Quantcast

Behind The Music: Deekay

By - 8 years ago in Behind The Music

Deekay adalah namanya, mereka adalah tim produksi musik bergenre pop, soul, hip-hop, R&B, dan juga rock yang berasal dari Denmark. Nama Deekay adalah ejaan untuk singkatan negara mereka berasan, “DK”. Tim ini terdiri dari 5 nama, sang penggagas Lars Halvor Jensen dan Martin Michael Larsson, Tim McEwan, dan Dicky Daniel Klein, dan Johannes Jorgensen. Mereka punya studio untuk di Copenhagen, Denmark dimana semua keajaiban musik mereka tercipta disana. Tapi, Deekay ini enggak sedari awal beranggotakan 5 orang lho. Karena penambahan tersebut terjadi secara bertahap.

Diawali di tahun 1998, saat Jensen dan Larsson memulai untuk menulis lagu bersama dan menamakan duo mereka ini Deekay. Hasil musik mereka dikirim ke artis-artis kayak Jennifer Paige, Mis-Teeq, Blue dan masih banyak lagi. Kemudian di tahun 2003, mereka menyambut Klein dan Jorgensen ke dalam tim, yang sebelumnya udah memulai duo mereka, Obi & Josh. Penambahan terakhir adalah McEwan di tahun 2007. Dan semenjak saat itu, Deekay berisi 5 orang.

Deekay telah berkontribusi untuk lusinan artis, dari berbagai genre dan berbagai negara. Ada Orianthi, Charice, Diddy-Dirty Money, JLS, Sugababes, Joe McElderry, Lemar, Method Man, dan masih banyak lagi. Kalau kamu ingat lagu ‘Dance Like There’s No Tomorrow’ milik Paula Abdul dan Randy Jackson, Deekay ini punya andil dalam penulisan lagu, memproduserinya, juga mixing. Keren kan?! Girlband asal Korea Girls Generation pun sempat bekerjasama dengan mereka. Jennifer Lopez, Allison Iraheta, Ashley Tisdale, Missy Elliott, Samantha Mumba adalah nama-nama lain dalam daftar panjang sukses Deekay sebagai tim. Kalau dihitung-hitung, total hasil penjualan single dan album yang melibatkan nama Deekay di dalamnya bisa mencapai angka lebih dari 20 juta kopi di seluruh dunia. Keren kan?!

Nama mereka yang mengantar sukses untuk artis-artis dari Inggris, Amerika, dan Asia ternyata enggak membuat mereka kehilangan taji di kandang sendiri. Karena di Denmark sendiri, mereka meraih sukses melalui boyband US5, dimana album boyband ini mendapat sertifikasi Platinum disana. Lagu mereka ‘Believe Again’ ikut serta dalam ajang Eurovision sebagai perwakilan dari Denmark. Dan lagu ini kemudian dinyanyikan ulang oleh Orianthi untuk debut albumnya “Believe” dan Ronan Keating bersama Paulini untuk album duet Ronan. Super mantap memang tim produksi ini, karena mereka enggak hanya bisa meraup sukses dari berbagai jenis musik, tapi juga dari berbagai penjuru dunia.

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

Love Film. Love Books. Love Music. And Everything in Between.

Comments

2 Responses to “Behind The Music: Deekay”

  1. ibas says:

    ryan tedder dunk behind the musicnya sekali2….T.T

  2. welly says:

    @ibas: justru ini mengenalkan produser yang lain2 masa tahunya cuman Ryan Tedder aja.. hehe

Leave a Reply

Related Articles

Music News | July 18, 2019 By

Jennifer Lopez, Cardi B & Lizzo Adalah Penari Stripper Dalam Trailer Perdana “Hustlers”

Music News | July 15, 2019 By

Konser Jennifer Lopez di New York Batal Akibat Pemadaman Listrik

Music News | June 11, 2019 By

Jennifer Lopez Luncurkan Tur Ulang Tahun Dengan Berduet Bersama Sang Putri