Trending News

Blog Post

American Idol 12 Top 4 Redux – Then & Now
American Idol

American Idol 12 Top 4 Redux – Then & Now 

American Idol kembali dengan non-eliminasi minggu lalu. Ya mungkin itu waktu yang tepat untuk non eliminasi karena minggu lalu adalah one of the most boring dalam sejarah American Idol menurut saya. Minggu ini temanya adalah Now & Then, tiap kontestan akan memilih satu lagu klasik standard dan satu Billboard’s hits. Mari kita lihat apakah kontestan kali ini memilih lagu yang pas dari Billboard’s?


1. Angie Miller – Diamonds (Rihanna)

Keith memuji Angie berusaha mengubah aransemennya namun menurutnya lagu ini bukan lagu yang bagus jika diubah. Menurut Nicki kali ini Angie ‘lackluster’, Randy setuju dengan Keith, menurutnya dengan aransemen yang berubah lagu ini tidak ada impact-nya. Mariah setuju dengan Nicki.

Saya akan mengulang pernyataan juri, Diamonds tidak cocok diganti aransemennya! Begitu banyak cover version lagu ini di YouTube dengan aransemen berbeda namun tidak ada yang menandingi versi aslinya, begitu juga dengan Angie. Angie bisa saja bernyanyi dengan aransemen yang sama namun dengan vokal yang lebih powerful agar tidak dibandingkan dengan Rihanna.

2. Amber Holcomb – Just Give Me A Reason (P!nk ft. Nate Ruess)
Nicki menyebut Amber tidak ‘connect’ ke dalam performance-nya. Randy concern Amber dan kontestan lainnya kehilangan ‘fun’-nya di stage. Mariah menantikan penampilan kedua Amber dan seperti Mariah, Keith mengerti kesulitan Amber dalam menyanyikan lagu dalam range P!nk.

Dear Amber, if you don’t have the vocal chop for it yet, janganlah mengambil lagu P!nk. Saya memuji Amber yang berani mengambil risiko dengan lagu ini, tapi it didn’t work at all. Ya aslinya tidak hapal lirik, keteteran mengejar tempo, sampai aransemen yang tidak pas, sangat terlihat Amber pun tidak nyaman menyanyikannya.

3. Candice Glover – When I Was Your Man (Bruno Mars)
Menurut Randy penampilan Candice kali ini luar biasa, dan Mariah setuju. Menurutnya Candice mempunyai musikalitas yang baik untuk menyanyikan lagu apa saja. Keith menyebutnya winning performance. Nicki memuji penampilan Candice dan terlihat seperti current R&B artist.

Saya suka penampilan Candice di paruh pertama, namun begitu musiknya mulai kicking in, saya tidak seberapa suka ternyata. Vokal Candice nyaris di setiap show selalu prima, tapi kalau meminjam komentar juri, Candice tidak ‘connect’ dengan lagunya, kurang pilu. Candice ya cuma nyanyi suara bagus ditambah ornamen vokal sana-sini, that’s all. Tidak ada rasa heartbreaking dari lagu ini.

4. Kree Harrison – See You Again (Carrie Underwood)
Mariah merasakan emosi Kree dan menurutnya Kree autentik. Keith sebaliknya, tidak connected dengan penampilan Kree yang menurutnya out of sync, namun memuji vokalnya. Nicki senada dengan Mariah, menyebut Kree singing with her eyes. Randy menyebut vokal Kree sempurna dan menurutnya Kree dapat mengambil jalur musik seperti Carrie Underwood.

Lagi-lagi Kree masih begitu-begitu saja pilihan lagunya, walaupun menurut saya Kree bisa menaklukkan lagu country seperti Crazy Ex Girlfriend atau Gunpowder and Lead, tapi penampilan Kree yang sederhana kali ini oke juga. Perfect vocal, namun menurut saya Kree membosankan, tidak membuat saya excited menunggu dia akan menyanyikan lagu apa.

Masih dimentori Harry Connick Jr, tema kedua adalah classic standard songs, dan saya sangat yakin malam ini akan semakin bikin sleepy. Round 1 tidak ada penampilan yang bikin gregetan.

1. Angie Miller – Someone To Watch Over Me
Menurut Keith, Angie menyanyikan lagu ini dengan indah. Nicki menyebut penampilan kali ini lebih baik dibanding yang pertama dan menyebut Angie sangat teatrikal Broadway. Randy memuji vokal Angie namun tidak menyukai aransemen di pertengahan lagu. Mariah merasakan koneksi dengan lagu ini dan menyarankan Angie terus sing from her heart.

Menurut saya vokal Angie kali ini sempurna, improvisasi-nya pas, namun tidak ‘wah’. Mungkin kalau Angie tidak menang atau kalaupun menang tapi albumnya tidak laris, dia bisa jadi aktris musikal, mengikuti langkah Katharine McPhee.

2. Amber Holcomb – My Funny Valentine
Standing O dari para juri. Nicki menyebut penampilan Amber kali ini sangat indah, dari style hingga vokal. Menurut Randy paruh terakhir lagunya unbelieveable. Mariah menyebut penampilan Amber kali ini lebih baik dibanding pertama kali menyanyikan lagu ini di Vegas Round. Keith encourage Amber untuk tetap percaya diri dan menyebut penampilannya stellar.

Saya lebih menyukai versi ini dibanding saat pertama kali Amber menyanyikan lagu ini di Vegas Round. Namun karena saya pengikut Melinda Doolittle di panggung American Idol, otomatis saya akan membandingkan. Melinda killed this song dan sejak itu tidak ada yang berhasil ‘membangkitkan’ lagi lagu ini.

3. Candice Glover – You’ve Changed
Another standing O malam ini. Randy menyebut Candice in it to win it. Mariah tidak memiliki kritik dan menyebutnya spektakuler. Keith mengagumi kontrol dan vokal Candice, dan sepertinya Nicki menyetujui komentar juri lainnya.

Sepertinya segala vokal akrobat ada di penampilan Candice kali ini, lower dan higher register-nya pitch perfect. Lagu ini mengalir dan terasa bercerita. Tidak ada yang bisa menandingi Candice di kompetisi ini dalam hal olah vokal.

4. Kree Harrison – Stormy Weather
Mariah memuji penampilan Kree namun menurutnya ada pilihan lagu lain yang lebih baik untuk Kree, seperti God Bless The Child. Keith pun setuju terkait pilihan lagu yang tidak begitu pas, namun menurutnya Kree harus terus mendengarkan insting bernyanyi-nya. Nicki juga mengomentari pilihan lagu yang menjadi penting di tahap ini. Menurut Randy, Kree bernyanyi dengan baik dan lagu ini versi Etta James akan lebih cocok untuk Kree.

Nilai plus dari saya karena Kree memperhatikan input dari Harry Connick Jr. Saya setuju banyak lagu lain yang lebih pas untuk Kree, but knowing Kree dia akan memilih another ‘boring’ song. I just wished Kree sesekali memilih lagu yang lebih menantang dia untuk mengeluarkan ‘suara’-nya, there’s a big voice waiting to be released there, seperti waktu dia nyanyi Stars di Hollywood Week.

Pada show kali ini ditunjukkan apa yang dibutuhkan kontestan Idol, mentor yang mengarahkan dan memberi input. Harry Connick Jr nampaknya harus deh jadi juri American Idol (kalau ada season selanjutnya). Menurut saya malam ini sama seperti 2 minggu terakhir, tidak ada pilihan lagu yang fun dan yang membuat penonton lebih bersemangat nonton show ini. Ranking dari saya malam ini adalah:
1. Candice
2. Kree
3. Angie
4. Amber

Bagaimana menurut kalian dengan show kali ini?

(Rio Ichsan)

RESULT SHOW
David Cook “Laying Me Low”
Will.i.am perform “Bang Bang” yang jadi Soundtrack The Great Gatsby
dan mentor tamu Harry Connick Jr. membawakan lagu barunya, “Every Man Should Know.”

yang tereliminasi malam ini adalah: Amber Holcomb!


Related posts

Leave a Reply