Trending News

Blog Post

Behind The Music: Taio Cruz + Jessie J
Behind The Music

Behind The Music: Taio Cruz + Jessie J 

Kalau sudah membaca pengalaman Jessie J dalam usahanya menjadi artis rekaman disini, sudah tau lah bahwa dirinya pernah dikontrak sama perusahaan rekaman yang kemudian bangkrut bahkan sebelum Jessie sempat rekaman, juga pengalamannya bergabung dalam sebuah girlband. Tapi tidak itu saja, karena Jessie J juga menempuh jalan sebagai penulis lagu buat artis lain sebelum namanya hadir sebagai seorang artis rekaman. Taio Cruz pun kurang lebih demikian. Pijakan kaki pertamanya adalah dengan menulis lagu untuk artis lain. Masing-masing mendapat apresiasi luar biasa atas lagu ciptaan mereka. ‘Party In The USA’ (co-written by Jessie J) menjadi salah satu lagu tersukses dari Miley Cyrus, dan ‘You Game (co-written oleh Taio Cruz) dinobatkan sebagai British Single oleh Brit Awards di tahun 2004.

Semenjak itu, lagu Jessie J pun semakin banyak dinyanyikan oleh para artis. Ada 2 lagu oleh Jessie di album Lisa Lois “Smoke”; ‘Owe It All To You’ dan ‘Move’, berikut sebuah lagu dari album “Graffiti” milik Chris Brown; ‘I Need This’. Di saat bersamaan Jessie juga mempersiapkan debut albumnya yang rilis setahun lalu. “Who You Are” berisi lagu-lagu yang Jessie persiapkan selama 6 tahun, dimana dalam rentang waktu ini disebutnya sebagai persiapan seumur hidup untuk debut yang benar-benar diidamkannya.

Sedikit lebih beruntung dari Jessie, Taio enggak begitu lama mendapat kesempatan menjadi artis rekaman. Dirinya menyanyikan sendiri lagu-lagu yang ia tulis dan keluarlah album “Departure” di tahun 2008. Tak hanya menulis lagu-lagu dalam album tersebut, peran sebagai arranger dan produser pun dilakoninya. Ini berlanjut hingga album keduanya “Rokstarr”, sekaligus mulai berkolaborasi dengan penulis lagu dan produser lain untuk mengerjakan albumnya. Dirinya juga masih mempertahankan penulisan lagu untuk artis lain lho walaupun lagu-lagunya sudah dinyanyikan sendiri. Lagu berjudul ‘Stand Up’ dari solo debut album Cheryl Cole “3 Words”, ‘Keep You’ dari self-titled debut album JLS, dan ‘Made’ dari self-titled debut album The Wanted. Beberapa lagu yang dirinya tulis dan nyanyikan awalnya ditujukan untuk artis lain. Seperti ‘Break Your Heart’ yang dirinya inginkan untuk dinyanyikan oleh Cheryl Cole. Bahkan ‘Hungover’, single andalan dari album terbarunya “TY.O” juga ditulisnya untuk artis lain.

Tahun lalu, lagu Jessie J yang berjudul ‘V.I.P’ ditampilkan oleh Koda Kumi, berikut ‘Repeat’ yang dihadirkan untuk album “Nothing But The Beat” milik David Guetta”. Taio pun tak ketinggalan. Single ‘I’m Into You’ dari Jennifer Lopez dan Lil Wayne ikut ditulis oleh Taio, berikut menulis lagu dan tampil di single tersebut; ‘Take Me Back’ Tinchy Stryder dan ‘Shine A Light’ McFly, tak ketinggalan ‘Little Bad Girl’ bersama David Guetta dan Ludacris. Tak hanya satu, untuk Guetta, dirinya juga ikutan dalam menulis lagu ‘Without You’ yang dinyanyikan oleh Usher. Impressive, huh?! Jessie J dan Taio Cruz merupakan multi talented artists yang dengan bangga hati tampil di spotlight CreativeDisc Januari ini.

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply