Trending News

Blog Post

Exclusive Interview With Andrew Allen
Artist Interviews

Exclusive Interview With Andrew Allen 

Andrew Allen adalah singer / songwriter dari Kanada yang punya single “I Wanna Be Your Christmas” di tahun 2009 dan sempat jadi #1 di tahun 2010 di Kanada. Single ke-2nya “Loving You Tonight” sempat jadi #3 di AC Radio di Kanada dan bertahan selama 22 minggu dan masuk Top 30 Hot AC Radio di US. Lagunya juga jadi soundtrack film “Abduction” yang dibintangi oleh Taylor Lautner, dan Andrew juga tampil di premiere film tersebut di L.A. Single ke-3nya “I Want You” masuk Top 10 Kanada di thn 2012 dan bertahan selama 20 minggu. Andrew menerima nominasi BCIMA Single of The Year thn 2011 dengan “Loving You Tonight” dan menang Best New Artist 2009 BCIMA dan juga 2009 Singer / Songwriter Award utk lagu “We Are Listening”, 2009 Finalist in the John Lennon Songwriting Competition, “Single of the Year” (BCIMA’s – 2009), “Pop Recording of the Year” (BCIMA’s – 2009) dan “People’s Choice Award” (BCIMA’s – 2009)

Dan simak interview kita dengan Andrew Allen berikut ini…

Hai Andrew, saya Danie Cung dari Indonesia. Dan saya punya banyak pertanyaan dari fans kamu di Indonesia. Yang pertama, sudah berapa lama kamu berkecimpung di dunia musik, dan kapan tepatnya kamu menjadikan musik sebagai karir?

Saya serius menekuni dunia musik secara profesional sudah selama 4 tahun. Saya memulainya (belajar musik) saat saya berumur 5 tahun dengan belajar piano. Dan saat masuk sekolah, saya belajar instrumen lainnya, mulai dari saxophone, drum, gitar bass, hingga menjatuhkan pilihan pada gitar akustik. Dan 4 tahun yang lalu, saya memutuskan untuk menjual semua kepunyaan saya dan mulai tur keliling Kanada yang merupakan negara asal saya, dan berusaha menjalani semuanya.

Bagaimana rasanya dikenal di berbagai belahan dunia melalui musik yang kamu mainkan?
Sangat menyenangkan tentunya mengetahui bahwa musikmu diketahui oleh banyak orang. Saat kamu menulis lagu, kamu menyadari bahwa dalam kondisi apapun kamu menulisnya; entah saat menulis untuk diri sendiri, untuk orang lain, untuk teman dekatmu, atau saat kamu hendak mengutarakan isi hatimu, kamu akan merasa sangat tersanjung jika ternyata hasil karyamu bisa dinikmati oleh banyak orang, apalagi di belahan dunia yang lain, oleh orang-orang yang belum pernah kamu temui sebelumnya.

Ceritakan tentang single terakhirmu “Satellite”?
Lagu tersebut bercerita tentang pandangan seorang lelaki terhadap hubungannya dengan pasangannya, dimana ia mengetahui bahwa pasangannya tersebut mampu untuk meraih keinginannya, mendapat kehidupan yang lebih baik lagi, namun ia tidak dapat ikut serta merasakannya karena ia sendiri yang menahan diri untuk hal itu.

Kamu pernah berduet dengan Carly Rae Jepsen. Ceritakan tentang duet tersebut.
Saya berduet dengan Carly di lagu “Where Did We Go”. Kami berdua menulisnya bersama Ryan Stewart, seorang produser dari “Wine Cellar Studio” di Vancouver, yang sering bekerjasama dengan kami. Kami duduk bersama, dan mulai memikirkan lagu bertemakan putus cinta. Kami berpikir bahwa akan sangat menyenangkan menulis sebuah lagu tentang perasaan putus cinta yang tidak kami rasakan saat itu. It was a fun collaboration, Carly and I had a great time recording it. And I’m glad that you like it…

Kamu juga mengisi soundtrack ‘Abduction’. Bagaimana kamu bisa bergabung disitu?
Lagu saya yang berjudul “Loving You Tonight” ada di soundtrack film ‘Abduction’, yang dibintangi oleh Taylor Lautner. Dan bagaimana lagu tersebut bisa ada di sountrack tersebut, adalah melalui publishing company saya, Sony. Mereka mencari lagu yang cocok untuk proyek soundtrack sebuah film, dan pihak perusahaan film pun kemudian mengontak mereka untuk mencari sebuah lagu yang disesuaikan dengan adegan yang ada di film itu. Dan lagu tersebut muncul saat adegan dimana Taylor Lautner, bersama Lily Collins, sadar bahwa ia sedang diculik.

Selain music video yang ada di channel Youtube-mu, ada juga video-video yang diberi judul VLog. Apa maksud dari VLog tersebut?
VLog tersebut dimaksudkan agar para fans bisa mengenal saya lebih baik lagi. Hal itu sangat berbeda dari video yang biasa saya upload. Disitu saya berusaha menjawab semua pertanyaan yang dikirimkan oleh fans melalui halaman Facebook atau Twitter saya, dan saya membuka kesempatan untuk mereka lebih mengenal kehidupan pribadi saya. Dan saya rasa hal tersebut merupakan cara berkomunikasi yang menyenangkan.

Andrew, album pertamamu berjudul “The Living Room Session”. Apa kamu benar-benar merekam keseluruhan materi album tersebut di ruang tamu? Dan di interview lain, kamu mengatakan bahwa tur pertamamu adalah dari rumah ke rumah, bukan di atas panggung . Apa yang terjadi saat itu?
Album “The Living Room Session” tersebut sebenarnya tidak direkam di ruang tamu, melainkan kamar tidur saya. Namun kalimat “The Bedroom Session” tidak memungkinkan dan terlalu provokatif untuk dijadikan judul. Alasan sesungguhnya album tersebut muncul adalah karena saya tampil untuk pertama kalinya dari rumah ke rumah, bukan di stadion atau klub. Dan mengapa saya pikir hal ini akan berhasil, menurut saya adalah akan lebih masuk akal jika saya minta ijin kepada seseorang untuk datang ke rumahnya dan tampil disana dengan hanya ditonton oleh beberapa kerabat dekat orang tersebut, dibandingkan saya membuat pengumuman bahwa saya akan mengadakan konser di suatu tempat di sebuah kota dan meminta mereka mengumpulkan orang untuk datang kesana. Jadi menurut saya itu adalah cara yang baik untuk memulai karir saya sekaligus menambah koneksi dan teman.

Apa kamu punya proyek yang sedang digarap saat ini? Entah sebuah album baru atau tur keliling dunia sampai ke Indonesia?
Proyek yang sedang saya persiapkan saat ini adalah sebuah music video untuk lagu “Satellite”. Dimana video tersebut disyut di kota kelahiran saya, saat saya mengadakan konser selama 3 hari. Akan banyak potongan adegan tentang konser tersebut di dalamnya, dan menurut saya akan menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk ditonton. Dan mengenai tur dunia, saya sangat senang jika bisa datang ke Indonesia, dan saya rasa saya harus kesana suatu hari nanti. Istri saya pernah kesana, dan saya harap saya juga bisa kesana nanti.

Terakhir, apa kamu punya pesan khusus untuk para pecinta musik di Indonesia?
Yang ingin saya sampaikan adalah terima kasih sudah mendukung saya selama ini, mengirimkan pesan melalui Twitter dan mengharapkan kedatangan saya kesana, saya sangat menghargainya. Dan terlebih lagi, terima kasih karena telah mendengarkan musik saya dan menyukainya. Dan saya berharap bisa mengunjungi kalian secepatnya.

VO by Cung2
Script by Rendy

Andrew Allen Official Website
Official Twitter: @andrewallenlive
Official Facebook: AndrewAllenLive

Listen interview here:

Watch Andrew Allen “Satellite” Video:

Related posts

Leave a Reply