Trending News

Blog Post

Press Conference Java Jazz Festival 2013
Music News

Press Conference Java Jazz Festival 2013 

Image and video hosting by TinyPic

Java Jazz Festival kembali digelar tahun ini! Perhelatan jazz edisi ke-9 ini akan digelar 1-3 Maret mendatang di JIExpo Kemayoran. Tema tahun ini adalah “Jazz Up The World”! menurut Peter F.Gontha – Chairman Java Festival Production (JFP), makna tema java jazz tahun ini adalah “membuat dunia supaya lebih keren dan seru”.

Festival jazz paling meriah di belahan Selatan bumi ini secara konsep tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. “Secara konsep, tidak ada yang berbeda. Tapi nanti layout-nya berubah, untuk memperbaiki flow penonton. Kita terus memperbaiki, supaya bisa bersaing dengan festival-festival di luar negeri,” papar Dewi Gontha, Presiden Director JFP, di konferensi pers JJF 2013 di Hotel Sultan, Jakarta. Di festival ini, para Jazzlovers dapat menikmati suguhan musik jazz dari ratusan musisi manca negara dan nasional. Ada sekitar 140 musisi nasional dan 40 musisi internasional dengan 56 pertunjukan tiap harinya tersebar di beberapa panggung di JIExpo Kemayoran.

Joss Stone, Lisa Stanfield, dan Basia menjadi bagian dari special show. Sederet musisi jazz internasional lainnya juga akan meramaikan event ini, seperti Cliff, Stanley Clarke, Fourplay, Phil Perry, Marcus Miller, Gregory Porter, Bob James, Roy Hargrove dan masih banyak lagi. Sederet musisi lokal Indonesia juga akan tampil. Diantaranya adalah The Groove, Dwiki Dharmawan, Balawan, Andien, Sister Duke, Calvin Jeremy, Indra Lesmana, Glenn Fredly, Tompi, Matthew Sayersz, The ExtraLarge dan Ginda and the White Flowers. Mereka siap menyajikan permainan terbaik mereka di ajang festival jazz yang telah digelar sejak tahun 2005 ini.

Di tahun sebelumnya, ada apresiasi khusus yang diberikan kepada Chrisye, Sam Saimun, Ismail Marzuki, Bing Slamet, Fariz RM, dan Utha Likumahuwa. Tahun ini apresiasi akan diberikan kepada Oddie Agam, dalam rangka merayakan empat dekade berkarya di belantika musik Indonesia. “Akan ada Oddie Agam Empat Dekade, yang membawakan semua hit-nya dibantu Addie MS, Glenn Fredly, Cakra Khan, Raisa, Storia. Nanti, mungkin Oddie hanya menyanyi beberapa lagu, dia akan menemani musisi-musisi muda yang menyanyikan hits-nya dari tahun 1980-an,” papar Eki Puradiredja, Music Director JFP. Tribute untuk musisi legendaris pun turut dihadirkan. Barry Likumahuwa Project akan menggulirkan Tribute to Weather Report sebagai penghormatan untuk grup jazz fusion yang disegani, Weather Project. Eki juga menambahkan bahwa nanti juga akan ada persembahan tribute untuk Ismail Marzuki, Elfa Sechoria serta Benny Likumahuwa.
Namun ternyata musisi internasional yang akan hadir di Java Jazz Festival 2013 masih belum seluruhnya diumumkan. Masih ada satu nama lagi yang belum dibeberkan oleh pihak JFP. Kita tunggu saja siapa musisi yang akan menjadi kejutan ini. “Masih ada satu nama lagi spesial show yang belum bisa kita announce, tapi itu wow sekali,” ujar Eki. Mari kita tunggu kejutan terbaru dari Java Jazz Festival 2013!

(Milankoni)

Related posts

Leave a Reply