Trending News

Blog Post

SMTOWN Live World Tour III Jakarta, 22 Sept 2012
Concerts Review

SMTOWN Live World Tour III Jakarta, 22 Sept 2012 

Indonesia patut berbanga hati karena menjadi negara pertama se-Asia Tenggara yang menggelar konser akbar SM Family. Sebuah konser KPop terbesar di Indonesia yang bertajuk “SMTOWN Live World Tour III in Jakarta” menghadirkan sederet bintang-bintang Korea Selatan yang bernaung dibawah bendera SM Entertainment yaitu Kangta, BoA, TVXQ!, Super Junior, Girls’ Generation, SHINee, f(x), dan EXO ini diadakan di Stadium Gelora Bung Karno (GBK) tanggal 22 September.

Image and video hosting by TinyPic

Sekitar pukul 16.00 para penonton sudah mulai memasuki venue GBK, mereka sangat antusias melihat idolanya akan beraksi di atas panggung. Gelora Bung Karno yang biasanya dipenuhi dengan suporter bola, kali ini tampak sangat berbeda. Terdapat banner super besar bergambar foto artis-artis SME yang terpampang di tribun-tribun penonton. Puluhan ribu light stick berwarna biru, merah, pink, hijau ini menghiasi kemegahan konser SMTOWN Jakarta.

Teriakan gemuruh pecah saat lampu stadion dimatikan, dan benar sekali tepat pukul 18.30 Girlband f(x) membuka konser SMTOWN di jakarta. Dibalut dengan kostum berwarna biru f(x) yang tampil percaya diri membawakan lagu ‘Hot Summer’ seketika, area GBK berubah menjadi lautan light stick warna-warni yang terlihat indah. Sebelum lagu ‘Pinocchio’ dibawakan, Victoria, Luna, Amber, dan Krystal. tak lupa mereka memperkenalkan diri pada penonton. Victoria pun mengatakan ia senang berada di Indonesia ingin kembali ke Indonesia lagi. Sayangnya pada kesempatan kali ini Sulli yang merupakan personel dari f(x) berhalangan hadir, karena terbentur dengan jadwal syuting drama terbarunya.

Setelah f(x) sukses membuat seluruh penonton berteriak histeris, Kangta pun muncul di atas panggung menyanyikan lagu ‘Remember’ dan ‘Breaka, Shaka’. Kangta memang menampilkan kualitasnya. Menyanyikan dua lagu dalam genre ballad dan dance yang luar biasa. Ia sempat memperkenalkan diri “Halo Indonesia! Selamat malam, saya Kangta. Suasana di GBK pun semakin histeris, ketika Amber f(x), Kris (EXO), dan Key (SHINee) menyanyikan lagu dari Far East Movement ‘Like A G6’ wow! Kolaborasi yang sangat memukau. Setelah trio Amber, Kris, Key tampil, dilanjutkan dengan kolaborasi dua wanita cantik. Yup! It’s Jung Sister (Jessica ‘SNSD’ dan Krystal ‘f(x) ) kakak beradik ini benar-benar kompak menyanyikan lagu Katy perry yang berjudul ‘California Girls’.

Kolaborasi selanjutnya datang dari salah satu personel TVXQ! Yaitu Changmin yang berduet dengan Kyuhyun ‘Super Junior’ membawakan lagu ‘Just The Way You Are’ dari Bruno Mars. Tidak perlu diragukan lagi, mereka berdua benar-benar menunjukan kemampuan bernyanyi yang sangat baik. Seorang penonton perempuan tiba-tiba muncul di atas panggung, ia duduk di atas kursi, karena terlalu senang ia tampak menitikkan air matanya, Changmin & Kyuhyun sempat sedikit berlulut sambil menyanyikan lagu romantis tersebut. Di akhir lagu ‘the luckiest girl‘ ini pun memeluk dua idola yang berada di depan matanya. Membuat seluruh penonton berteriak histeris.

Calling all EunHae Shipper! EunHyuk dan Donghae ‘Super Junior’ akhirnya muncul di atas panggung, mereka sangat ‘colorful’ dengan kostum nya. Penonton di Area VIP sangat terkejut ketika ‘EunHae’ bernyanyi di Area VIP Stage. “I’m so cool, I’m so cool, Party like a superstar..” Yes, it’s time for “Oppa-Oppa”. Muncul VCR tentang EXO, ya.. Boyband Pendatang baru dari SM Entertainment ini akhirnya berada di atas panggung. Mereka menyanyikan lagu ‘History’ yang penuh enerjik. Para penonton yang memang sebagian besar remaja ini sangat antusias begitu melihat idola nya berada di atas panggung. Setelah ‘History’ dibawakan oleh EXO K & EXO M. Mereka pun tak lupa untuk memperkenalkan diri masing-masing
“We are one, selamat malam kami EXO!”
Hampir semua personel EXO memperkenalkan diri dalam bahasa Indonesia, contohnya saja Baekhyun yang mengatakan kalau ia senang berada di Indonesia, D.O. Juga mengatakan ‘Indonesia bagus sekali’, dan Kris yang mengatakan ‘Saya suka sama kalian’.
Setelah sesi ‘Introducing’ EXO langsung menggebrak seluruh penonton di GBK dengan lagu hits lainnya yaitu ‘MAMA’ tarian yang enerjik membuat seluruh penonton puas melihat aksi dari EXO tersebut.

Kini giliran Taeyeon ‘SNSD’ yang menguasai panggung. Dibalut dengan kostum berbulu hitam Taeyeon menyanyi solo dengan lagu ‘Devil’s Cry’ yang bernuansa rock. Aksi para Girlband dari SM Entertainment ini juga tidak kalah dinantikan oleh penggemar KPop yang menyanyiksan secara langsung di GBK. Girls’ Generation akhirnya berada di atas panggung, berkostum serba hitam Taeyeon cs menyanyikan lagu ‘Run Devil Run’.
Tak mau ketinggalan, mereka memperkenalkan diri masing-masing “Kami dari Sonyeo Shidae! Hampir seluruh personel memperkenal diri dengan bahasa Indonesia.
Dan… Surprise! Penonton di area festival menyanyikan lagu Happy Birthday untuk Hyoyeon, melihat hal tersebut membuat para personel SNSD terkejut. Dan ikut menyanyikan lagu Happy Birthday diikuti oleh seluruh penonton yang ada di GBK. Hyoyeon memang berulang tahun tepat pada saat konser SMTOWN di Indonesia ini. “Happy 24th Birthday Kim Hyoyeon”.
Lagu ‘Tell Me Your Wish (Genie)’ pun menggebrak GBK, diiringi dengan sorakan penonton yang khususnya SONE (sebutan fans untuk Girls’ Generation). Di tengah-tengah lagu, Tiffany sempat meneriakan “INDONESIA, PUT IT BACK ON!” Sontak penonton pun semakin berteriak histeris.

f(x) kembali muncul di atas pangung, kali ini ditemani oleh Super Junior menyanyikan lagu ‘Oops!’.
SHINee menjadi boyband selanjutnya yang mengisi kemeriahan pada malam itu, lagu ‘Lucifer’ dibawakan dengan penuh enerjik, berkostum hitam putih SHINee benar-benar terlihat kerennn!
Panggung gelap seketika, kemudian muncul background berwarna merah. teriakan penontonpun bergemuruh ketika 10 personel muncul di atas panggung. Siapa lagi kalau bukan Super Junior. Intro dari lagu ‘Superman’ membuat hampir seluruh GBK berteriak histeris. Canggihnya teknologi yang dipakai untuk konser SMTOWN ini benar-benar patut di acungi jempol. Super Junior berdiri di atas panggung hidrolik, dan di akhir lagu air mancur keluar dari tengah panggung.
Dilanjutkan dengan lagu ‘Don’t Don’ yang tidak kalah hebohnya, penonton di area VIP dikejutkan dengan kehadiran Kyuhyun di atas panggung VIP, sontak membuat penonton berteriak histeris.

SHINee kembali lagi beraksi dengan lagu ‘Ring Ding Dong’ remix version yang terkesan lebih ‘dark’. Dilanjutkan dengan penampilan dari Super Junior yang menyanyikan ‘Bonamana’, berturut-turut SHINee kembali tampil dengan membawakan lagu ‘Juliette’ dan ‘Love Like Oxygen’ feat. Sehun (EXO) Mereka tampil memukau saat menari di atas air yang berada di panggung. Luar Biasa!
Penonton pun tak ketinggalan memberikan kejutan dengan menyanyikan lagu ‘Happy Birthday’ untuk Key. Meskipun ulang tahunnya jatuh pada hari Minggu 23 September , Key mengaku terharu dan berterima kasih atas ucapan tersebut. SHINee juga mengatakan Minho berhalangan hadir karena ia sedang ada schedule lain di korea.

Setelah melihat menampilan dari SHINee yang enerjik, cooling down sejenak dengan kolaborasi dari Ryeowook ‘Super Junior’ dan Chen ‘EXO’ di lagu ‘Missing You’. Eunhyuk ‘Super Junior’ tiba-tiba muncul di tengah lagu dengan rapnya.
Kini giliran TaeTiSeo muncul di atas panggung, TaeTiSeo merupakan singkatan dari tiga personel SNSD yaitu: Taeyeon, Tiffany, dan SeoHyun. Mereka membawakan lagu andalan yang berjudul ‘Twinkle’. Kemudian Lagu ‘DJ Got Us Falling In Love Again’ dibawakan oleh TaeTiSeo featuring D.O, Luhan, Sehun, dan Chanyeol ‘EXO’.

It’s time for ‘Battle Dance’ Tak hanya mahir dalam menyanyi, mereka juga ahli dalam menari. EunHyuk ‘Super Junior’, Yunho ‘TVXQ!’, Yoona, Hyoyeon, Yuri ‘SNSD’, Taemin ‘SHINee’, Victoria f(x), Tao, Kai ‘EXO’ menunjukkan aksi dance battle di atas panggung.

Akhirnya ‘Queen of K-Pop’ muncul di atas panggung, yup, it’s Kwon BoA. lagu berjudul ‘Hurricane Venus’, ‘Not Over U’ dan ‘The Shadow’ dinyanyikan dengan sempurna. Dalam sesi perkenalan BoA mengungkapkan ini adalah kali kedua nya ia mengunjungi Indonesia.

Super Junior kembali menggebrak dengan lagu hits nya yang berjudul ‘Sorry Sorry’. Hampir semua personel memperkenalkan diri dengan bahasa Indonesia. Misalnya saja sang leader Leeteuk yang memang sedikit akrab dengan bahasa Indonesia seperti ‘Selamat Sore, Assalamualaikum, Saya suka Indonesia gadis’ pada saat itu Kangin sempat mengatakan bahwa mereka membawa bintang tamu spesial yang ternyata adalah Henry dan Zhoumi. (Anggota dari Super Junior – M) mereka pun tak ketinggalan menyapa seluruh penonton yang ada di GBK ‘Thanks for having us’ ujar Henry. Ia pun mengatakan sangat senang bisa berkunjung ke Indonesia lagi. dan Zhoumi mengatakan ‘wo ai ni’ dalam bahas mandarin.
Tak perlu menunggu waktu lama, lagu. ‘A-Cha’ dan ‘Perfection’ dari Super Junior dibawakan dengan sangat mulus. Baik penonton di festival, maupun tribun masih teteap semangat untuk melihat idola nya beraksi di atas panggung.

Kini giliran girlband yang tampil kembali di atas panggung. Berkostum hitam dan gold Girls’ Generation menyanyikan lagu Mr.Taxi. Setelah penonton pria dimanjakan dengan penampilan Taeyeon cs yang sangat memukau, Kini para Shawol (sebutan untuk fans SHINee) yang menantikan aksi panggung dari idola nya tersebut. Jonghyun berduet dengan Taemin dengan lagu ‘Internet War’. Jonghyun pun memamerkan perut sixpack-nya yang membuat penonton pun histeris dibuatnya.
Yup, duo group dari SME akhirnya berada di atas panggung!!! TVXQ! Membuka dengan lagu ‘Maximum’. Mereka benar-benar luar biasa menyanyikan lagu hits nya tersebut. Dan wow, lightstick berwarna merah yang merupakan warna fandom dari TVXQ! Terlihat di bagian tribun. Pada saat sesi perkenalan Yunho mengatakan “Kami baru pertama kali di Indonesia, kami sangat senang sekali datang kesini”. Setelah itu berturut-turut lagu ‘Mirotic’, ‘Keep Your Head Down’ dibawakan oleh duo Changmin & Yunho.

Girls’ Generation menjadi penampil selanjutnya, kali ini mereka sudah bersiap di atas panggung VIP. Mengenakan kaos berwarna putih dipadu dengan hotpants jeans Taeyeon cs menyanyikan lagu ‘Gee’ dengan sangat apik.

BoA back on the stage! Kali ini dia menyanyikan single terbaru nya yang berjudul ‘Only One’. Pada kesempatan kali ini Taemin yang menjadi partner dance bersama BoA.
f(x) pun kembali tampil dengan lagu terbaru nya ‘Electric Shock’ lagi-lagi penonton di area VIP dimanjakan dengan tampilnya f(x) di panggung VIP. Disusul dengan ‘Sherlock’ yang dibawakan oleh SHINee, ‘The Boys’ oleh Girls’ Generation, tak ketinggalan Super Junior membawakan single terbaru di album ke 6 ini berjudul ‘Sexy, Free, Single’, dan terakhir TVXQ! Menyanyikan lagu ‘Rising Sun’ diiringi dengan lighting yang sangat spektakuler.

Sebagai penutup dari seluruh gelaran SMTOWN World Tour III in Jakarta, lagu Hope dibawakan oleh semua artis yang tampil malam itu. Sebagian besar mengenakan T’shirt official SMTOWN berwarna putih dengan gambar karikatur-karikatur monster kartun yang menjadi ciri khas dari SMTown. Penonton tampak gembira, dan terharu dapat menyaksikan konser artis-artis SME secara langsung. Balon berwarna pink dari munculnya kembang api melengkapi kemeriahan konser SMTOWN ini.

Dapat dikatakan, Konser SMTOWN ini merupakan konser terbesar di Indonesia, panggung yang sangat megah serta lighting yang dipakai memang belum pernah digunakan sebelumnya di Indonesia.
Well, Jumping BoA, Cassie, ELF, SONE, Shawol, aff(x)tion, EXOtics dan seluruh fans k-pop di Indonesia terima kasih telah mensukseskan dan memeriahkan acara “SMTOWN Live World Tour III in Jakarta”

Special Thanks To:
W Production
MP Enter

(Reni Fitriah)

Untuk foto2 konser SM TOWN Jakarta bisa dilihat disini

Related posts

Leave a Reply