Trending News

Blog Post

Album of the Day: Jay Z – Magna Carta Holy Grail
Album of The Day

Album of the Day: Jay Z – Magna Carta Holy Grail 

Released by: Universal Music Indonesia

Album keduabelas Jay Z, Magna Carta…Holy Grail, tentunya ditunggu dengan antusias oleh penikmat Hiphop secara umum atau pun fans suami Beyonce ini. Dengan materi album yang berlimpah, 16 track, Jay Z tampaknya memang ingin agar album ini bisa memuaskan banyak pihak, tidak hanya dari kalangan penggemarnya, namun juga penikmat musik secara umum.

Holy Grail yang menjadi track pembuka album tersebut menghadirkan Justin Timberlake sebagi bintang tamu. Vokal Timberlake cukup panjang mengisi lagunya, dengan menghadirkan sebuah RnB bertempo sedang yang manis, dan dinyanyikan dengan sangat baik oleh Timberlake, sampai kemudian rap Jay Z yang antusiastik mengambil alih. Syukurlah Timberlake tidak mengalami marginalisasi, karena jujur lagunya yang juga mengambil sample Smells Like Teen Spirit milik Nirvana di tengah-tengahnya ini terdengar jauh lebih menarik dikala vokal Timberlake hadir.

Jay Z tidak hanya menghadirkan Justin Timberlake, karena album ini juga menghadirkan Timbaland, Nash, Rick Ross, Frank Ocean dan Beyonce untuk membantunya. Memang, tampaknya ia cukup nyaman dengan kehadiran persona dari lingkar dalamnya saja ketimbang mengajak artis-artis lain, akan tetapi terbukti kerjasama mereka cukup efektif.

Dalam F*ckWithMeYouKnowIGotIt, kesan futuristik terdengar begitu padu dengan atmosfir gelap yang berbalut beat yang rapat sementara Rick Ross hadir dengan cukup fungsional sebagai tandem Jay Z. Sementara itu vokal Frank Ocean yang renyah tapi moody hadir dalam track yang berjudul istimewa, Oceans, sebuah anthem hip-hop yang bernas. Sedang sang istri, Beyonce, hadir dalam track yang intim serta sangat terpengaruh nuansa RnB 90-an, Part II (On the Run).

Menarik bagaimana Jay Z menghadirkan artis-artis tamu dengan meriah karena membiarkan mereka mencuri perhatian baik dari segi vokal maupun porsi kehadiran yang cukup banyak. Dan ini mungkin bisa terjadi karena Jay Z sudah merasa nyaman dengan nama-nama yang diajaknya bergabung untuk membantunya dalam Magna Carta Holy Grail ini.

Terlepas dari itu, track-track yang terdapat dalam album ini juga menunjukkan rasa nyaman Jay Z sebagai artis yang mapan. Tentu saja, Magna Carta Holy Grail hadir dalam tipologi musik Jay Z yang khas. Rasa-rasanya bagi yang akrab dengan dengan dirinya akan cukup familiar dengan gaya bermusik Jay Z.

Sama halnya sengan sohibnya Kanye West, Jay Z pun mengeksplorasi banyak hal dalam lagu-lagunya, mulai dari isu sosial hingga sentimen politik. Akan tetapi kita tidak akan membicarakan itu di sini. Akan lebih baik jika kita melihat Magna Carta Holy Grail sebagai sebuah persembahan musik yang utuh saja.

Yang menarik adalah bagaimana Jay Z tetap berusaha terdengar organis dengan menghadirkan tipe Hiphop yang lebih konvensional meski tak malu untuk mengadopsi berbagai sub-genre lain dalam musiknya. Contohlah semangat rock dalam Picasso Baby atau elektro-Hihop dalam Tom Ford yang glamor.

Tentu saja yang mengharapkan Jay Z terdengar seperti penguasa lantai dansa seperti kebanyakan artis Hiphop akhir-akhir ini harus kecewa, yang mungkin menggembirakan bagi penggemar dirinya. Jay Z akan cenderung menghasilkan lagu-lagu seperti Somewhereinamerica yang terdengar sarkastik namun berbalut aransemen yang melodik, atau Heaven yang terdengar sedikit gospel-esque. Dalam Versus ia menghadirkan balutan retro lain yang terdengar sedikit psychedelic.

Yep, Magna Carta Holy Grail memang masih mengahadirkan Jay Z sebagai sosok rapper serius yang tak segan mengeksplorasi musiknya. Agak terdengar monoton memang, namun dengan mangajak Timbaland misalnya di track BBC yang juga menghadirkan Nas, Beyonce dan Justin Timberlake, ia tak segan pula untuk tampil dengan lebih “ringan”.

Track-track berat yang hadir dalam Magna Carta Holy Grail bisa saja terdengar melelahkan di pendengara pertama, akan tetapi setelah didengar berulang-ulang, seperti biasa, Jay Z ternyata cukup piawai dalam mengajak kita untuk bergabung dalam sebuah petualangan Hiphop yang berkelas.

So yeah, Magna Carta Holy Grail sekali lagi menunjukkan kaliber seorang Jay Z sebagai seorang artis Hiphop terdepan. Tidak hanya mengumpulkan lagu-lagu yang dibangun dengan cerdas dan cermat, namun Magna Carta Holy Grail juga berisi materi yang berkelas dan tak pasaran. Tampaknya Shawn Corey Carter memang belum ingin lengser dari tahtanya sebagai salah satu penguasa skena hiphop.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Holy Grail” (featuring Justin Timberlake) 5:38
2. “Picasso Baby” 4:06
3. “Tom Ford” 3:09
4. “FuckWithMeYouKnowIGotIt” (featuring Rick Ross) 4:03
5. “Oceans” (featuring Frank Ocean)3:58
6. “F.U.T.W.” 4:02
7. “Somewhereinamerica” 2:28
8. “Crown” 4:33
9. “Heaven” 4:03
10. “Versus” 0:51
11. “Part II (On the Run)” (featuring Beyoncé) 5:33
12. “Beach Is Better” 0:55
13. “BBC” 3:12
14. “JAY Z Blue” 3:50
15. “La Familia” 3:33
16. “Nickels and Dimes” 5:03

Related posts

Leave a Reply