Trending News

Blog Post

Album of The Day: Garbage – Not Your Kind of People (Deluxe Edition)
Album of The Day

Album of The Day: Garbage – Not Your Kind of People (Deluxe Edition) 

Released by: Universal Music Indonesia

Garbage terbentuk kurang lebih delapan belas tahun yang lalu. Bukan waktu yang singkat dan rasa-rasanya kita sudah bisa menyematkan mereka sebagai band veteran. Dengan kesuksesan album-album awal mereka, Garbage (1995) dan Version 2.0 (1998), Garbage jelas menjadi salah satu band yang sangat diperhitungkan waktu itu. Tentu saja terjadi pasang surut dalam perjalanan karir mereka. Namun, meski tidak konsisten dalam mengeluarkan album, namun band ini tetap memiliki fans yang dengan setia menantikan album terbaru mereka. Dan kita boleh bergembira, karena album terbaru mereka, Not Your Kind of People sudah dapat disimak.

Meski ini (baru) merupakan album kelima Garbage, namun dengan jarak tujuh tahun dari album sebelumnya, agaknya akan menimbulkan sedikit rasa cemas, apakah Garbage masih akan sesakti dahulu. Apalagi Shirley Manson, sang vokalis telah menginjak usia 45 tahun, yang bisa disebut sebagai sepuh. Belum lagi Duke Erikson, motor dari band ini, ternyata telah berusia 61. Bisakah mereka tampil segarang sebelumnya.

Syukurlah Not Your Kind of People mampu melepanyapkan semua kebimbangan tersebut. Dibuka dengan Automatic Systematic Habit, aura rock segera masuk ke pendengaran kita. Sontak kenangan kita akan segera terbawa ke dekade 90-an karena track ini memang mengingatkan banyak lagu-lagu Garbage di era tersebut, rock yang dibalut oleh synth yang berbau techno-industrial. Setelah mendengarkan album ini secara keseluruhan, Garbage tampaknya memang mencoba kembali ke dekade awal mereka berkarir, terutama era Version 2.0.

Memang, kita seolah merasa dejavu, namun Butch Vig, Duke Erikson, Steve Marker dan Shirley Manson jelas masih mampu untuk memproduksi lagu-lagu yang well-crafted, ditulis dengan baik sehingga lagu-lagu yang terdapat di album ini memiliki kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan. Tidak hanya itu, semua lagu di album ini enak didengar dan, percaya atau tidak, easy listening. Jadi jangan membayangkan lagu-lagu rock yang berat dan ruwet. Semangat pop yang besar masih menyelimuti album ini namun tanpa perlu terdengar terlalu cheesy.

Blood for Poppies merupakan single pertama yang diperkenalkan Garbage untuk Not Your Kind of People. Infusi rock alternatif yang kental dengan imbuhan elektronika yang garang menjadi kekuatan utama lagu ini. Vokal Shirley Manson memang terdengar agak berbeda….lebih matang, namun rekan band-nya yang bertugas menyusun musiknya tampaknya masih sangat memahami musik mereka, sehingga tidak heran jika single ini akan memuaskan kerinduan para penggemar Garbage.

Lagu yang juga menjadi judul album, Not Your Kind of People, terdengar seperti versi mellow dari The World is Not Enough, namun sama sekali tidak berarti jelek. Meski vokal Manson harus mendapat gimmick semacam auto-tunes, namun melankoli yang ada di dalamnya tetap tersampaikan dengan baik. Sementara itu, aransemen yang lebih organik, nyaris minus imbuhan elektronika, dapat ditemui dalam Felt yang hadir dengan semangat rock-alternative yang garang namun tetap terdengar melodius.

Melodius memang menjadi ciri khas Garbage, segahar apa pun musik yang mereka bawakan. Maka jangan heran jika Not Your Kind of People, seperti disebutkan diatas, sangat mudah untuk dicerna dan easy listening. Contoh rock-rock gahar namun catchy lain dapat ditemukan dalam Man On Wire atau Battle in Me yang benar-benar tampil dengan sangat bergemuruh dan intens. I Hate Love agak sedikit mengingatkan Special dari Version 2.0. But it’s okay.

Namun, rasa-rasanya highlight di album ini justru terdapat di dalam lagu-lagu yang bertempo lebih sedang hingga low. Sebutlah Sugar yang mengawang atau Beloved Freak yang bertutur lembut dan menyentuh. Ada sesuatu yang magis saat mendengarkan Manson bernyanyi dengan penuh perasaan dan piano lembut yang menemaninya. Padahal instrumen yang cukup lengkap tetap menjadi pengiring, namun tetap saja lagu berhasil menghembuskan kesan getir dan rapuh yang menjadi temanya.

Untuk edisi deluxe, ada bonus empat buah lagu, untuk melengkapi portofolio yang dibawakan Garbage untuk Not Your Kind of People. Lagu-lagu ini menjadi penutup sekaligus bonus yang cukup menarik bagi albumnya secara keseluruhan dengan my personal favorite would be What Girls Are Made of. Sangat direkomendasikan untuk memiliki yang versi Deluxe Edition ini.

So, if you’re an avid fans of Garbage, this is definitely a must have album. Kritisi yang mengatakan jika Garbage terjebak di era lampau, tidak berkembang, bermain aman dan kurang imajinatif, hanya akan terjadi jika pendengar album ini tidak begitu paham dan terbiasa dengan Garbage. Bagaimana pun Not Your Kind of People adalah kumpulan lagu dengan ciri khas Garbage yang kuat. Begitulah Garbage. What would you expect? Dan mengingat orang-orang di belakangnya yang telah masuk kategori “senior”, antusiasme bermusik mereka membuat this album is really bad-ass!

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Automatic Systematic Habit” 3:18
2. “Big Bright World” 3:35
3. “Blood for Poppies” 3:38
4. “Control” 4:12
5. “Not Your Kind of People” 4:57
6. “Felt” 3:26
7. “I Hate Love” 3:54
8. “Sugar” 3:59
9. “Battle in Me” 4:14
10. “Man on a Wire” 3:07
11. “Beloved Freak” 4:30
BONUS TRACK
12. “The One” 4:43
13. “What Girls Are Made Of” 3:47
14. “Bright Tonight” 4:02
15. “Show Me” 5:14

Related posts

Leave a Reply