Quantcast

Concert Review: Janet Jackson Up Close & Personel Live in Jakarta

By - 8 years ago in Concerts Review

Image and video hosting by TinyPicRabu, 9 Februari lalu akhirnya publik Indonesia dapat menyaksikan pergelaran konser dari salah seorang diva, Janet Jackson. Dengan memboyong perlengkapan panggung lebih dari 10 ton, ia tampil lebih sederhana. Dibandingkan dengan pergelaran konser pada masa keemasannya, memang konser di Jakarta kali ini Janet tampil sangat sederhana. Tak ada panggung hidrolik juga tanpa kembang api. Sedikit terlalu biasa untuk seorang artis sekelas Janet yang sudah terkenal dengan aksi panggungnya. Untungnya semua itu diimbangi dengan multimedia dan tata cahaya yang cukup menarik.

Dihadiri oleh sekitar 4000 penggemarnya, Janet mengawali konser dengan 3 lagu bertempo cepat Pleasure Principle, What Have You Done For Me Lately, dan Feedback, hingga mampu mengangkat suasana. Didukung dengan koregrafi yang eksplosif dan 15 penari Janet tampil bergaya rambut semi bob skinhead dengan catsuit metalik ketat melekat seakan kulit menyatu dengan tubuhnya. Meski telah memasuki usia kepala 4, Janet mampu menunjukkan staminanya dalam membawakan lagu dan bergoyang. Tapi tentu saja tak seenerjik pada masa keemasannya dua dekade lampau.

Image and video hosting by TinyPicKonser Janet kali ini terbagi atas 4 babak. Janet mampu mengatur irama konser dengan susunan lagu yang terkonsep hingga konser terasa dinamis dalam memainkan emosi penonton. Setelah lagu-lagu bertempo cepat, Janet membawa penonton sedikit bersantai dengan tampil melantunkan lagu bertempo lambat seperti ‘Come Back To Me‘ dan ‘Let’s Take A While‘ serta kostum gaun berpunggung terbuka rona ungu. Tak kurang dari 10 menit dibutuhkan Janet untuk berganti kostum. Selama durasi itu penonton disuguhi video montage fragmen kehidupan Janet sejak masa kanak-kanak hingga dewasa. Meski sempat menjanjikan konser yang intim sebelumnya dalam rilis media sesuai dengan tajuk Up close and Personal, sayangnya Janet sendiri tampil kurang komunikatif dengan penggemarnya.

Setelah babak lagu-lagu bertema lambat, Janet mulai kembali mengangkat mood dengan lagu-lagu riang bertempo sedang seperti ‘Love Will Never Do (Without You)‘ dan ‘All for You‘ dengan kostum bergaya rocker. Begitu banyak tembang hit yang dilantunkan Janet yang membangkitkan kenangan sebagian besar penonton yang tumbuh besar di era 80-90an hingga mereka pun turut bernyanyi mengiringinya malam itu. Memang menurut promotor konser Janet akhirnya bersedia tampil di Jakarta setelah menyaksikan begitu banyaknya permintaan dari para penggemarnya di Indonesia untuk konser di sini.

Janet kembali menghentak, mengangkat mood untuk bergoyang pada babak penutup dengan kostum yang lebih maskulin. Ia mengajak penonton untuk mendobrak sekat-sekat pemisah dan memprotes ketidakadilan sosial dengan lagu ‘Rhythm Nation‘. Sepanjang konser tak kurang 35 lagu diantarkan Janet malam itu. Sebagai tembang penutup malam itu Janet melantunkan ‘Together Again‘.

(Timmy / CreativeDisc Contributors)

CD Collector | Music freaks

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News Top 10 Lists | July 16, 2019 By

Inilah 20 Penyanyi Terkenal yang Tidak Pernah Meraih Peringkat Pertama di UK Singles Chart

Music News | June 22, 2019 By

Universal Music Mendapat Gugatan Hukum Dari Perwakilan Musisi Yang Masternya Musnah Terbakar

Artist Interviews | June 12, 2019 By

Exclusive Interview with Jeremy Zucker: Sensasi Soundcloud Yang Wujudkan Impian Bermusiknya