Trending News

Blog Post

American Idol XV Semi Final Group 1 Duet & Result Show
American Idol

American Idol XV Semi Final Group 1 Duet & Result Show 

Review dibawah ini merupakan lanjutan dari yang sebelumnya, yaitu “American Idol XV Semi Final Group 1”. Tapi kali ini saya akan mereview khusus penampilan duetnya dan juga result show.

Dua minggu lagi (24 Februari 2016), 8 dari 14 orang yang lolos akan diumumkan masuk ke Top 10 oleh juri, sedangkan 6 sisanya harus bertarung lagi memperebutkan dua tempat tersisa di babak wildcard, yang mana akan di-vote melalui twitter. (note: review kali ini hanya dilihat berdasarkan penampilan di atas panggung, tidak memasukkan unsur lainnya.)

STEPHANY NEGRETE DUET (with Ruben Studdard): “Superstar” (The Carpenters)
It’s a big song, and made for voice like Ruben. Agak meragukan kemampuan Stephany saat menyanyikan lagu ini. Tapi saat Stephany menginjak nada pertama, I was blown away. She sang soooo smooth. She surprised me, kaget bahwa ia bisa menyanyi sehalus itu. Nice duet, nice emotion, nice pairing, and blended together. Tapi Ruben lebih standout. Still liking it.

MACKENZIE BOURG DUET (with Lauren Alaina): “I Hope You Dance” (LeAnn Womack)
Dari video yang ditampilkan sebelum mereka tampil, sangat terlihat bahwa Lauren suka dengan Mackenzie, she said that he is so cute and yet talented (I know right). About the song, totally disagree with the choice. Ini adalah lagu country, dan Mackenzie bukan penyanyi country. Lagu ini 100% lebih pantas untuk dinyanyikan bersama Emily Brooke daripada Mackenzie. Sangat terlihat tidak imbang, Lauren dengan mudah menjangkau nada-nada tinggi (karena nada dasarnya direndahkan) sedangkan Mackenzie tampak sangat tidak nyaman. No-no. Sangat tidak menguntungkan Mackenzie, meskipun kita tahu dia sangat berbakat.

JENEVE ROSE MITCHELL DUET (with Scotty McCreery): “Gone” (Montgomery Gentry)
Haha this girl is so funny. Innocent, tapi lucu. Dia sempat blushing ketika ditanyai pendapat soal Scotty. Saya ingat ketika Scotty membawakan lagu ini di panggung Idol lima tahun lalu, dia sangat awkward ketika itu. Berbeda dengan sekarang, terlihat sangat berpengalaman, good job American Idol for turning ordinary high school student into superstar. Jeneve, ummmm, dia masih terlihat bermain-main. Ini bukanlah waktu yang tepat untuk bercanda, Jeneve. Kamu adalah salah satu dari 24 orang terbaik yang dipilih dari ribuan orang (yang mungkin sangat menginginkan untuk berada disana). I prefer the soft side of her. I like her outfit too.

JENNA RENAE DUET (with Scotty McCreery): “See You Tonight” (Scotty McCreery)
Lagu yang aneh untuk dinyanyikan oleh perempuan. Kinda shocked with the song choice, sebenarnya saya bisa membayangkan Jenna dan Scotty membawakan lagu “Amazed”, tapi entah siapa yang memilih lagu ini untuk dijadikan duet, didn’t worked well. Nampak seperti Scotty yang bernyanyi dengan backup singer, atau random singer yang diajak ke atas panggung untuk bernyanyi bersama. Gap antara Jenna dengan Scotty nampak sangaaaaat jauh.

JAMES VIII DUET (with Caleb Johnson): “Gimme Shelter” (The Rolling Stones)
One word, EXCITED. I’m excited with this duet. Lagu yang tepat, pemasangan duet yang tepat. Ah everything was perfect. James bisa mengimbangi Caleb. Saya ulangi, James bisa mengimbangi Caleb. Crazy good!! James hanya butuh more spotlight! Salah satu duet terbaik malam ini.

SONIKA VAID DUET (with Caleb Johnson): “Skyfall” (Adele)
Caleb adalah salah satu juara Idol yang paling underrated. Beberapa penampilan Caleb sangat memukau tapi tidak mendapat banyak perhatian dari banyak orang. Odd pairing I can say. Mungkin Sonika adalah salah satu gadis terakhir yang mendapat pasangan duet, dan mungkin alumni Idol yang belum dipasangkan hanya tinggal Caleb, sehingga lahirlah perpaduan ini. Duet yang aneh, tidak ada kecocokan antara Caleb dan Sonika, keduanya saling menonjolkan diri sendiri. Sorry to say.

GIANNA ISABELLA DUET (with Nick Fradiani): “Beautiful Life” (Nick Fradiani)
Ini adalah kali pertama bagi Nick untuk menyanyikan lagu ini secara duet. I like Nick, I like this song, and I also love the way they sang together. Seperti biasa, Gianna dengan mudahnya mengeluarkan nada-nada tinggi, dan juga Nick tampil bersinar seperti biasa. Correct me if I’m wrong bahwa ini pertama kalinya Gianna tampil layaknya remaja usia 15 tahun. Gianna biasanya menyanyi dengan pakaian yang outdated dan lebih cocok untuk dipakai ibunya.

EMILY BROOKE DUET with Lauren Alaina: “Flat On the Floor” (Carrie Underwood)
Lauren looked SO lovely, lebih cantik, lebih kurus, juga lebih dewasa ketimbang saat dia masih berkompetisi di Season 10. Performance Emily masih shaky di beberapa tempat, dan jelas terlihat Lauren mendominasi duet ini. Actually better than her solo, but I still don’t like it. Sorry Emily. Sebetulnya Lauren lebih cocok dipasangkan dengan Jenna Renae, namun Jenna sudah pernah menyanyikan lagu ini di penampilan sebelumnya.

AVALON YOUNG DUET (with Ruben Studdard): “Flying Without Wings” (Ruben Studdard)
First of all, ini bukanlah lagu Ruben. “Flying Without Wings” adalah lagu Westlife yang dirilis pada tahun 1999 dan kemudian dijadikan winning single oleh Ruben di tahun 2003. Another odd pairing. Sepertinya ini juga last minute pairing, tidak ada alumni yang tersisa sehingga mau tidak mau Avalon harus berduet dengan Ruben. Beruntung cara bernyanyi Avalon masih ada darah-darah RnB-Soul, sehingga lagu seserius ini pun juga bisa ditaklukkan olehnya. Still odd tho. Meh.

JORDAN SASSER DUET (with Fantasia): “I Believe” (Fantasia)
Another magical song by Fantasia. Hanya dia yang bisa menyanyikan lagu ini dengan penuh “niat”. Di awal lagu terlihat Fantasia seperti mengimbangi kemampuan Jordan, menuju tengah hingga akhir Jordan tertinggal oleh Fantasia yang sudah “terbang”. Fantasia is the star, Jordan is the backup singer. That’s what I say. Satu hal yang saya suka dari Jordan, dia mau berusaha untuk bisa match dengan Fantasia. I appreciate that. Tapi kita tahu, tidak ada yang bisa menandingi Fantasia. But in the end, nice duet, one of the best of the night.

THOMAS STRINGFELLOW DUET (with Nick Fradiani): “Man In the Mirror” (Michael Jackson)
Penampilan Nick saat menyanyikan lagu ini di season lalu adalah salah satu penampilan paling memorable sepanjang season. Vokal Thomas cukup solid sebenarnya, satu hal yang masih mengganjal, nada squeaky-agak-mendesah masih ada saat ia mengakhiri satu kata. Untungnya tidak terlalu banyak. Thomas cukup bisa mengimbangi Nick. I like it, pretty good.

LA’PORSHA RENAE DUET (with Fantasia): “Summertime” (Ella Fitzgerald)
Oh God! Summertime-nya Fantasia adalah salah satu penampilan paling wow (juga memorable) sepanjang sejarah Idol. Her performance was magical. Fantasia juga alumni Idol yang paling cocok untuk dipasangkan dengan La’Porsha. Talking about the performance. I’m so lovin’ it. Baik Fantasia juga La’Porsha saling menyombongkan kemampuan individu, tapi juga menyatu secara duet! Standing ovation from me. La’Porsha is real deal, yo fellow contestant. Hati-hati dengan ibu ini.

Ranking from best to worst (based on review above):
1. La’Porsha Renae
2. Sonika Vaid
3. Mackenzie Young
4. Gianna Isabella
5. Jeneve Rose Mitchell
6. Thomas Stringfellow
7. Avalon Young
8. Jordan Sasser
9. Stephany Negrete
10. James VIII
11. Jenna Renae
12. Emily Brooke

Peserta yang lolos ke Top 14 (urut berdasarkan pengumuman dari ketiga juri): La’Porsha Renae, Sonika Vaid, Avalon Young, Gianna Isabella, Thomas Stringfellow, Mackenzie Bourg, dan Jeneve Rose Mitchell

And we have to say goodbye to Emily Brooke, Stephany Negrete, Jenna Renae, James VIII, and Jordan Sasser. Do you agree with our opinion and/or judges decision?

Teks by Arif Firmansyah

Related posts

Leave a Reply