Trending News

Blog Post

Concert Review: Soundwave 2015, Sydney 28 Feb – 1 March
Concerts Review

Concert Review: Soundwave 2015, Sydney 28 Feb – 1 March 

Soundwave adalah festival rock/metal  terbesar di Australia yang diadakan setiap tahun, tepatnya pada akhir bulan Februari hingga awal Maret. Untuk tahun ini, Soundwave diadakan di 4 kota besar di Australia yaitu Melbourne, Adelaide, Brisbane dan Sydney. Tahun –tahun sebelumnya Soundwave selalu diadakan hanya satu hari saja di setiap kota, namun untuk tahun 2015 ini, untuk pertama kalinya Soundwave akan diselenggarakan selama 2 hari di setiap kota. Dengan diadakannya Soundwave selama 2 hari di setiap kota maka itu artinya bahwa akan semakin sedikit stage sehingga akan semakin sedikit juga jadwal yang akan bentrok antar tiap band sehingga fans bisa semakin melihat banyak band di Soundwave.

Soundwave 2015 menghadirkan kurang lebih menghadirkan 78 band rock dan metal papan atas yang diantaranya adalah Faith No More, Soundgarden, Incubus, Lamb Of God, Slipknot, The Smashing Pumpkins, Slash, Marilyn Manson, Fall Out Boy, All Time Low, New Found Glory, Fear Factory, Judas Priest dan Falling In Reverse. Untuk than 2015 ini, Creativedisc berkesempatan untuk menghadiri Soundwave di Sydney yang diadakan pada tanggal 28 Februari hingga 1 Maret bertempat di Olympic Park. Venue ini sudah menjadi tempat penyelenggaraan Soundwave sejak 5 tahun terakhir dan untuk tahun ini kurang lebih 30.000 orang menhadiri Soundwave di Sydney.

Day 1

Pintu masuk ke dalam festival Soundwave baru dibuka pada pukul 11 namun orang-orang sudah mulai antri sejak pukul 8 pagi. Beberapa alas an orang memilih untuk dating pagi ke Soundwave diantaranya adalah karena band yang mereka mau lihat bermain di pagi hari atau untuk mendapat tiket signing session yang dijual terbatas. Beberapa band yang menjadi highlights untuk hari pertama adalah berikut ini:

–  One OK Rock

One OK Rock
One OK Rock

Band alternative rock asal Jepang One OK Rock dijadwalkan untuk bermain pada pukul 2:15pm hingga 3:00pm. Ini adalah pertama kalinya One OK Rock diundang untuk bermain di Soundwave namun tampaknya One Ok Rock sudah memiliki fanbase yang cukup banyak di Australia, hal ini terlihat dengan cukup banyaknya penonton yang memadati stage 1 untuk melihat penampilan One OK Rock. Tepat pada pukul 2:15pm, 4 personil One OK Rock langsung masuk dan membawakan ‘The Mighty Long Fall’ sebagai lagu pembuka. Total 8 lagu dibawakan dinataranya adalah ‘Clock Strikes’, ‘Cry Out’, ‘Deeper Deeper’ dan penampilan mereka ditutup oleh ‘The Beginning’.

– Gerard Way

Gerard Way
Gerard Way

My Chemical Romance mengumumkan bahwa mereka bubar pada awal tahun 2013 lalu dan sang vokalis Gerard Way langsung mengerjakan album solo pertamanya selama kurang lebih 1,5 tahun dan akhirnya direlease pada tahun 2014 lalu. Untuk album solonya, Gerard Way memilih genre yang berbeda dengan genre yang membesarkan namanya bersama My Chemical Romance, dimana untuk album solonya ini Gerard memilih untuk mengusung genre Britpop. My Chemical Romance belum pernah tampil di Soundwave Festival sebelumnya sehingga ini juga menjadi debut Gerard Way di festival ini. Dijadwalkan untuk tampil selama 60 menit di stage 2, tepat pada pukul 3pm iGerard naik keatas panggung bersama band pengiringnya yang bernama The Hormones. Gerard membuka penampilannya dengan lagu ‘The Bureau’ dan disambung dengan ‘Action Cat’. Gerard total membawakan 10 lagu dari album debutnya ‘Hesitant Alien’ dan penampilannya ditutup dengan lagu’No Shows’.

– Incubus

Incubus
Incubus

Salah satu penampilan yang paling ditunggu untuk hari pertama Soundwave adalah penampilan dari band Incubus. Band yang sudah malang melintang di industry music selama kurang lebih 20 tahun ini dijadwalkan tampil pada pukul 6:00pm hingga 7:00pm di stage 1. Incubus membuka penampilan mereka dengan lagu yang mereka release pada tahun 2001 silam ‘Wish You Were Here’ dan disambut oleh teriakan penonton yang juga ikut bernyanyi sepanjang lagu. Tanpa banyak basa basi, Incubus langsung melanjutkan aksinya dengan membawakan ‘Anna Molly’ yang juga menjadi crowd favourite. Brandon Boyd sang vokalis menyempatkan menyapa para penonton sebelum melanjutkan penampilan mereka dengan membawakan hit single baru mereka ‘Absolution Calling’ serta beberapa hit classic seperti ‘Nice To Know You’, ‘Trust Fall’, ‘Pardon Me’ dan ‘Megalomaniac’. Walaupun kita bisa melihat bahwa rambut dari Brandon Boyd sudah mulai memutih namun penampilannya tetap enerjik dan konsisten patut diacungi 2 jempol.

– New Found Glory

New Found Glory
New Found Glory

Ini adalah ketiga kalinya dalam 6 tahun terakhir New Found Glory diundang untuk bermain di Soundwave sekaligus menjadi penampilan debut mereka di Australia dengan 4 personil setelah Steve Klein memutuskan untuk keluar dari New Found Glory.Sayang untuk kali ini, drummer dari New Found Glory tidak bisa ikut karena harus menemani istrinya yang akan melahirkan anak pertama mereka sehingga posisinya digantikan oleh drummer dari Set Your Goals yaitu Mike Ambrose.  Tepat pada pukul 9:00pm, New Found Glory didaulat sebagai headliners untuk stage 3, ke-empat personil New Found Glory naik ke atas panggung dan langsung menghentak dengan membawakan ‘Selfless’ yaitu single pertama dari album terbaru mereka dan langsung dilanjutkan dengan ‘Understatement’. Set New Found Glory bisa dibilaang cukup padat karena mereka berhasil membawakan 15 lagu dalam durasi 1 jam penampilan mereka. Beberapa lagu yang mereka bawakan adalah ‘Don’t Let Her Pull You Down’, Hot or Miss’, All Downhill From Here’, ‘Ready and Willing’ dan penampilan mereka ditutup oleh hit single terbesar mereka ‘My Friends Over You’.

 – Faith No More

Band legendaris asal San Francisco, Faith No More, dijadwalkan akan merelase album terbaru mereka pada bulan May 2015 nanti dan penampilan mereka di Soundwave 2015 ini bisa dibilang sebagai tour pemanasan sebelum mereka nanti akan membuat headline tour. Ini adalah kedua kalinya mereka menjadi headliner Soundwave setelah pada tahun 2010 lalu mereka juga mendapat kehormatan untuk menjadi headliner. Putih menjadi tema yang diambil oleh Faith No More untuk penampilan mereka, stage yang dicover menjadi putih dengan hiasan vas bunga dan outfit yang dipakai oleh kelima personil Faith No More juga putih. Sesuai dengan yang dijadwalkan, pada pukul 8:30pm Faith No More naik ke atas panggung dan membawakan single pertama dari album terbarunya disambung dengan ‘Caffeine’, ‘Richochet’ dan ‘From Out Of Nowhere’. Penonton tidak henti-hentinya loncat dan berjingkrak mengikuti lagu yang dibawakan oleh Faith No More. Mike Patton sebagai vokalis jugaa cukup interaktif dengan penonton. Faith No More membawakan lagu-lagu classic mereka seperti ‘From Out Of Nowhere’, ‘Epic’, ‘Midlife Crisis’ hingga lagu terbaru mereka ‘Superhero’. Penampilan mereka selama satu setengah jam ditutup oleh lagu yang mereka release pada tahun 1987 ‘We Care a Lot’.

Day 2

Untuk hari kedua, sama seperti hari pertama, pintu dibuka pada pukul 11 pagi namun tidak seperti hari pertama, penonton baru datang pada pukul 11 pagi mungkin dikarenakan masih letih dari Soundwave hari pertama. Beberapa highlights untuk hari kedua adalah berikut ini:

–  Tonight Alive

Tonight Alive
Tonight Alive

Band asal Sydney, Australia yang namanya kian menanjak di industry music pop punk, Tonight Alive, menyempatkan diri untuk tampil di hometown sebelum mereka kembali ke studio rekaman untuk mengerjakan album ketiga mereka. Tonight Alive dijadwalkan untuk tampil di stage 2 pada pukul 2:40pm hingga 3:40pm, dan sesuai dengan yang dijadwalkan Tonight Alive naik ke atas panggung pada pukul 2:40pm dan langsung menggebrak dengan membawakan ‘The Ocean’.  Tampil selama satu jam, Tonight Alive total membawakan 15 lagu seperti  ‘Listening’, ‘Breaking and Entering’, ‘Don’t Wish’ dan  ‘Lonely Girl’ serta beberapa lagu cover dari band Rage Against The Machine. Penampilan mereka ditutup dengan membawakan ‘The Edge’ yang merupakan soundtrack dari The Amazing Spiderman 2.

 –  All Time Low

Salah satu band yang mendapat crowd paling banyak pada hari kedua Soundwave adalah All Time Low yang dijadwalkan untuk tampil di stage 1 pada pukul 3:40pm. Menurut ramalan cuaca, pada hari tersebut akan ada hailstorm atau badai dan tepat sebelum All Time Low akan tampil langit menjadi gelap. All Time Low membuka penampilan mereka dengan membawakan ‘Lost In Stereo’ dilanjutkan dengan ‘Stella’. Melihat langit menjadi semaki gelap, Alex Gaskarth sang vokalis berkata bahwa mereka akan terus bermain walaupun hujan dan ketika mereka membawakan ‘A Love Like War’ akhirnya hujan turun dan menjadi semakin deras ketika mereka membawakan lagu berikutnya ‘The Irony of Choking on a Lifesaver’ sehingga akhirnya All Time Low harus kembali turun panggung. Setelah sekitar 15 menit, akhirnya badaipun berlalu dan penonton kembali memadati panggung dan Alex Gaskarth keluar dan dengan berat hati mengatakan bahwa peralatan band mereka rusak karena terkena air hujan sehingga mereka tidak bisa melanjutkan penampilan mereka. Sebagai lagu perpisahan, Alex Gaskarth mengajak penonton untuk menyanyikan ‘Weightless’ secara acapella.

– Papa Roach

Kedatangan Papa Roach untuk kembali ke Australia sudah sangat ditunggu-tunggu dan ketika diumumkan bahwa Papa Roach adalah bagian dari lineup Soundwave 2015, banyak orang yang sangat excited. 1 jam sebelum Papa Roach tampil, orang-orang sudah ramai berdatangan mengisi bagian depan stage 2 untuk melihat Papa Roach. Sebagai lagu pertama, Papa Roach membawakan selftitled track dari album terbaru mereka ‘Face Everything and Rise’ yang disambut meriah oleh penonton dan dilanjutkan oleh single classic dari Papa Roach yang berjudul ‘Getting Away with Murder’. Tampil selama 1 jam, Papa Roach membawakan total 13 lagu memadukan lagu baru serta lagu lama seperti ‘ Between Angels and Insect’, ‘Scars’, ‘Forever’ dan penampilan mereka ditutup dengan ‘Last Resort’.

–  Fall Out Boy

Fall Out Boy
Fall Out Boy

Hampir bersamaan dengan pengumuman bahwa Fall Out Boy akan merelease abum terbaru mereka, Soundwave juga mengumumkan bahwa mereka adalah bagian dari lineup Soundwave 2015. Fall Out Boy didaulat untuk menjadi headliner stage 3  hari kedua Soundwave dan dijadwalkan untuk tampil selama 1 jam 20 menit dari jam 8:40pm hingga 10:00pm. Fall Out Boy membuka penampilan mereka dengan ‘The Phoenix’ dari album Save Rock and Roll dan dilanjutkan dengan ‘I Slept with Someone in Fall Out Boy and All I Got Was This Stupid Song Written About Me’. Fall Out Boy cukup memuaskan para penonton dengan membawakan 6 lagu dari album terbaru mereka yang diantaranya adalah ‘Irresistible’, ‘The Kids Aren’t Alright’, ‘Immortals’, ‘Uma Thurman’, ‘American Beauty American Psycho’ dan ‘Centuries’.

 –  Slipknot

Salah satu band metal paling besar saat ini, Slipknot, baru saja merelease album kelima mereka yang berjudul ‘The Gray Chapter’ pada tahun 2014 lalu dan penampilan mereka di Soundwave 2015 ini adalah sebagai ajang promo untuk album terbaru mereka ini. Mendapat kehormatan sebagai headliner stage 1, Slipknot dijadwalkan untuk tampil selama satu setengah jam dari pukul 8:30 pm hingga 10:00pm. Diantara band lain, panggung Slipknot bisa dibilang adalah yang paling megah dengan adanya muka badut raksasa di tengah serta flame cannon di sekitar panggung. Tepat pada pukul 8:30pm, intro lagu ‘XIX’ terdengar dan personil Slipknot-pun naik ke atas panggung dan langsung membawakan ‘Sarcastrophe’ yang beruturut-turut dilanjutkan dengan ‘The Heretic Anthem’, ‘My Plague’, dan ‘The Devil and I’. Penonton yang memadati stage 1 dari depan hingga paling belakang, tidak henti-hentinya berteriak meneriakkan ‘Slipknot’ sambil seraya headbanging mengikuti lagu yang dimainkan. Slipknot membawakan beberapa lagu baru seperti ‘The Negative One’ dan ‘Custer’ serta memainkan hit-hit single mereka seperti ‘Duality’ dan ‘Before I Forgot’. Ketika Slipknot membawakan lagu ‘Vermillion’ penampilan mereka sempat dihentikan karena barrier yang dipasang untuk memisahkan penonton dengan panggung rubuh. Slipknot membawakan 3 lagu sebagai encore yaitu ‘Sic’, ‘Pople’ dan ditutup dengan ‘Surfacing’.

Soundwave
Soundwave

Sebuah pengalaman luar biasa bagi para penggemar music rock untuk bisa menikmati dan menonton band-band favorit selama 2 hari penuh. Soundwave is definitely one of the best music festival on earth !!!


William SupardiWilliam Supardi
CreativeDisc Contributor
@will14msupardi


Related posts

Leave a Reply