Trending News

Blog Post

Special: 2013 Top 10 Earning American Idol Alums
Music News

Special: 2013 Top 10 Earning American Idol Alums 

Image and video hosting by TinyPic

Dalam daftar sepanjang masa, Kelly Clarkson dan Carrie Underwood selalu beradu untuk mendapatkan tempat teratas. Bagaimana dengan dalam jangka waktu tertentu? Juni 2012 hingga Juni 2013 misalnya? Apakah masih mereka berdua yang paling berkuasa untuk merebut posisi puncak dalam daftar 2013 Top 10 Earning American Idol Alums?

Ternyata memang iya! Hanya saja, kali ini Kelly harus menyerahkan takhtanya kepada Carrie. Mereka berganti posisi dari daftar yang dikeluarkan untuk tahun 2012. Dalam rentang waktu tersebut, Carrie menghasilkan setidaknya USD 31 juta yang diambil dari keuntungan penjualan album “Blown Away”, pendapatan dari tur, dan juga penghasilannya sebagai bintang iklan. Taylor Hicks, yang sekian lama diklaim sebagai pemenang AI terburuk (hingga muncul Lee DeWyze yang mengambil alih titel tersebut) berhasil masuk ke dalam daftar. Terima kasih kepada hotel dan kasino Paris Las Vegas yang memakai jasanya untuk mengadakan konser tuan rumah disana.

Sepuluh besar kali ini menampilkan 11 nama yang terdiri dari 6 juara, 2 runner-up, dan 3 non-grand finalis yang meraih karir sukses pasca kompetisi.

10. Jennifer Hudson – 7th place AI S3 – USD 1 juta
Segera move on dari Jennifer Hudson yang memenangkan Grammy dan Oscar di tahun yang sama. Meskipun ia akan selalu disebut demikian, album terakhirnya, “I Remember Me” yang dirilis di tahun 2011 kurang sukses di pasaran dan tampak lebih ambisius di bidang seni peran dengan memainkan lebih dari tiga film produksi besar dalam tiga tahun terakhir; “Winnie Mandela”, “The Three Songs”, “The Inevitable Defeat of Mister and Pete”, dan “Black Nativity”.
This is why we love Jen: dia ikut bermain dalam serial “Smash” di season keduanya. Sebanyak tiga episode ia tampil dan mencuri perhatian, termasuk moment dimana ia membawakan lagu original berjudul ‘I Can’t Let Go’.

10. Katharine McPhee – runner-up AI S5 – USD 1 juta
Album terakhirnya boleh jadi dirilis tahun 2010 lalu, tapi suara Katharine McPhee selalu terdengar berkat serial “Smash”. Kat dan Jen berbagi peringkat tahun ini dalam daftar Forbes. Dan ini sepertinya akan menjadi penampakan terakhir Kat dalam daftar, karena serial TV yang ia bintangi terpaksa di-cancel setelah season keduanya berakhir. Semoga karir Kat lebih cemerlang tahun ini, mengingat kontrak yang telah ia pegang bersama Columbia Records dan juga serial TV lain yang akan ia bintangi, “In My Dreams”.
This is why we love Kat: Di ajang Teen Choice Award 2012, Kat diunggulkan di kategori Choice TV Breakout Star: Female. Meskipun ia kalah, Kat berhasil memenangkan penghargaan untuk aktingnya di “Smash” dalam ajang Women’s Image Network Award di tahun yang sama.

9. Kellie Pickler – 6th place AI S5 – USD 1,5 juta
Setiap tahunnya, Kellie Pickler berhasil menempatkan karirnya ke level yang lebih tinggi. Meskipun telah lepas dari label tempatnya bernaung selama kurang lebih 7 tahun, Kellie telah mendapatkan kontrak rekaman baru dan merilis album studio keempatnya di penghujung tahun 2013. Popularitasnya sebagai sosok pertelevisian kembali meledak tahun lalu saat mengikuti ajang “Dancing With The Stars” dan berhasil keluar sebagai juara bersama partner-nya, Derek Hough.
This is why we love Kellie: selain sukses sebagai artis rekaman dan bintang TV, Kellie adalah orang yang sangat dermawan. Bukan cuma soal duit, ia juga rela menggunduli kepalanya sebagai bentuk dukungan kepada sang sahabat yang memulai kemoterapi pasca operasi kanker payudara.

8. Fantasia – winner AI S3 – USD 1,5 juta
Keluar sebagai juara AI di musim ketiganya tak menjadikan Fantasia sebagai nama terpopuler dari season yang dikenal sebagai season-nya para Diva tersebut. Sejak nama Jennifer Hudson mencuat, ia kembali menjadi bayang-bayang. Meskipun kalah dari Jen perkara popularitas, Fantasia adalah nama yang diperhitungkan di panggung Broadway. Menjelang penghujung tahun 2013, ia membuat comeback dengan membintangi “After Midnight”.
This is why we love Fantasia: Album studio keempatnya, “Side Effects of You” membius komite Grammy dan menempatkan karyanya menjadi unggulan di tiga kategori dalam field R&B.

7. Taylor Hicks – winner AI S5 – USD 2,5 juta
Kisah sukses dalam daftar tahun ini adalah Taylor Hicks. Ia dikenal sebagai pemenang yang paling mengejutkan kemudian sebagai pemenang paling tidak sukses dalam sejarah AI. Cukup lama, hingga akhirnya Lee DeWyze yang memenangkan season 9 memegang predikat tersebut saat ini. Kesamaan yang bisa diambil dari keduanya adalah akar musik yang mereka kuasai sedemikian jauh dari pop, membuat keduanya kesulitan melakukan pendekatan ke pasar pasca kompetisi.
This is why we love Tay: dia adalah nama pertama, dan satu-satunya dari AI yang berhasil menggelar konser tuan rumah di Las Vegas. Itu artinya, bukan dia yang mendatangi penggemar, tapi penggemar yang datang padanya. Sejak Juni 2012 ia melakukan aktivitas ini. Kabar yang lebih baik dari itu adalah venue yang ia pakai dipindahkan ke tempat yang lebih luas sehingga jumlah penonton bisa lebih banyak.

6. Scotty McCreery – winner AI S10 – USD 3 juta
Sejak memenangkan AI di tahun 2011, Scotty McCreery terus merilis album di setiap tahunnya. Bukan main, ketiga album tersebut pun sukses di ranah country, membuat Scot dipertimbangkan di ranah ini. Hampir separuh dari isi album terakhirnya, “See You Tonight” melibatkan Scot dalam penulisannya. Ini membuktikan bahwa pemuda ini tak sekedar mengandalkan suara beratnya dalam meraih keberhasilan di dunia seni, tapi juga ada bakat alamiah yang mewujudkan pencapaian musikalitas.
This is why we love Scot: menjadi seorang bintang tak selamanya memposisikan karir di atas segalanya. Bukan bermaksud mengurangi komitmen, tapi juga menjadi pribadi yang lebih baik. Setelah menyelesaikan pendidikan di SMA pada tahun 2012 lalu, Scot kini menjadi mahasiswa di sebuah universitas di Raleigh, North Carolina.

5. Daughtry – 4th place AI S5 (Chris Daughtry) – 4 juta
Keberhasilan Daughtry dalam industri rekaman akan selalu dipegang bagi para finalis yang tak berhasil bertanding di grandfinal sebagai kepercayaan bahwa jaminan itu tak hanya dipegang oleh winner dan runner-up saja. Meskipun butuh orang-orang untuk bermain bersamanya, karena ini adalah sebuah band, tetap saja Daughtry akan selalu hadir menghiasi buku sukses yang AI punya, dari dulu, kini, dan semoga hingga masa yang akan datang.
This is why we love Daughtry: di album terakhirnya, “Baptized”, mereka melakukan pergerakan musik dengan melibatkan sound yang lebih ringan, menawarkan ke-cathcy-an dalam lagu-lagu yang mereka bawakan. Waktu yang tepat mereka punya untuk menghibur penggemar dengan lagu-lagu baru tersebut saat dipercaya sebagai salah satu pengisi acara di malam tahun baru 2014 Dick Clark’s New Year’s Rockin’ Eve with Ryan Seacrest.

4. Adam Lambert – runner-up AI S8 – USD 5 juta
Banyak yang meragukan pertahanan Adam Lambert di industri ini pasca perpisahannya dengan label RCA Records. Itu akan menjadi kisah yang kita nantikan, karena Adam pasti menemukan jalan untuk kembali menghibur kita lewat albumnya. Sementara itu, album terakhir Adam, “Tresspassing” yang dirilis pada pertengahan tahun 2012 menuai banyak pujian. Album ini menempati Top 10 apapun, siapapun di tahun itu. iTunes, RyanSeacrest.Com, Billboard, MTV, dan masih banyak lagi. Simply can’t wait for his next moves!
This is why we love Adam: gayanya yang ekstentrik memang menimbulkan pro dan kontra. Tapi satu yang pasti, itu adalah hiburan yang menarik. Setelah tampil di serial TV “Pretty Little Liars”, Adam kembali kelayar kaca untuk memeriahkan serial “Glee” sebagai Starchild.

3. Phillip Phillips – winner AI S11 – USD 5 juta
Artis gospel, R&B, country, soul, rock, dan alternative telah mendapat kesempatan untuk menjadi pemenang AI. Di tahun 2012, giliran artis folk yang mendapat keistimewaan tersebut. Adalah Phillip Phillips yang membius juri dan juga penikmat acara dengan segudang pesonanya hingga berhasil menjadi orang kesebelas yang resmi disebut sebagai Idola Amerika. Ia, dan nama pemenang season sebelumnya, Scotty McCreery mengembalikan kepercayaan publik bahwa AI masih sanggup mencetak superstar!
This is why we love Phil: sudah terlalu lama single kemenangan AI tidak ditempatkan di tempat yang layak; puncak. Phil punya itu. Saat ‘Home’ dirilis, secara instan lagu ini menjadi sebuah hit. Hype-nya kembali membara saat Olimpiade Musim Panas 2012. Lagu patriotik ini memenangkan hati masyarakat untuk kedua kalinya dan meraih peak baru di chart Billboadr Hot 100. Di atas itu semua, ‘Home’ menjatuhkan ‘Stronger (What Doesn’t Kill You)’ sebagai single AI terlaris sepanjang masa, karena telah terjual sebanyak lebih dari 4,6 juta kopi.

2. Kelly Clarkson – winner AI – USD 7 juta
Ini dia si pemenang original AI, Kelly Clarkson. Penyumbang no.1 terbanyak dalam catatan AI, pemegang kepercayaan terbesar atas bukti nyata kesuksesan talent show, dan pematah momok talent show sebagai jalur karir instant tak tahan lama. Beberapa tahun belakangan, karir cemerlang Kelly termasuk sebagai satu-satunya artis yang berhasil memenangkan Grammy di kategori Best Pop Album sebanyak lebih dari sekali. Album terakhirnya, “Wrapped In Red” membuktikan tak ada batasan genre bagi Kelly. Ia menyajikan variasi yang memancing decak kagum pendengar. Acara TV istimewa, “Kelly Clarkson’s Cautionary Christmas Music Tale” mengikuti perilisan album tersebut dan kembali menambah pujian bagi idola sejati ini.
This is why we love Kelly: lirik yang lugas dalam lagu-lagu Kelly sempat memancing opini kritikus akan persepsinya terhadap sebuah hubungan. But hey, guess what, ia telah menemukan cinta di sosok Brandon Blackstock. Keduanya menikah di 20 Oktober 2013, dan kini Kelly tengah mengandung anak pertamanya. Buat yang meragukan kalau Kelly bisa romantis apa tidak, dengarkan ‘Winter Dreams’ dari “Wrapped In Red” yang ia dedikasikan kepada sang suami.

1. Carrie Underwood – winner AI S4 – USD 31 juta

The lovely Miss Carrie Underwood, Mrs. Mike Fisher adalah champion tahun ini. Butuh penjumlahan dari seluruh nama sebelumnya untuk menandingi pendapatan luar biasa yang ia raup dalam rentang waktu setahun. Seperti yang sudah tertulis di atas, bahwa ia meraih ini semua dari keuntungan penjualan album “Blown Away”, tur yang dipadati penonton, dan juga penghasilan dari produk yang memasang Carrie sebagai bintang iklannya. Dalam kurun waktu yang sama, Carrie pun berhasil menambah koleksi Grammy-nya. Hingga saat ini, ia telah mengantongi 6 buah piala gramaphone emas. Wow! Carrie adalah juaranya untuk urusan prestasi.
This is why we love Carrie: The Sound of Music Live! Acara istimewa yang menampilkan Carrie berakting di layar kaca sekaligus bernyanyi secara live untuk drama klasik yang film layar lebarnya menampilkan Julie Andrews. Terserah kritikus mau mencela akting Carrie yang kurang emosional, yang pasti ia sanggup memberikan NBC rating tertinggi acara non-sport dan menyanyikan lagu-lagu dalam durasi acara tiga jam dengan jaminan pitch perfect!

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply