Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Bellefire
Time Tunnel

Time Tunnel: Bellefire 

PhotobucketBellefire berasal dari Irlandia dengan formasi awal yang terdiri dari Kelly Kilfeather, Tara Lee, Paula O Neill dan dua bersaudara : Cathy dan Ciara Newell tapi entah kenapa dalam album pertama mereka yaitu After the Rain, Paula sudah tidak lagi termasuk dalam group tersebut dan hanya menyisakan 4 member. Mereka pertamakali terbentuk tahun 1999 melalui sebuah audisi untuk boy-girl band dimana Louis Walsh juga menjadi salah satu jurinya. Segera setelah mereka terbentuk, mereka rekaman album pertama mereka yang berjudul After the Rain dan dari album ini dirilis tiga singles yaitu Perfect Bliss yang berahsil menempati chart #2 di Irlandia, Buzzstyle (Find My Way) dan All I Want Is You yang merupakan cover version milik U2, berhasil masuk dalam top 20 hits di UK dan juga menempati #3 di Irlandia tetapi ketika album tersebut akan dirilis, label rekaman mereka yaitu Virgin secara tiba-tiba mengeluarkan mereka sehingga album tersebut tidak pernah dirilis kecuali di Jepang. Hal ini menyebabkan salah satu personil mereka yaitu Tara Lee memutuskan untuk keluar dan meneruskan sekolahnya di bidang fashion sementara 3 member yang lain tetap melanjutkan karir mereka dalam Bellefire dan di tahun 2003 mereka bergabung dengan WEA dan pindah ke London, melanjutkan rekaman album ke 2 mereka yang diberi judul Spin the Wheel.

PhotobucketSingle pertama mereka dengan hanya beranggotakan 3 orang adalah Say Something Anyway yang berhasil menempati posisi #5 di Irlandia dan #26 di UK. Single kedua yang rencananya akan dirilis pada bulan Juni 2004 adalah You Were Meant For Me yang merupakan cover version milik Jewel tetapi dibatalkan dan Bellefire tetap melanjutkan promosi single dan album mereka di UK dalam berbagai acara dan event tetapi karena single dan album mereka tidak segera mendapatkan jadwal rilis dan terus ditunda, promosi mereka pun tidak terlalu sukses untuk meningkatkan reputasi mereka. Setelah single Spin the Wheel yang dirilis di UK pada bulan Oktober 2004 juga gagal, sebelum akhirnya dicancel rilisnya termasuk albumnya, akhirnya mereka melanjutkan tour Southeast Asia dan kembali ke Irlandia. Album Spin the Wheel pertama kali dirilis di Asia sekitar bulan Juli 2004 dan sayangnya kurang sukses di negara lain, sehingga mereka lebih banyak melakukan tour ke Asia untuk mempromosikan album ini antara lain ke Hongkong, Malaysia, Philipina dan juga Indonesia. Setelah kegagalan Spin the Wheel, Bellefire dan Atlantic Records berpisah sebelum kemudian membubarkan diri.

Sangat disayangkan sebenarnya karena menurut saya pribadi Bellefire bagus harmoninya, sedikit mengingatkan saya dengan Wilson Phillips tetapi mungkin nasib baik kurang berpihak pada mereka. Bellefire juga banyak meng-cover version kan beberapa lagu terkenal dalam album kedua mereka, selain You Were Meant For Me, antara lain What Hurts the Most sebuah lagu country oleh Mark Wills dan pernah juga dinyanyikan oleh Jo O Meara, ex personil S Club 7. Kemudian Can’t Cry Hard Enough yang aslinya dinyanyikan oleh the William Brothers, I’ll Never Get Over You (Getting Over Me) milik trio freestyle Expose dan Need to be Next to You milik Leigh Nash, lead vocalist Sixpence None the Richer. Semua lagu2 tersebut menjadi terdengar lain dengan sentuhan harmoni mereka sehingga bisa dibilang album ke 2 ini jauh lebih menarik untuk didengarkan tetapi entah mengapa kurang sukses selain di pasar Asia.

Selanjutnya mari kita lihat sejenak kesibukan masing2 personil Bellefire setelah mereka membubarkan diri : Ciara pernah menjadi backing vocalist untuk solo album Lee Ryan, ex Blue, di tahun 2005 dan sekarang dia bekerja untuk sebuah perusahaan rekaman di London di bagian promosi dan masih aktif sebagai penulis lagu. Selain itu dia juga ambil bagian dalam sebuah stasiun televisi berbahasa Irlandia TG4 dimana dia juga bekerja sebagai juri di seri ke 4 acara talent show Glas Vegas yang ditayangkan di awal tahun 2010. Cathy menjadi juri di sebuah acara televisi Irlandia berjudul Star Stream Final di tahun 2005 dan saat ini menetap di London. Tara masih melanjutkan pekerjaannya dalam bidang fashion sedangkan Kelly terakhir diberitakan bekerjasama dengan Little Tardis Studios untuk solo materialnya.

Official Website Bellefire

(Lendy / CreativeDisc Contributors)

Discography
2001 : After the Rain
2004 : Spin the Wheel

Related posts

Leave a Reply