Trending News

Blog Post

KBS Music Bank World Tour in Jakarta, 09 March 2013
Concerts Review

KBS Music Bank World Tour in Jakarta, 09 March 2013 

Program Musik Korea mingguan dari Stasiun Televisi KBS ini memang telah menjadi tolak ukur kepopuleran artis K-Pop dengan adanya deretan Tangga lagu pada setiap minggu nya. Dapat dikatakan bahwa Music Bank memberi pengaruh bagi penyebaran Hallyu di Dunia. “KBS MUSIC BANK WORLD TOUR in JAKARTA” ini diselenggarakan pada tanggal 9 Maret 2013 bertempat di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta. Sejak diumumkannya konser akbar ini di penghujung tahun 2012 lalu. Para pencinta K-Pop di Indonesia memang tampak antusias untuk menyaksikan idola mereka.

Konser akbar K-Pop ini dibuka dengan tarian-tarian khas Indonesia. Lagu Ondel-Ondel yang merupakan lagu khas Betawi ini terdengar di Gelora Bung Karno. Dan dengan bangga seluruh penonton pun ikut menyanyikan lagu tersebut. Tepat pukul 20.10 WIB “KBS MUSIC BANK WORLD TOUR in JAKARTA” resmi digelar. Satu persatu kedelapan Artis muncul di atas stage. Info tentang KyuHyun menjadi salah satu pembawa acara pada malam itu memang sudah banyak beredar melalui jejaring sosial Twitter. Tetapi ia tidak sendiri. Taecyeon ‘2PM’ yang memang fasih berbahasa Inggris pun ikut menjadi Host didampingi dengan Presenter cantik Indonesia yaitu Nadia Mulya.

Tak perlu berlama-lama lagi. Teen Top pun muncul dari bawah panggung yang berada tepat di depan kategori VIP. Boyband asuhan Andy ‘SHINHWA’ ini menyanyikan lagu berjudul ‘Miss Right’ yang merupakan single terbaru mereka. Dengan berkostum colorful Teen Top sukses membuat suasana di stadion menjadi meriah. ‘Apa kabar, kami Teen Top’ ucapan mereka pun disambut teriakan dari para penonton. Tak lupa mereka memperkenalkan diri masing-masing. Saat ingin memulai lagu berikutnya, Taecyeon dan Nadia Mulya muncul ke atas panggung. Taecyeon mengatakan ‘siapa yang ingin melihat Teen Top lagi’ ? dan rupanya ada kesalahan teknis yaitu layar LCD mati, sehingga Teen Top pun harus menyanyikan ulang lagu berjudul ‘Miss Right’. Tanpa jeda, Teen Top menyanyikan lagu berjudul ‘To You’ dan disusul dengan lagu ‘Be My Baby’. Penampilan dari C.A.P Chunji, L.Joe, Niel, Ricky, Changjo yang enerjik ini benar-benar memuaskan para penonton yang hadir di stadion GBK.

Penampilan selanjutnya datang dari Sistar. Sistar merupakan Girl Group satu-satunya yang tampil di “KBS MUSIC BANK WORLD TOUR in JAKARTA” dengan berkostum serba hitam Dasom, Hyorin, Bora dan Soyu tampil sexy membawakan lagu hits mereka berjudul ‘Alone’ dan disusul dengan lagu berjudul ‘Loving You’. Tak lupa mereka pun memperkenalkan diri masing-masing. Si Bungsu Dasom sempat mengatakan sangat senang berada disini dan bertemu dengan fans di Indonesia. Tanpa berlama-lama lagi Sub Unit SISTAR19 pun menggoyang GBK dengan indah. Lagu Hits berjudul ‘Gone Not Around Any Longer’ dinyanyikan duo Hyorin, Bora dengan sempurna.

Kyuhyun Super Junior pun kembali tampil diatas panggung, ia sempat menyanyikan beberapa bait dari lagu Eru. Dan penonton pun bisa menebak Eru akan tampil setelah itu. Dan benar saja Eru menyanyikan lagu ‘I Hate You’ lagu ini sebenarnya merupakan lagu duetnya bersama JunHyung ‘BEAST’ tapi sayang si Joker pun tidak ikut bernyanyi bersama Eru. Tanpa jeda lagu Hits berjudul ‘Black Glasses’ dibawakan dengan sangat mulus. ‘Hello Everyone, saya Eru’. Ia mengatakan bahwa berada di Indonesia seperti rumah kedua baginya. Kemampuan vocal Eru memang tidak perlu diragukan lagi. lagu ‘Insomnia’ milik Craig David pun berhasil membuat para penonton ikut bernyanyi.

Para pembawa acara pun kembali ke atas panggung. Taecyeon mengatakan akan ada penampilan special dari dua artis. Yaa benar saja Eru pun muncul kembali ke atas panggung ditemani si cantik Hyorin. Mereka menyanyikan lagu ‘Kemesraan’ milik Iwan Fals. Yaaa.. Benar mereka menyanyikan lagu berbahasa Indonesia secara live. Suara Hyorin yang merdu membuat lagu legendaris ini amat sangat apik! ‘Kemesraan ini janganlah cepat berlalu, kemesraan ini ingin ku kenang selalu’…. puluhan ribu fans ikut bernyanyi bersama. ~precious moment~

Setelah bernostalgia, kini Boy Band Infinite tampil di atas panggung. Mengenakan kostum serba hitam Infinite tampil sangat enerjik membawakan lagu ‘The Chaser’. Penonton tak henti-henti nya berteriak histeris ketika wajah si tampan L tampil di bigscreen. Tak lupa Sunggyu, L, Hoya, Dongwoo, Woohyun, Sungjong, Seungyeol memperkenalkan diri masing-masing. L sempat berkata ‘di Infinite kalian mau bertemu dengan siapa?’. Berturut-turut lagu ‘Before The Dawn’ dan ‘Be Mine’ dibawakan dengan keren. Hoya yang pandai nge-dance ini juga pandai berinteraksi dengan para fans.

Konser Music Bank ini sekaligus merayakan 40 Tahun hubungan diplomasi Indonesia dan Korea Selatan. Tak ketinggalan Indonesia juga mempunyai penyanyi muda berbakat. Yakni Afgansyah Reza. Ya.. Pria berlesung pipi ini tampil istimewa di hadapan puluhan ribu penonton. Menggunakan setelah berwarna merah marun, Afgan sangat percaya diri membawakan lagu barunya berjudul ‘Without You’ dan ‘Katakan Tidak’. Afgan pun sempat mengatakan ia merasa senang bisa menjadi bagian dari konser Music Bank. Dan bangga bahwa Indonesia merupakan negara yang dipilih untuk gelaran konser akbar ini.

Tak hanya K-Pop yang mewabah di Indonesia. Drama Korea pun menjadi tontonan favorit di berbagai kalangan. Hal ini tak lepas dari pengaruh Original Soundtrack yang bagus. Terlihat di Bigscreen menampilkan potongan-potongan adegan dari serial ‘Full House’. Kemudian muncul Soyu ‘Sistar’ menyanyikan lagu milik Byul ‘I Think I Love You’. Disusul dengan penampilan dari Woohyun ‘Infinite’ menyanyikan Soundtrack dari serial ‘Dream High’ yang berjudul ‘Dreaming’. Muncul Lima pria berdiri di atas panggung. SHINee menyanyikan lagu mereka sendiri berjudul ‘Stand By Me’ yang merupakan soundtrack dari drama populer ‘Boys Before Flowers’.

BEAST pun membuat GBK kembali bergoyang lewat lagu berjudul ‘Beautiful Night’. Disusul dengan lagu Hits mereka berjudul ‘Fiction’ dan ‘Shock’. Doojoon cs mampu membuat penonton untuk ikut bernyanyi bersama. Dongwoon sempat mengatakan apakah fans Indonesia merindukan BEAST. Penonton pun langsung menjawab ya. Maklum saja BEAST awal tahun 2012 lalu sukses mengadakan konser tunggalnya di Indonesia.

Kali ini Kolaborasi nyata antara Indonesia dan Korea terlihat di atas panggung. TeenTop dan S4 yang merupakan Boyband baru di Indonesia tampil dalam satu panggung. Dua Boyband ini menampilkan gerakan tari yang sangat enerjik. S4 pun dengan percaya diri membawakan lagu milik Teen Top berjudul ‘No More Perfume On You’ dan sebaliknya Teen Top menyanyikan lagu hits milik S4 berjudul ‘She’s My Girl’. Lagi-lagi penonton pun dengan semangat menyanyikan lagu tersebut.

Muncul lima pria yang menggunakan setelan jas bermotif lucu ini. Siapa lagi kalo bukan SHINee. Menyanyikan lagu berjudul ‘Beautiful’ dan ‘Sherlock’. ‘Apa Kabar? We Are SHINee’ sapa kelima personel berwajah tampan ini. Key mengatakan ‘apakah kalian senang malam ini?’ Jonghyun pun tiba-tiba mengambil ponsel miliknya. Ia ingin mengambil foto bersama para fans nya. Dan akhirnya Mereka melakukan selca di depan ribuan penonton. Dengan menggunakan standing mic onew cs menyanyikan single terbaru berjudul ‘Dream Girl’. Penonton berteriak histeris ketika wajah lucu Taemin muncul di Big screen.

It’s time for 2PM. Ya 2PM yang Desember tahun lalu menyambangi Jakarta dalam rangkaian tur dunia mereka bertajuk ‘What Time Is It 2PM’ ini seakan akrab dengan Indonesia. Maklum saja ini adalah kali keempat 2PM menyambangi Jakarta. ‘Listen to my heartbeat, is beating for you‘ yup, salah satu single hits 2PM berjudul “Heartbeat” dilantunkan dengan penuh enerjik. Para penonton pun dengan kompak ikut bernyanyi bersama. ‘Selamat Malam, Kami 2PM’. Junho yang dengan lancarnya mengucapkan ‘Terima Kasih atas kedatangannya’ membuat seluruh penonton histeris dibuatnya. Jun.K pun tak lupa ‘mengabsen’ para fans dengan bertanya siapa saja yang kemarin datang ke konser 2PM. :Tidak ada yang menyangka lagu anak-anak berjudul ‘Satu-satu Aku Sayang Ibu’ kembali dibawakan oleh 2PM. Seakan itu memang lagu mereka. Keenam pria tampan ini pun dengan lancar menyanyikannya. Tak lupa seluruh stadion pun ikut bernyanyi bersama. Kemudian berturut lagu berjudul ‘Hands Up’ dan ’10 Points of 10′ dibawakan dengan sempurna. Para penonton pun dengan hapalnya ikut menirukan gerakan tangan dari lagu-lagu tersebut. Taecyeon membuat seluruh penonton berteriak histeris ketika ia seolah-olah ingin membuka kemeja nya.

Super Junior merupakan salah satu artis yang ditunggu-tunggu penampilannya. dengan kostum bertemakan freestyle. Ke sembilan pria ini menyanyikan lagu berjudul ‘ Bonamana’. Tak lupa Super Junior memperkenalkan diri masing-masing. Beberapa personel menyapa dengan menggunakan bahasa Indonesia. Seperti Kyuhyun yang mengatakan ‘Apa Kabar, saya Kyuhyun. Kamu cantik sekali’ kemudian Ryewook mengatakan ‘aku cinta kalian’ dan Eunhyuk yang mengatakan ‘sudah siap untuk bersenang-senang? Aku cinta kamu’.

It’s time for EunHae Shipper! “I’m so cool, I’m so cool, Party like a superstar..” Yes, it’s time for “Oppa-Oppa“. Eunhyuk dan Donghae pun menyanyikannya dengan semangat. Di akhir lagu pun para member Super Junior lainnya ikut bernyanyi bersama. Lagu berjudul ‘Sexy, Free, Single’ dibawakan Super Junior. Penonton yang memang hapal dengan lirik lagu tersebut tak mau ketinggalan untuk bernyanyi bersama. Tak terasa tiga jam lebih para penonton disuguhkan penampilan istimewa dari para idolanya tersebut. Seluruh pengisi acara berkumpul di satu panggung. Menyanyikan salah satu lagu populer di korea milik DJ D.O.C ‘Run To You’.

Tak lupa semua pengisi acara membungkukan badan tanda berakhirnya konser akbar tersebut. Kita semua berharap Indonesia dan Korea Selatan terus menjalin hubungan Diplomasi yang lebih baik lagi.


Thanks to:
Asia Top Entertainment
Marygops Studios

Dan Terima Kasih buat kalian para pecinta Musik K-Pop !!

(Reni Fitriah)
Photo by Milankoni

Related posts

Leave a Reply