fbpx

Trending News

Blog Post

Exclusive Interview With Marie Digby
Artist Interviews

Exclusive Interview With Marie Digby 

Image and video hosting by TinyPic

Hai Marie, apa kabar?
v Hai, saya baik-baik saja. Gimana dengan kamu?

Saya juga baik-baik saja. Saya Rendy dari CreativeDisc.com. Apa kamu lagi di Filipina sekarang?
v Tidak, saya sedang berada di Los Angeles , California .

Baiklah.. Kamu sangat terkenal di Asia, terutama Filipina. Apa rasanya bisa terkenal disini, apakah kamu terkejut?
v Tentu saya sangat terkejut sekali, namun sangat bersyukur. Karena saat pertama kali saya bermusik, dan mem-posting video saya di youtube, tidak pernah terlintas di pikiran saya bahwa suatu hari nanti saya akan mempunyai fans di Asia, Eropa, ataupun Amerika. Saya tidak pernah memikirkannya sama sekali. Namun, sejak video-video saya semakin banyak ditonton dan populer, saya mulai berpikir siapa yang menontonnya? Lalu saya mencoba melihat grafik ”view” yang ada, dan kebanyakan penontonnya adalah dari benua Asia, terutama Asia Tenggara. Saya jadi bingung dan gak ngerti kenapa seperti ini, tapi akhirnya saya tidak mempedulikannya namun mensyukurinya, dan merasa senang bisa punya fans di daerah itu.

Kita kembali ke video ’Umbrella’ yang pertama kali membuat dirimu terkenal. Apa pernah terpikir bahwa di masa depan kamu akan menjadi sukses seperti sekarang ini?

v Apa saya pernah berpikir menjadi sukses? Tidak. Saat pertama kali saya nge-post video di Youtube, saya memang berpikir bahwa seseorang di luar sana akan melihat video saya dan merasa tertarik menontonnya. Tapi sejujurnya, saya tidak pernah menyangka bahwa ”view”-nya bisa sampai jutaan. Menurut saya, suara saya biasa-biasa saja, tidak spektakuler, tapi saya merasa bahwa musik yang saya mainkan memiliki ikatan emosi yang kuat dan dalam, mungkin itu yang dilihat oleh orang-orang. Dan video ’Umbrella’ tersebut, saya masih menontonnya sampai saat ini, dan saya tetap berpikir, apa yang sangat spesial dari video ini? Saya rasa alasan mereka melihatnya adalah: a. karena lagu tersebut adalah lagu yang terkenal, dan b. karena saya membuat versi yang berbeda dan dianggap menarik.

Dan apakah penyanyi aslinya, Rihanna, tahu tentang cover yang kamu lakukan? Atau mungkin pernah bertemu langsung denganmu?

v Saya belum pernah bertemu Rihanna secara langsung. Tapi saya rasa dia setuju-setuju saja dengan cover yang saya lakukan, karena tidak ada larangan dari pihaknya untuk saya merilis lagu tersebut. Dan sebenarnya, penulis lagu tersebut mengatakan bahwa versi yang saya nyanyikan adalah versi terfavorit dari yang pernah mereka dengar sebelumnya, dan saya sangat bangga dengan hal itu.

Selamat untukmu! Album terbaru kamu berjudul ”Your Love”. Bisa ceritakan dibalik album tersebut, dan apa yang membuat album tersebut berbeda dari sebelumnya?

v “Your Love” bisa dikatakan sebagai sebuah koleksi lagu-lagu cinta yang manis, ceria, dan positif, dan alasan saya untuk membuat album ini adalah karena pada tahun 2010 merupakan tahun terberat untuk saya. Saya kehilangan banyak sekali orang yang dekat dengan saya karena penyakit, banyak tragedi, dan merupakan masa suram untuk saya. Jadi, album yang ingin saya buat waktu itu berisikan koleksi lagu-lagu yang bisa membuat saya merasa lebih baik.

Jadi sebenarnya cerita sedih yang ada dibalik pembuatan album tersebut?

v Ya, saya ingin mengesampingkan semua hal yang membuat saya merasa sedih, tertekan, dan susah saat itu, dan berfokus pada hal-hal yang bisa membuat saya senang.

Dan album tersebut dibuat di Filipina?

v Benar, album tersebut direkam dan dibuat di Filipina. Bahkan beberapa lagu yang ada di dalamnya diciptakan disana.

Ya, dan kamu juga berkolaborasi dengan Sam Milby, salah satu penyanyi Filipina, dalam album tersebut.
Kenapa Filipina? Apa yang membuat kamu jatuh cinta dengan negara tersebut?

v Filipina bagi saya, bahkan sebelum saya datang kesana, sudah mendapat tempat di hati saya, karena Filipina adalah negara yang paling banyak menonton video saya. Dan saya memiliki rasa terimakasih yang paling besar untuk mereka, karena tanpa dukungan mereka, saya tidak akan berkesempatan merilis album dimana saja, termasuk di Amerika sendiri. Jadi saya sangat ingin datang kesana dan bertemu para fans, dan berterimakasih atas kesempatan ini. Dan kalau tidak salah, sekitar tahun 2010, saya pernah datang dan tinggal selama satu minggu, namun saya langsung merasakan kehangatan dan kenyamanan disana. Dan saya merasa cocok dengan negara itu. Jadi buat saya Filipina seperti rumah ketiga untuk saya.

Kamu harus coba datang ke Indonesia juga..

v Saya sudah memikirkan untuk ke Indonesia . Dan Indonesia menjadi salah satu pilihan utama dalam daftar negara di seluruh dunia yang ingin saya kunjungi. Adik saya berkunjung ke Indonesia tahun lalu, dan saat ia sedang berada di taksi mau ke airport, lagu saya diputar di radio, dan itu sangat membanggakan.

Kamu harus mempertimbangkan Indonesia untuk jadwal kamu berikutnya.

v Kamu tahu, jika ada seseorang mengundang saya kesana hari ini, saya akan langsung berangkat besok!
Saya harap ada yang langsung mengundangmu sekarang.

Ok, kamu adalah seorang penyanyi, juga penulis lagu. Menurutmu, penulis lagu seperti apa sih seorang Marie Digby?

v Saya lebih senang menuangkan pengalaman pribadi dalam lagu-lagu saya. Hal-hal yang menyangkut perasaan emosional, yang merupakan sifat dasar yang paling manusiawi. Mencintai dan dicintai. Tapi intinya adalah, bagaimana mengungkapkan siapa saya sebenarnya, mencoba menantang diri saya sendiri untuk bisa menjadi lebih baik. Juga banyak lagi hal-hal yang menjadi inspirasi saya dalam menulis lagu. Dan juga saya mencoba untuk mengubah dunia dengan karya saya, dengan memberikan yang terbaik untuk dunia ini. Dan saya rasa itulah yang membuat saya berbeda dari artis lainnya.

Berbicara tentang cinta, hari Valentine baru saja lewat. Apa yang kamu lakukan di hari kasih sayang tersebut?

v Saya dan teman-teman jalan-jalan ke satu daerah, kami menikmati pemandangan disana, makan di rumah makan yang lezat, ke tempat pemandian air panas. Pokoknya berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.

Di tahun 2010, kamu merilis film seri pendek di internet dengan judul ’Breathing Underwater’. Bisa ceritakan tentang proyek tersebut, dan siapa yang punya ide tersebut?

v Untuk saya, proyek tersebut adalah sebuah eksperimen; dibandingkan membuat sebuah video klip untuk satu lagu saja, saya ingin membuat sebuah film yang bisa memuat beberapa lagu dari album saya ‘Breathing Underwater’, di dalamnya. Film tersebut kurang lebih menggambarkan isi album tersebut.

Kamu juga turut membintangi film tersebut?

v Ya, dan itu adalah akting pertama saya. So, it was very challenging..

Apa film tersebut masih bisa ditonton saat ini?

v Saya gak yakin kalau film itu masih ada di VEVO, mungkin mereka sudah menghapusnya.

Baiklah.. Pertanyaan terakhir, apa kamu punya proyek terbaru yang sedang dipersiapkan?

v Tentu, saya sudah mulai mengerjakan album terbaru saya. Banyak inspirasi yang saya dapatkan untuk album ini. Untuk saya, inspirasi terus datang dan pergi, jadi saya langsung menerjemahkan inspirasi tersebut ke dalam lagu-lagu yang saat ini sudah banyak sekali tercipta, jadi saya tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk membuat album ini.

Kapan rencananya album tersebut dirilis?

v Saya gak yakin, tapi inginnya sih dirilis musim panas nanti.

Ok, kami tidak sabar menunggu albumnya..

v Terima kasih..

Ada yang ingin dikatakan untuk fans di Indonesia?

v Saya tidak sabar memberitahu kalian kalau saya sangat menunggu sekali kesempatan untuk datang kesana. Saya harap tahun ini bisa terlaksana. Saya ingin sekali konser disana, dimanapun di seluruh Indonesia. Dan saya ingin berterimakasih untuk semua yang sudah mendengarkan musik saya, sangat mengejutkan. Dan kalau tidak salah, awal tahun ini, ada seseorang yang bilang kalau lagu saya ”Your Love” jadi #1 di salah satu chart disana. That blows my mind, dan membuat saya berpikir bahwa saya harus datang kesana secepatnya. I’m crossing my fingers and hoping I have the chance to go out there and meet my Indonesian fans..

Ya, Indonesia cinta kamu, jadi kamu harus datang mengunjungi kami secepat mungkin..

v Iya, saya juga gak sabar..

Senang sekali bisa berbincang denganmu. Terima kasih, Marie..
v Ya, terima kasih juga.. Take care..

Special Thank untuk Universal Music Indonesia untuk kesempatan interview ini.
Interview by @RendyNdoo
Mixing by @Cung2

Twitter @MarieDigby
Official Website Marie Digby

Listen the Interview here:

Related posts

Leave a Reply