Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Ultra
Time Tunnel

Time Tunnel: Ultra 

PhotobucketUltra adalah sebuah boy band cowok dari Inggris yang lumayan sukses di sekitar tahun 1990an. Formasi originalnya terdiri dari James Hearn, Michael Harwood, Jon O Mahony dan Nick Keynes. Boy band ini bukanlah dibentuk dari semacam audisi tapi berawal dari persahabatan dua orang anggotanya yaitu James Hearn dan Michael Harwood yang bersekolah di tempat yang sama di Buckinghamshire sampai ketika mereka kuliah di University of Leeds. Berawal dari ide membentuk sebuah grup kemudian mereka bergabung dengan Jon O Mahony yang juga bersekolah di universitas yang sama dan juga Nick Keynes yang bergabung setahun sesudahnya sebagai bass player. Setelah mereka lulus, mereka membentuk sebuah band yang bernama Ultra (nama yang diambil dari sebuah album milik Depeche Mode). Sebelum resmi memakai nama Ultra, mereka sempat tampil dalam berbagai macam nama termasuk Rider, Stepping Stoned, Decade, dan Suburban Surfers.

Demo tape mereka menarik perhatian salah satu ex member Tears for Fears yaitu Ian Stanley dimana kemudian mereka dikontrak oleh label milik Warner yaitu East West. Di tahun 1998 mereka merilis singlepertama mereka yaitu Say You Do yang berhasil mencapai peringkat nomer 11 di UK. Single kedua mereka yang berjudul Say It Once sayangnya hanya berhasil menempati posisi 16 di UK tetapi berhasil menjadi hit di Itali dan menduduki nomer 4 di Australia. Debut album mereka, Ultra yang dirilis di bulan Februari 1999 berhasil memasuki UK Top 40 dan menempati posisi 37. Ultra banyak tampil live dan juga beberapa kali tampil menjadi band pendukung penyanyi lain termasuk Boyzone di tahun 1997, kemudian Louise Nurding (eks member Eternal) dan juga boys band 911.

PhotobucketSayang sekali dibalik kesuksesan mereka selalu saja ada masalah yang membuat sebuah band memutuskan untuk bubar dan Ultra adalah salah satunya. Selain berhasil menjual lebih dari jutaan copy rekaman di seluruh dunia, mereka kehilangan kontrak sebelum rekaman album ke 2 karena perusahaan rekaman mereka mengalami kesulitan keuangan. Mereka mendapat tawaran dari beberapa perusahaan rekaman lain setelah meninggalkan Warner tetapi tidak ada yang menjanjikan. Ultra split up di tahun 2001 setelah James Hearn merasa kecewa dengan bisnis di dunia musik dan memutuskan untuk meninggalkannya. Anggota yang lain membentuk group baru dengan vokalis sementara yang berganti-ganti, antara lain Ryan Molloy, Alistair Griffin dan James Fox. Di tahun 2002 beberapa member Ultra menulis lagu untuk merayakan World Cup yang berjudul Football Crazy. Lagu ini masuk dalam salah satu album kompilasi tentang sepakbola dimana mereka memakai nama Rider bersama dengan Terry Venables. Jon O Mahony, Michael Harwood dan Nick Keynes mendirikan perusahaan music production yang bernama Goldust yang juga menulis musik untuk film, antara lain adalah film the Magic Roundabout. James Hearn meninggalkan karir musik untuk bekerja di bidang properti di Slough tetapi di tahun 2004 dia kembali melanjutkan studinya selain tetap menulis dan memproduksi lagu untuk artis lain.

Di tahun 2005 ke 4 member original Ultra reuni dan rekaman untuk album ke 2 mereka yang diberi judul the Sun Shines Brighter. Produser untuk album ini masih tetap sama yaitu Ian Stanley, yang juga memproduseri album pertama mereka, kemudian Claudio Guidetti (yang pernah memproduseri album Laura Pausini dan Eros Ramazzotti) dan juga Ash Howes (yang memproduseri Texas dan Blue). Album ini dirilis pada tanggal 2 Oktober 2006 dibawah label Goldust.

Discography
As Ultra
Ultra (Feb 1999)
The Sun Shines Brighter (Oct 2006)

As Rider (with Terry Venables)
England Crazy (2002)

(Lendy / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply