Trending News

Blog Post

July Artist of The Month: Chris Brown
Artist of The Month

July Artist of The Month: Chris Brown 

Image and video hosting by TinyPic

Sosok Michael Jackson adalah sosok legendaris dan fenomenal. Setelah kehadiran dirinya, banyak artis yang mengembangkan karirnya dalam jalur yang telah dibangun oleh sang King Of Pop. Chris Brown adalah salah satu nama tersebut. Terlahir sebagai Christopher Maurice Brown, sedari kecil mempelajari seni tari dan vokal, mengasah kemampuannya dengan bergabung ke dalam paduan suara gereja berikut berkompetisi dalam kontes nyanyi lokal hingga akhirnya mengantarkannya kepada kontrak rekaman bersama label besar yang bernama Jive Records di tahun 2004. Kemudian, perjalanan karir baginya seperti rollercoaster. Kadang di atas, kadang di bawah. Tapi, ia memulainya dengan apresiasi yang luar biasa oleh penikmat musik. Debut single ‘Run It’ menjadi menduduki top chart, dengan debut album “Chris Brown” yang terjual lebih dari 3 juta kopi di seluruh dunia. Dan kalau angka-angka tersebut masih kurang memuaskan, Chris Brown beserta albumnya diunggulkan dalam ajang Grammy Awards untuk Best New Artist dan Best Contemporary R&B Album. Ini sama saja dengan pengakuan keberadaannya sebagai seorang artis yang diperhitungkan dengan karya musik yang juga dipercaya kualitasnya. Popularitas Chris Brown juga hadir berkat single Top 40-nya; ‘Yo (Excuse Me Miss)’, ‘Gimme That’, dan ‘Say Goodbye’.

Ketenaran pria kelahiran 5 Mei 1989 ini semakin menjadi-jadi. Album keduanya “Exclusive” yang dirilis pada tahun 2007. Chris kembali mencetak hit! Lead single ‘Kiss Kiss’ berhasil menjuarai Billboard Hot 100, dan single berikutnya ‘With You’ nangkring di posisi 2. Selain nama Chris Brown yang semakin matang dan semakin diperhitungkan, dirinya juga semakin lancar wara-wiri di televisi dengan tampil di berbagai serial sekaligus mengasah kemampuan aktingnya. One On One, Brandon T Jackson Show, juga The O.C. Enggak tanggung-tanggung, wajah tampannya pun menghias layar lebar di debutnya bareng Ne-Yo dan Meagan Good di film Stomp The Yard. He’s that special! Sampai-sampai MTV sengaja mengganti judul acara mereka My Super Sweet 16 menjadi Chris Brown: My Super 18 untuk edisi khusus buatnya. Album “Exclusive” pun terjual sebanyak lebih dari 5 juta kopi di seluruh dunia, hingga akhirnya album ini dirilis ulang dengan judul “Exclusive: The Forever Edition” yang kembali mecetak hit! Adalah “Forever”, sebuah lagu bergenre electropop dengan paduan house music yang membuat kita terngaga akan sound baru yang dihasilkan oleh pria muda ini. Hobi baru ia mulai, mengoleksi penghargaan musik. Dia sudah mengantongi sebuah moonman dari ajang MTV Video Music Awards, 3 buah penghargaan di American Music Awards dan 4 buah Billboard Music Awards (dimana penghargaan terakhirnya ia peroleh di tahun 2012 ini), juga 7 buah penghargaan dari Teen Choice Awards! It was amazing. Dan di kalangan penampil lain, dirinya juga kerap ditampilkan dalam single-single milik Bow Wow, Lil Mama, David Banner, Ludacris, Nas, T-Pain, Teriyaki Boyz, Ester Dean, Juealz Santana, Twista, T.I., Nelly, Chipmunk, Big Sean, Justin Bieber, dan Keri Hilson. Kolaborasinya dengan Jordin Sparks bahkan diunggulkan di Grammy untuk Best Pop Collaboration. Dan di saat yang sama pula, kejadian yang tak mengenakkan datang darinya. Saat dirinya dan sang kekasih (kala itu), Rihanna, “berkelahi” yang melibatkan kekerasan fisik, yang membuatnya harus berususan dengan kepolisian Los Angeles. Penampilannya di Grammy pada tahun 2009 pun harus dibatalkan. Kejadian ini yang sampai sekarang masih mengikuti kemanapun Chris Brown berjalan. Termasuk saat album ketiganya “Graffiti” dirilis di akhir tahun 2009. Toko musik besar menolak untuk menjual albumnya, hingga akhirnya Chris berang dan mengekspresikan kekesalannya lewat Twitter. Sumpah serapah pun mengalir, hingga akhirnya akun tersebut harus dihapus. Album ketiganya ini dinyatakan tidak sukses, dengan mengantongi review 1 dari 4 bintang. Tidak ada hit tercipta, meskipun ‘I Can Transfrom Ya’ sempat masih ke Top 20 dan ‘Crawl’ dianggap sebagai sebuah ballad yang menjanjikan. Namun di ajang Grammy tahun 2011, album ini diunggulkan di kategori Best Contemporary R&B Album.

Akhirnya Grammy ia peroleh lewat album “F.A.M.E.” yang dirilis pada tahun 2011 lalu. Album ini menyabet gelar Best R&B Album, mengalahkan saingannya yang terdiri dari El DeBarge, Ledisi, Kelly Price, dan R. Kelly. Album ini bertabur kolaborasi produser. Mulai dari Alle Benassi, Afrojack, Brian Kennedy, Bigg D, Benny Benassi, DJ Frank E, Diplo, Free School, H Money, Jroc, Kevin McCall, Mark Pitts, Polow da Don, Ra Charm, Tha Bizness, Team Breezy, The Messengers, The Stereotypes, The Underdogs, Timbaland, Timothy Bloom, Tina Davis, hingga T-Wiz. Sukses mengembalikan Chris kembali ke puncak. ‘Look At Me Now’ tercatat sebagai tambahan untuk koleksi lagu Top 10-nya, dengan ‘Yeah3x’, ‘She Ain’t You’, dan Next 2 You (feat Justin Bieber)’ menjadi koleksi Top 40. Selain itu, “F.A.M.E.” juga tercatat sebagai album nomor 1 pertama Chris di Amerika Serikat. Ini membuktikan bahwa kerja keras dan keteguhan hati, serta dukungan para penggemar mampu membuat artis yang pernah dilabeli “fallen heroes” untuk bangkit dan berjuang demi masa depan yang lebih gemilang.

Besar harapan agar album “Fortune” dapat ditulari kesuksesan serupa “F.A.M.E.”. Album ini terdengar seperti sebuah sekuel, saat kata “Fame” kerap bersanding dengan kata “Fortune”. Sejauh ini sih, hal tersebut seperti akan terwujud. Single andalannya ‘Turn Up the Music’ yang penuh dengan gairah joget sudah menyusup ke Top 10 Billboard Hot 100. Beberapa single setelahnya pun mengitari daftar BB Hot 100; ‘Sweet Love’ dan ‘Don’t Wake Me Up’. Hingga ketika albumnya dirilis dimulai dari akhir Juni lalu, kita sudah siap menerima asyiknya musik baru Chris yang menyemangati hari. Chris memang punya potensi meng-influence yang besar dalam musiknya. Sehingga untuk pendengar enggak butuh waktu lama dalam mencerna kebaikan yang tersaji di dalamnya. Dan ketika kita hendak memutuskan untuk seru-seruan bersama Chris Brown, spotlight disediakan oleh CreativeDisc bersama Sony Music Indonesia selama Juli ini untuk mengencangkan musik dengan volume maksimal dan menyaksikan kedahsyatan sosok Chris Brown dalam tampilan dan juga vokal!

Official Website Chris Brown
Official Twitter @chrisbrown

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Listen to the podcast here:

Related posts

Leave a Reply