes.

Linda Perry adalah anak dari keluarga besar, yang terdiri dari ayah Amerika keturunan Portugis-Alfred Xavier, ibu asal Brazil-Marluce, lima orang saudara laki-laki-Jay, Solomon, Mark, Marcel, dan John, serta satu orang saudara perempuan-Sally. Bakat musik Linda diwarisi dari sang ayah yang merupakan seorang musisi, sedangkan sang ibu yang adalah model mungkin mewarisinya bakat stage act. Hidup Linda saat di usia muda tidaklah gampang. Dirinya mengidap penyakit di ginjal. Tapi ini tidak menyurutkan meraih mimpinya dalam berkarir di bidang musik. Saat usia 15 tahun dia sudah sanggup menciptakan sebuah lagu yang berjudul ‘Pity Girls’. Berangkat dari sinilah, keinginan untuk sukses itu terus dipupuknya. Dan di usianya yang ke-21, Linda hijrah ke San Fransisco. Bekerja sebagai pelayan di restoran Pizza sekaligus menjadi musisi penghibur di tempat itu. Linda tampil dengan gitarnya, meng-cover lagu-lagu oranga lain. Pintu terbuka untuk Linda saat dua tahun kemudian dia direkrut untuk gabung dalam 4 Non Blondes oleh sang penemu, Christa Hillhouse. Bersama band inilah bakat mencipta lagunya semakin terasah. ‘Down On Your Face’ adalah karya paling pertamanya. 4 Non Blondes pun dikenal di penjuru dunia dengan hit terbesar mereka ‘What’s Up?’ di tahun 1993. Inilah satu-satunya hit yang berhasil grup ini ciptakan.

Bergerak dari situ, Linda Perry tampil solo dalam beberapa penampilan. Seperti dalam proyek Roger Daltrey. Ini cikal bakal keluarnya Linda dari grup tersebut. Dan ter-rilis-lah sebuah album di tahun 1995 dengan judul “In Flight”. Sukseskah ini? Angka penjualan tidak menyatakan demikian. Dan meskipun selang 4 tahun dari situ album kedua Linda “After Hours” dirilis, tetap tidak mencuatkan dirinya sebagai penampil solo. Barulah di awal dekade 2000’an, Linda hadir sebagai penulis lagu dan produser untuk penampil lain. Pertama, P!nk. Album “Missundaztood” di tahun 2001 adalah sukses luar biasa. 8 dari 14 lagu di dalam album tersebut melibatkan Linda, termasuk hit single ‘Get The Party Started’. Enggak salah memang pilihan P!nk milih dirinya. Bahkan, Linda Perry-pun hadir sebagai featured artist di lagu berjudul ‘Lonely Girl’.

Puncak sukses Linda Perry sebagai penulis lagu dan produser seperti berada di tahun 2002, saat ‘Beautiful’ yg dibawakan Christina Aguilera menjadi anthem bagi setiap orang yang merasa butuh spirit self-treatment. Lagu ini ditulis dari hati, dengan rangkaian kata yang puitis dan tegas, plus melodi yang membius indah di telinga. Lagu ini pun membawa nama Linda ke jajaran unggulan Grammy Awards untuk kategori “Song of the Year” di tahun 2004. Dan untuk Christina Aguilera, dinobatkan untuk pertama kalinya sebagai “Best Female Pop Vocal Performance” di ajang yang sama. Dan hingga saat ini, ‘Beautiful’ dianggap sebagai signature song dari sang diva. ‘Beautiful’ pun terdengar dalam film Mean Girls, serial House, Glee, dinyanyikan oleh Chaka Khan untuk album duet Kenny G, dan juga dalam ajang pencarian bakat seperti Australian Idol dan X Factor. Kalau di album “Stripped”, selain memuat lagu ini sebagai karya Linda, masih ada lagu-lagu lain karyanya yaitu ‘Make Over’, ‘Cruz’, dan ‘I’m OK’. Kerjasama ini terus berlanjut untuk album Christina Aguilera berikutnya. Dalam “Back To Basics” Linda hadir di semua track dalam Disc 2 album tersebut, yang menghasilkan single ‘Hurt’ dan Linda adalah orang musisi yang bermain di lagu ‘Enter The Circus’, dalam “Keeps Gettin’ Better A Decade Of Hits” kedua lagu baru ‘Keeps Gettin’ Better’ dan ‘Dynamite’ adalah karya duo ini, dan dalam “Bionic”, lagu ballad yang Christina bawakan dalam acara amal untuk Haiti Februari lalu ‘Lift Me Up’ merupakan hasil karya Linda. Christina beranggapan bahwa karya-karya Linda Perry mengajarkan Christina bernyanyi yang sebenarnya.

Linda Perry banyak bekerjasama dengan penyanyi wanita. Gwen Stefani (What You Waiting For?), Courtney Love (Mono), Kelly Osbourne (One Word), Lisa Marie Presley (Idiot), dan Alicia Keys (Superwoman). Tapi ada juga saat Linda bekerjasama dengan cowok, kayak Ben Jelen (Where Do We go) dan Daniel Powter (Am I Still The One). Salah satu yang masih fresh adalah ‘My Love’, lagu yang dituliskan Perry untuk Celine Dion. Celine mengaku sangat terhubung dengan lagu tersebut, sehingga dirinya merasa kesusahan mengatasi emosi yang terbangun saat merekam lagu itu di studio, terlebih saat menyanyikannya live dalam “Taking Chances World Tour”. Selain ‘My Love’ Celine pun menyanyikan lagu berjudul ‘New Dawn’ untuk album “Taking Chances”, yang merupakan lagu dari album studio kedua Linda Perry “After Hours” di tahun 1999.

Di tahun 2010 ini, selain menyumbangkan lagu “Lift Me Up” di album “Bionic” milik Christina Aguilera, Linda Perry juga sedang menggarap debut album band “Deep Dark Robot” yang ditemukannya bereng Tony Tornay. Kita lihat aja gimana sepak terjang Linda Perry selanjutnya!

Official Website Linda Perry

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Album Discography Produced by Linda Perry
2001 Pink – Missundaztood
2002 Various Artists – Sweet Home Alabama (OST)
Faith Hill – Cry
Christina Aguilera – Stripped
Solange – Solo Star
2003 Lillix – Falling Uphill
Various Artists – Prey For Rock & Roll (OST)
Sugababes – Three
Pink – Try This
Pink – Trouble – Single
Blaque – Torch
2004 Courtney Love – America’s Sweetheart
Courtney Love – Mono – Single
Britney Spears – In The Zone (DVD): Europe Bonus CD Features
L.P. – Suburban Sprawl & Alcohol
Gwen Stefani – Love. Angel. Music. Baby.
Joan Jett & The Blackhearts – Naked
James Blunt – Back To Bedlam
2005 Unwritten Law – Here’s To The Mourning
Lisa Marie Presley – Now What
Fischerspooner – Odyssey
Kelly Osbourne – Sleeping In The Nothing
Juliette & The Licks – …Like A Bolt Of Lightning
Goapele – Change It All
2006 Skin – Fake Chemical State
Dixie Chicks – Taking The Long Way
Cheap Trick – Rockford
Joan Jett & The Blackhearts – Sinner
Sierra Swan – Ladyland
Joanna – This Crazy Life
Christina Aguilera – Back To Basics (CD 2)
Christina Aguilera – Da Da Da (appeared in Pepsi commercials)
The Format – Dog Problems
Gwen Stefani – The Sweet Escape
Sierra Swan – It’s A Merry Time – Digital Single
2007 Various Artists – Make Some Noise / Instant Karma: The Amnesty International Campaign to Save Darfur (CD 1)
Ben Jelen – Ex-Sensitive
The Section Quartet – Fuzzbox
Jamie Scott & The Town – Park Bench Theories
Gina Gershon – In Search Of Cleo
Vanessa Carlton – Heroes & Thieves
Alicia Keys – As I Am
Celine Dion – Taking Chances
The Format – B-Sides & Rarities
2008 Ben Jelen – Wreckage EP – Digital only
Sierra Swan – Queen Of The Valley
Gavin Rossdale – Wanderlust
Christina Aguilera – Keeps Gettin’ Better
Daniel Powter – Under The Radar
Giusy Ferreri – Gaetana
2009-2010
Adam Lambert – For Your Entertainment
Christina Aguilera – Bionic
Reni Lane “Ready”
Little Fish – Baffled & Beat
Alicia Keys – The Element of Freedom (Deluxe Edition)
Sierra Swan – Girl Who Cried Wolf
Hole – Nobody’s Daughter

Singles produced or written by Linda Perry

2001 “Get the Party Started” Pink
2002 “Beautiful” Christina Aguilera
2003 “Tomorrow” Lillix
2004 “What You Waiting For?” Gwen Stefani
“Mono” Courtney Love
2005 “One Word” Kelly Osbourne
“Idiot” Lisa Marie Presley
“Save Me (Wake Up Call)” Unwritten Law
“Redlight” Kelly Osbourne
2006 “Wonderful Life” Gwen Stefani
“Perfect Stranger” Cheap Trick
“Hurt” Christina Aguilera
“Nothing But” Skin
2007 “Candyman” Christina Aguilera
“Where Do We Go” Ben Jelen
2008 “Superwoman” Alicia Keys
“Keeps Gettin’ Better” Christina Aguilera
2009 “La Scala (The Ladder)” Giusy Ferreri

ps. Karya Linda Perry mana yang paling bagus menurut kamu?

Related posts

Leave a Reply