Trending News

Blog Post

Album of The Day: Various Artists – Batman: Arkham City – The Album
Album of The Day

Album of The Day: Various Artists – Batman: Arkham City – The Album 

Released by: Warner Music Indonesia

Batman Arkham City adalah game Batman terbaru untuk platforms PlayStation 3,Xbox 360,Wii U dan Windows. Game ini merupakan salah satu game yang paling dinantikan pada tahun 2011 ini karena grafik, gameplay serta storyline yang ditampilkan game ini bisa dikatakan hampir mendekati sempurna bahkan game ini mendapat rating 10/10 dari beberapa game reviewers. Tidak sampai disitu, proses penggarapan soundtrack untuk game inipun dilakukan dengan serius dan berhasil mengumpulkan nama-nama besar dalam industri musik rock dari mulai Panic! At The Disco, Coheed & Cambria, Daughtry hingga The Damned Things.

Melihat lebih jauh ke dalam album berisi 11 lagu ini, soundtrack Batman Arkham City ini menampilkan 11 lagu baru dari 11 artist berbeda dan tentunya ini adalah sebuah hal yang sangat luar biasa untuk ukuran soundtrack sebuah game. Semua lagu ini dibuat berdasarkan storyline dari game Batman ini sehingga penempatannya dalam game inipun tidak terkesan dipaksakan melainkan berhasil membangun suasana game ini menjadi lebih baik.

Dibuka oleh sebuah lagu baru dari Panic! At The Disco yang berjudul Mercenary. Lagu ini dibuka oleh petikan gitar acoustic serta imbuhan bebunyian sound keyboard. Ketika lagu memasuki verse, distorsi gitar serta dentuman drum dalam tempo medium menjadi sajian utama. Selanjutya ada Deranged dari Coheed & Cambria. Sejak lagu ini dimulai kita bisa mendengar suara khas Claudio Sanchez yang terdengar lirih. Sepanjang verse variasi fill-in drum mendominasi dan ketika lagu memasuki verse baru kita bisa mendengar instrumen lainnya. Lagu ini sendiri bercerita mengenai hubungan Batman dengan musuhnya Joker. Album ini cukup memiliki genre yang berbeda-beda walaupun masih dalam ruang lingkup rock. Kita bisa mendengar sound garage rock dalam lagu Shadow On The Run dari Black Rebel Motorcycle Club, synthpop dalam lagu After Dark dari Blaqk Audio serta heavy metal dalam lagu Trophy Widow dari The Damned Things.

Band yang sebentar lagi akan mengeluarkan album terbarunya yaitu Daughtry juga turut menyumbangkan satu lagunya dalam album ini yang berjudul Drown In You. Seperti kebanyakan lagu-lagu Daughtry lainnya, lagu ini masih menampilkan vocal Daughtry yang powerful pada bagian chorus dan bagian bridge diisi oleh solo gitar dari Josh Steely. Band yang sudah cukup dikenal dalam kalangan indie yaitu The Boxer Rebellion menampilkan lagu berjudul Losing You. Kita disambut oleh dentuman drum serta erangan gitar electric pada bagian intro dan melodi gitar mendominasi bagian verse. Salah satu lagu terbaik dalam album ini. Track terakhir ada sebuah lagu berjudul Total Paranoia yang dinyanyikan oleh vokalis dari band progressive rock System of a Down, Serj Tankian. Lagu ini menampilkan kualitas vocal dari Serj yang bernyanyi hanya diiringi oleh petikan gitar electric dari awal hingga akhir lagu.

Secara keseluruhan, album ini berhasil merepresentasikan game Batman Arkham City dengan sangat baik dan bagi anda yang sudah memainkan game ini pastinya sadar bahwa lagu-lagu dalam album ini ditempatkan pada scene yang sangat pas dan tidak terkesan hanya sekedar hiasan saja. Dengan bermodalkan 11 lagu baru yang sangat berkualitas rasanya tidak ada alasan untuk melewatkan album ini walaupun kalian mungkin tidak memainkan gamenya.

Rate this album: [ratings]

(William Supardi / CreativeDisc Contributor)
TRACKLIST
1. Panic! At The Disco – Mercenary 2:41
2. Coheed & Cambria – Deranged 4:26
3. The Duke Spirit – Creature 2:32
4. Black Rebel Motorcycle Club – Shadow On The Run 4:48
5. Blaqk Audio – Afterdark 4:26
6. The Raveonettes – Oh, Stranger 3:19
7. Crosses – The Years 4:01
8. The Damned Things – Trophy Widow 3:45
9. Daughtry – Drown In You 4:22
10. The Boxer Rebellion – Losing You 3:34
11. Serj Tankian – Total Paranoia 2:56

Related posts

Leave a Reply