Trending News

Blog Post

September Artist of The Month: Keane
Artist of The Month

September Artist of The Month: Keane 

Keane adalah band Inggris asal Sussex yang dibentuk tahun 1997. Sebenarnya di tahun 1993, Tim Rice-Oxley, Dominic Scott, dan Richard Hughes sudah bergabung membentuk band yang dinamakan The Lotus Eater, namun di tahun 1997, Tom Chaplin bergabung dan menggantikan tempat Tim sebagai vokalis. Ketika Tom Chaplin bergabung mereka memutuskan untuk berganti nama menjadi Cherry Keane sebagai apresiasi terhadapnya -yang menjaga Tim dan Tom ketika mereka kecil- yang meninggal karena kanker. Nama Cherry Keane kemudian diperpendek menjadi Keane saja.

Pada tanggal 13 Juli 1998, Keane melakukan debut gig mereka di sebuah lokal pub bernama “Hope and Anchor”. Setelah debut itu, Keane mengadakan gig di pub-pub di London pada tahun 1998-1999. Setahun kemudian, di tahun 2000, Keane merilis single pertama mereka “Call Me What You Like” melalui label mereka sendiri, Zoomorphic. Di Juli 2001, Keane merilis single kedua “Wolf At The Door.” Sebulan setelah itu, gitaris Dominic Scott memutuskan untuk keluar dari Keane dan melanjutkan studinya karena Ia merasa Keane tidak menuju kemana-mana. Padahal di November 2000, Keane diundang oleh James Sanger, seorang musik produser, untuk merekam lagu mereka di Perancis. Saat ini lah lagu-lagu seperti Bedshaped, Sunshine, dan This Is The Last Time direkam. (Oleh karena itu di album Hopes and Fears, di lagu-lagu tersebut nama James Sanger tercantum dalam “penulis lagu”. Menurut Tim itu cara mereka untuk “membayar” James Sanger karena ketika lagu itu direkam, mereka tidak memiliki uang cukup untuk membayar.) Dan setelah kepergian Scott, Tim pun memutuskan untuk mengambil alih penulisan lagu di band dan juga memutuskan piano sebagai instrumen utama Keane.

Di akhir 2001, Keane mengadakan persetujuan dengan BMG untuk mempublikasikan lagu-lagu mereka, tapi saat itu tidak ada penandatanganan kontrak. 2002 merupakan tahun yang kelam untuk Keane. Mereka tidak ada gigs dan perasaan bahwa Keane tidak menuju kemana-mana mulai dirasakan juga oleh Tim dan Tom. Namun keadaan akan segera berubah untuk mereka, di Desember 2002, Keane kembali mengadakan gig, dan salah satu gig mereka di Betsey Trotwood di London dihadiri oleh Simon Williams dari Fierce Panda Records, orang yang sama yang menemukan Coldplay setahun sebelumnya. Williams menawarkan untuk merilis single pertama mereka yang akhirnya diputuskan adalah “Everybody’s Changing”. Single pertama ini sukses berat dan karena reputasi penampilan live mereka yang bagus, banyak record label yang ingin mengontrak mereka dan akhirnya di summer 2003, Keane memutuskan untuk menandatangani kontrak dengan Island Records.

Sampai tahun 2012 ini Keane telah merilis 4 album dan 1 EP. Album pertama adalah Hopes and Fears yang dirilis pada 10 Mei 2004 di UK. Hopes and Fears debut di no. 1 di UK Chart. Terjual lebih dari 5.8 juta kopi di seluruh dunia dan di UK album ini mendapat 9x platinum. Hopes and Fears membuat Keane mendapatkan penghargaan di Brit Awards tahun 2005: Best Brtish Album dan British Breakthrough Act Award. Di tahun yang sama, Tim Rice-Oxley mendapatkan penghargaan di ajang Ivor Novello Award sebagai Songwriter of the Year.

Album kedua Keane, Under The Iron Sea, dirilis pada 12 Juni 2012 dengan single perdana-nya Is It Any Wonder. Album ini lagi-lagi di no.1. Lagu Is It Any Wonder juga mendapat nominasi grammy 2007 sebagai Best Pop Performance by a Duo or Group, namun dikalahkan oleh My Humps – Black Eyed Peas. Under The Iron Sea terjual lebih dari 3 juta kopi di seluruh dunia. Di era UTIS ini lah Keane pertama kali memperkenalkan Jesse Quin, yang nantinya menjadi member ke-4 mereka, di War Child konser di Brixton Academy.

Album ketiga Keane adalah Perfect Symmetry. Album ini dirilis di tahun 2008 pada tanggal 13 Oktober, dan lagi-lagi langsung menduduki puncak chart UK. Album ini jauh berbeda dengan dua album sebelumnya. Lirik yang gelap namun dibungkus dengan melodi yang ceria. Di album ini untuk pertama kalinya Keane menggunakan gitar listrik. Penjualan album Perfect Symmetry memang tidak sememuaskan dua album sebelumnya yakni hanya sekitar 850.000 kopi, namun lagu Perfect Symmetry dipilih oleh pembaca Q Magazine sebagai Song of 2008.

Di sela tour Perfect Symmetry, Keane mengumumkan bahwa mereka sedang merekam sebuah mini album. Album itu diberi judul Night Train dan dirilis pada 10 Mei 2010 dan bahkan mini album ini debut di no. 1 UK Chart. Menjadikan Keane band yang empat albumnya berturut-turut debut di no.1. Album ini terjual 150.000 kopi di seluruh dunia.

Pasca Night Train, Tim dan Jesse membuat side project Mt. Desolation, band yang beraliran folk, dengan self-titled album. Mt. Desolation berisikan musisi-musisi dari Noah and the Whale. Mumford and Sons, The Killers, The Staves dan juga Pete Roe.

Pada tanggal 3 Februari 2011, Keane mengumumkan Jesse Quin telah resmi menjadi anggota ke-4 mereka. Tanggal 4 Mei 2012, Keane merilis album ke-empatnya yang berjudul Strangeland. Kebanyakan fans menyambut baik album ini karena dianggap kembali ke akar Keane. Strangeland menandai album ke-5 Keane yang debut di no.1 UK Chart. Oleh karena itu dalam rangka Keane datang ke Indonesia untuk pertama kalinya di tanggal 28 September 2012 nanti, CreativeDisc dan Universal Music Indonesia memilih KEANE sebagai Artist of The Month di bulan September ini!

Check out Review Album of The Month: Keane “Strangeland” disini

VO by @Cung2
Official Website Keane
Official Twitter Keane
Official Facebook Keane
Official Twitter Universal Music Indonesia
Intro by @KeaneFansIndo


Related posts

Leave a Reply