Trending News

Blog Post

Behind The Music: Dan Huff
Behind The Music

Behind The Music: Dan Huff 

Image and video hosting by TinyPicBehind The Music edisi pekan ini mengajak kamu untuk lebih dekat dengan seorang musisi yang juga produser musik yang cukup berperstasi. Dirinya adalah Dann Huff, yang bernama lengkap Dann Lee Huff, pria kelahiran 15 Nopember 1960 asal Amerika Serikat. Ayahnya, Ronn Huff adalah seorang conductor dan arranger, sehingga saat Dann kanak-kanak dia berkesempatan untuk ikutan melihat bagaimana sang ayah bekerja di studio. Bakat musiknya mulai kelihatan di usia 9 tahun, karena di usia ini dirinya udah bisa main gitar. Dan gitar pun menjadi instrumen utama baginya. Untuk mengasah kemampuan, Dann mengambil kelas musik. Inilah yang membuatnya kecanduan dengan musik hingga akhirnya menjadi jalan utama hidupnya.

Dann menjadi pemain gitar untuk demo para artis di Nashville saat usianya menginjak angka 16. Ini dilakoninya selama kurang lebih 4 tahun hingga akhirnya dia membentuk sebuah band rohani bersama sang adik, David Huff, yang diberi nama White Heart.Selain Dann dan David, band ini juga berisi Mark Gershmehl di kibor, Billy Smiler di kibor dan gitar, Gary Lunn di bass, dan Steve Green sebagai vokalis. Lumayan, di band ini Dann dkk bisa menghasilkan 2 album rekaman. Tapi dia enggak betahan berada di band ini, hingga akhirnya dirinya memutuskan untuk mengambil langkah yang lebih mantap lagi, yaitu sebagai pemain gitar untuk artis lain. Dimulai dari Kenny Loggins, di lagu ‘Danger Zone’ yang menjadi soundtrack untuk film “Top Gun”. Dengan modal tersebut, Dann gabung kembali dengan David untuk membentuk band rock bernama Giant. Tapi sayangnya band ini enggak sukses secara komersil, sehingga Dann kembali lagi menjadi session guitarist untuk lebih banyak artis.

Jangan langsung bilang kalau Dann terpojok dalam karir musiknya pasca kegagalan Giant. Salah besar! Karena dirinya semakin sering bermain gitar di lagu artis-artis yang ngetop. Sebut saja Michael Jackson. Dirinya muncul di lagu ‘I Just Can’t Stop Loving You’ dan hit ‘Man In The Mirror’ bagi the King Of Pop itu. Dirinya juga ada di lagu ‘My Heart Will Go On’ milik Celine Dion, ‘If I Could Fall In Love’ milik Selena, ‘Rhythm Of The Night’ dari DeBarge, ‘Straight Up’ milik Paula Abdul, juga ‘The Glory Of Love’ milik Peter Cetera. Mengagumkan bukan? Selain itu, dirinya pun berkontribusi untuk Mariah Carey, Michael Bolton, Madonna, Whitney Houston, Chaka Khan, Michael McDonald, Amy Grant, Patti LaBelle, dan juga Michael W Smith. Pantas saja di tahun 1995 dirinya terpilih sebagai Top Session Guitarist oleh majalah Guitar Player.

Menjadi gitaris saja belum cukup, Dann pun mulai merambah ke dunia produksi. Dirinya berfokus pada genre musik country, dan membawa sukses untuk album artis-artis yang diproduserinya. Ada Faith Hill, LeAnn Rimes, Keith Urban, Rascal Flatts, Lonestar, juga Carrie Underwood. Atas dedikasinya di dunia musik country, Dann dianugerahi penghargaan Musician Of The Year oleh Country Music Association sebanyak 2 kali, yaitu di tahun 2001 dan 2004. Academy Of Country Music pun menganugerahinya gelar Producer Of The Year pada tahun 2007. Kini, karirnya telah melebar ke perusahaan rekaman Huff Brite LLC, dimana dirinya mengelola perusahaan ini bersama Mark Brite. Berada di bawah naungan Sony Nashville, perusahaan ini fokus pada pembangunan karir artis baru.

Kalau Dann mendapat segala kemahiran di bidang musik dari sang ayah, Dann pun berhasil menularkan kebisaannya pada anaknya, Ashlyne Huff. Ashlyne adalah seorang penyanyi dan penari, yang selama konser tur NKOTBSB berperan sebagai opening act. Berbeda dari sang ayah, Ashlyne mengambil jalur musik pop dan dancepop sebagai musiknya, berhubung jenis musik ini yang membuatnya leluasa untuk menampilkan kemampuannya sebagai penari.

Beberapa lagu dimana Dan Huff turut bermain adalah:

“Man in the Mirror” & “I Just Can’t Stop Loving You” – Michael Jackson
“My Heart Will Go On” – Celine Dion
“I Could Fall In Love” – Selena
“Here I Go Again” (US radio version 1987) – Whitesnake
“Rhythm of the Night” – DeBarge
“The Glory of Love” – Peter Cetera
“Next Time I Fall” – Peter Cetera with Amy Grant
“One Sweet Day” & “All I Want For Christmas Is You” – Mariah Carey
“Straight Up” & “Cold Hearted” – Paula Abdul
“I Found Someone” – Michael Bolton.
“On My Own” – Michael McDonald & Patti LaBelle
“Go West Young Man” – Michael W. Smith

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply