Trending News

Blog Post

Album of the Day: Young the Giant – Mind Over Matter
Album of The Day

Album of the Day: Young the Giant – Mind Over Matter 

Menjadi dewasa tidak hanya soal waktu dan daya tahan namun berkembang menjadi lebih baik dan berwarna. Itulah kata yang paling tepat menggambarkan Album terbaru Young The Giant yang mereka namai Mind Over Matter. Setelah meluncurkan album pertamanya pada tahun 2010 Young The Giant yang mengusung semangat Indie Rock ini mulai dikenal dengan hits mereka “My Body”, “Cough Syrup” dan “Apartment”. Tiga hits ini sukses menapaki top chart Amerika dan Canada dengan meraih beberapa Gold dan Platinum untuk album tersebut. Setelah 4 tahun berlalu band asal California kini meluncurkan album keduanya pada tanggal 21 Januari yang lalu.

Band yang berpersonilkan Sameer Gadhia (vocal), Jacob Tilley (gitar), Eric Cannata (gitar), Payam Doostzadeh (bass), dan François Comtois (drum) ini pada 28 oktober yang lalu meluncurkan single pertama mereka yang berjudul “It’s About Time” dan disusul single keduanya “Crystallized” pada tanggal 9 Desember.

Album ini diawali dengan intro “Slow Dive” berlanjut dengan “Anagram” yang dimulai dengan kemerduan Gadhia yang diiringi soft electric sound, cara yang tepat memulai wajah YTG yang baru. Ketukan drum dan perkusi terdengar sangat riang walaupun dengan lirik yang mengkritik.

Berlanjut ke single “It’s About Time” yang menjadi andalan mereka dalam album ini. Sentakan rock n roll dan lantangan vokalis disentuh oleh distorsi gitar membuat Lagu ini terdengar sangat agresif dan powerful, dengan lirik yang ambigu namun dalam satu wawancaranya Sameer Gadhia mengatakan bahwa ini lagu tentang konsep kekuatan, menjadi baik atau buruk dan bagaimana kekuatan itu bisa merubah nilai social dan kemanusian.

“Crystallized” dan adalah sebuah lagu yang pilu dan penuh kerinduan. Cobalah duduk tenang bersandar, pergunakan headphone dan atur volume yang pas, tidak terlalu kencang atau terlalu rendah dan tutup mata sambil mendengar Gadhia melantunkan “Tears you cry, screaming at the sky, Come outside, The rays are shinning bright!”

Jangan beranjak dulu, kepedihan yang sunyi masih berlanjut dengan “Mind over Matter”. Dimulai dengan ritme datar yang lembut, namun tunggu sampai lagu ini membuka dirinya lebar-lebar dan siap menelanmu dengan suara lantang vokalis. Lagu ini diakhiri dengan aksi solo yang gundah “And when the seasons change will you stand by me? Cuz I’m a young man built to fall!” Kedua lagu YTG ini akan mematahkan keras hati orang paling keras sekalipun.

“Daydreamer” adalah ruang rehat yang pasif setelah pada lagu-lagu sebelumnya kita secara mental memasuki kedalaman lirik dan harmoni YTG yang berkesan pilu itu.

Layaknya sebuah gunung “Firelight” adalah puncaknya tertinggi. Terasa dingin. Pada titiklah album ini merubah arahnya. Setelah mendaki dan kelelahan lagu ini dan “Camera” mengajak kita untuk merenung sesaat. Mengambil napas panjang dan mengumpulkan tenaga sebelum kembali turun dan melewati lembah terjal berbatu.

Tempo dan waktu kembali berjalan cepat pada “In My Home”. Ini sebuah pencerahan yang riang setelah pada dua lagu sebelumnya kita dibawa untuk duduk terdiam. Berlanjut ke “Eros” yang semakin terang dan bersemangat. Mari kita berteriak bersama dengan dua lagu ini.

Pada lagu-lagu sebelumnya terlihat kedewasaan dan kematangan mereka dalam menata instument dan lirik menjadi sangat kuat dan dalam namun dua lagu berikutnya “Teachers” dan “Waves” adalah ruang eksperimen YTG dimana harmoni indie rock, petikan guitar dan elektorik efek dipadu menjadi harmoni yang terdengar benar-benar baru, menarik dan bisa dimaklumi.

Perjalan ini ditutup dengan “Paralysis”. Lagu yang kaya dan penuh drama. Terdengar lantang, lirik yang menarik dan berhasil merangkum album kedua Young the Giant ini. Mereka berhasil membuktikan bahwa keberhasilan album pertamanya bukanlah sebuah tekanan melainkan ajang untuk menjadi dewasa dan bijaksana. Kali ini Young the Giant hadir dengan wajah yang terpoles keras, mata yang tajam dan suara yang dalam. Mari kita ilhami nada yang mereka teriakan.

Official website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Abdyka Wirmon / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Slow Dive” 0:47
2. “Anagram” 4:54
3. “It’s About Time” 3:45
4. “Crystallized” 4:00
5. “Mind over Matter” 4:04
6. “Daydreamer” 3:58
7. “Firelight” 5:33
8. “Camera” 5:12
9. “In My Home” 3:39
10. “Eros” 4:10
11. “Teachers” 3:40
12. “Waves” 4:38
13. “Paralysis” 4:34

Related posts

Leave a Reply