Quantcast

5 Alasan Harus Mendengarkan Twenty One Pilots

By - 4 years ago in Behind The Music

Siapa itu Twenty One Pilots? Well, mungkin sudah saatnya bagi kalian untuk mengenal nama ini.

Twenty One Pilots adalah duo yang terdiri atas Tyler Joseph dan Josh Dun. Berasal dari Colombus, Ohio, Amerika Serikat, mereka terbentuk di tahun 2009. Band ini awalnya dibentuk oleh Tyler bersama dua temannya di masa kuliah, Nick Thomas dan Chris Salih.

Nama band berasal dari sebuah drama berjudul “All My Sons” karya Arthur Miller, yang berkisah tentang seorang pria yang harus memutuskan apa yang terbaik untuk keluarganya setelah menyebabkan kematian “twenty one pilots” saat Perang Dunia II. Kisah dilema moral inilah yang menjadi inspirasi dari nama band ini.

Lantas, mengapa band ini istimewa? Mengapa kita harus mendengarkan Twenty One Pilots? Mungkin 5 hal ini bisa menjadi alasan:

1. Band Indie Yang Diperebutkan Label Besar


Di tahun 2009 juga akhirnya mereka merilis album debut mereka secara independen, sebuah self-titled, dan mulai melakukan tur di sekitar Ohio. Sayangnya di pertengahan 2011 Nick dan Chris akhirnya mengundurkan diri karena kesibukan mereka. Akhirnya bergabunglah Josh bersama Tyler, dan akhirnya format band ini menjadi duo. Sebuah album indie, berjudul “Regional at Best” kembali dirilis dengan formasi ini di bulan Juli 2011.

Karena gaya bermusik mereka yang khas, duo ini pun menarik banyak perhatian, sehingga tidak heran gig mereka selalu ramai ditonton orang. Bahkan, pertunjukan mereka di Newport Music Hall di Colombus sukses sold out hingga akhirnya menarik perhatian banyak label besar. Mereka berebut ingin menarik Twenty One Pilots bergabung bersama mereka. Namun duo ini akhirnya memilih Fueled By Ramen, yang merupakan anak dari Atlantic Records, sebagai label baru yang akan menaungi mereka.

2. Perlahan Tapi Pasti Mencuri Perhatian


Album ketiga mereka pun dirilis di bawah label Fueled By Ramen. Berjudul “Vessel” dan dirilis di Januari 2013. Album ini mendapat sambutan yang bagus dari para kritikus musik, meski sayangnya hanya sanggup duduk di posisi 58 Billboard 200. Meski begitu di chart Alternative mereka berhasil duduk di posisi 10.  Meski baru saja merilis sebuah album, Twenty One Pilots rajin pula merilis EP, sebut saja “Migraine” dan “Holding On To You” di tahun 2013 dan “Quiet Is Viølent” di tahun 2014. Mungkin karena aktif dalam merilis EP ini, perlahan tapi pasti mereka mulai mencuri perhatian. Single-single lama mereka mulai dicari lagi dan didengar.

Tapi breakthrough mereka terjadi di tahun 2014, saat pendengar mainstream mulai memberi perhatian lebih. Ini mungkin karena banyak festival besar seperti Lollapalooza, Bonnaroo dan Firefly menginginkan mereka sebagai headliner yang mengantarkan sebuah rangkaian tur Twenty One Pilots yang berjudul “Quiet Is Violent World Tour” karena banyaknya permintaan untuk itu. Puncaknya saat mereka tampil di MTV Movie Awardd 2014 dengan membawakan lagu ‘Car Radio’. Tidak heran jika antisipasi menjadi besar saat Twenty One Pilots mengabarkan akan merilis album baru. Tidak heran saat album “Blurryface” dirilis, ia langsung duduk di posisi 1 Billboard 200. Selamat!

3. Musik Gado-Gado Sebagai Ciri Khas


Menurut duo ini, tujuan mereka bermusik adalah untuk membuat orang berfikir dan juga mengajak pendengarnya untuk menemukan rasa gembira dalam apa yang mereka percayai di dalam hidup. Cukup dalam memang. Tapi keistimewaan dari Twenty One Pilots adalah lagu-lagu yang mereka bawakan. Mereka menggabungkan antara indie-pop, synth-pop, electro-pop, rock, hingga hip-hop. Ini menjadikan lagu-lagu Twenty In Pilots terdengar penuh warna sekaligus enerjik. Coba dengarkan saja hits-hits seperti ‘Car Radio’ , ‘Ode to Sleep’, ‘Holding On To You’ atau yang terbaru ‘Tear In My Heart’. Maka kita bisa merasakan pergerakan notasi yang tak biasa dan menggoda pendengaran.

Twenty One Pilots memadukan antara piano (bisa keyboard atau keytar), synthesizer, drum (juga drum elektronis), vokal, ukulele. Uniknya lagi, meski lagu-lagu mereka cenderung ngepop dan cukup easy listening, tapi dari segi lirik biasanya mengandalkan kata-kata yang puitis, meski tetap lugas dan cukup straight forward. Kadang kalau “puisi” yang mereka tulis terasa terlalu panjang, maka akan dinyanyikan dalam gaya rap. Karena gado-gadonya gaya bermusik Twenty One Pilots sehingga agak sulit untuk mengkategorikan musik yang mereka usung dalam satu genre hingga fans kemudian melabeli musik mereka sebagai “Schizophrenic pop” (dikenal juga Schizoid pop). Wah, mungkin sudah saatnya sub-genre ini dipopulerkan. Thanks Twenty One Pilots fans.

 4. Band Populer Yang Kangen Bermain Di Venue Kecil


Meski kini mereka kerap bermain di konser yang berlokasi di venue yang besar dengan jumlah penonton yang sangat besar, namun ternyata mereka tetap kangen untuk bermain di venue yang relatif lebih kecil. Menurut Tyler venue yang lebih kecil memiliki lingkungan yang lebih terkontrol dimana mereka bisa berinteraksi dengan penonton dengan lebih baik. Mereka bisa berbicara langsung dengan penonton. Kata Josh semua band tentunya ingin bermain di venue yang lebih besar dan lebih besar lagi, yang menandakan tingkat kepopuleritasan yang meninggi, tapi baginya ruangan yang lebih kecil adalah yang ideal karena mereka, sebagai penampil, bisa membuat koneksi yang lebih baik dengan orang-orang yang menghadiri konser mereka. This is so sweet and showing how humble they are sebagai band yang lebih mementingkan kualitas hubungan dengan penonton ketimbang mengejar kuota kuantitas yang berarti pemasukan materi yang lebih besar.

5. Sayang Keluarga

Meski secara fisik Tyler dan Josh terlihat (agak) gahar, dengan tato menghiasi tubuh, serta penampilam meledak-ledak saat manggung, namun ternyata di dalamnya mereka cukup “lembut”. Pada saat harus menyelesaikan rangkaian tur, ternyata mereka sangat merindukan ibu mereka. So sweet. Tampaknya mereka memang sangat menyayangi keluarga mereka. Sehingga tidak heran jika mereka menunjukkan hal tersebut dengan menampilkan sang kakek Tyler dan Josh sebagai model untuk cover album “Vessel”. Tidak heran, meski musik yang mereka usung terkadang riuh, namun kita selalu bisa merasakan sesuatu yang subtil di dalamnya.


Jadi. Tunggu apa lagi? Sudah saatnya untuk mendengarkan sensasi pop baru ini dan Twenty One Pilots menjamin sebuah petualangan musikal yang tak terlupakan.

Album terbaru mereka, “Blurryface” dirilis tanggal 17 Mei.

Official Website
Official Facebook
Official Twitter
Official Instagram
Official YouTube

Haris
CreativeDisc Contributor
@oldeuboi

Love Film. Love Books. Love Music. And Everything in Between.

Comments

38 Responses to “5 Alasan Harus Mendengarkan Twenty One Pilots”

  1. Aswin says:

    thanks creative disc, banyak2in artikel tentang T.O.P ya :))

  2. Indroww says:

    Saya kenal t.o.p dari single house of gold, dan sekarang bener2 kesengsem sama semua lagunya…

  3. Shella says:

    yaaaaas |-/

  4. Ira says:

    stay alive and stay street |-/

  5. prambors fan says:

    aaa kenapa gw baru nemu band sekeren ini, kesel.
    Creativedisc tambahin dong artikelnya ngulas twenty one pilots, mumpung lagi hype di single “stressed out”. They deserved more recognition in Indonesia! Jangan kalah sama thainland, indonesia, singapore sama malaysia yang udah punya fanbase!

    • prambors fan says:

      Edit*
      aaa kenapa gw baru nemu band sekeren ini, kesel.
      Creativedisc tambahin dong artikelnya ngulas twenty one pilots, mumpung lagi hype di single “stressed out”. They deserved more recognition in Indonesia! Jangan kalah sama thailand, phillippina, singapore sama malaysia yang udah punya fanbase!

  6. Wahyu says:

    Sama gua juga min baru denger belum lama ini. tapi langsung jatuh hati sama lagu-lagunya apa lagi sama yang “car radio” wowo .. Kalo boleh link downloadnya juga min .. Soalnya cari d google susah ????????????

  7. Benedick Deø says:

    Fanbase nya di indo itu @twentyoneINA di twitter

  8. FMusyaffa says:

    Sadiss nih band.. beda dari yg laen (y)

  9. Chrisma says:

    Sukaaa

  10. midnightblue says:

    Lagunya keren keren dan maknanya dalem bgt:3

  11. Lana Brevilinda says:

    yeay ada juga artikel ginian, kenal twentyone pilots dulu dari stressed outnya dulu dipikir lagunya kayak Coldplay lagi pas didenger berulang ulang eh, lagunya ENAK banget. Terus dengerin ke albumnya blurryface sama vessel , didengerin terus setiap hari. Salut sama band ginian :3
    |-/

  12. donny says:

    Wah teenyata fans twenty one pilots dr indonesia juga ada ya salut gua jg suka lagu2nya 21 pilots bikin hari2 jadi semangat

  13. faiz says:

    lagunya keren-keren tapi makna lagunya ternyata dalam banget.

  14. rury says:

    emang ajib band ini

  15. Arif Fadilah says:

    Ahkk nyesel gua baru tau band 21 pilots. Padahal band ini udah ada -+ 2009 an. Gua denger “Stressed Out” aja gua udah langsung jatuh hati sama ini band, sekarang gua udah punya semua album + video klipnya. Keren2 Njir….

  16. Tyler Smoll Beans says:

    Lebih baik terlambat kenal mereka daripada tidak tahu mereka sama sekali. Karena Stressed Out dan Car Radio yang mempertemukan saya dengan Twenty One Pilots.

    Berharap bakal dateng ke Indonesia.

  17. Josh Smoll Beans says:

    Mungkin di Indonesia masih awam sama Twenty One Pilots. Tapi perlahan tapi pasti fanbasenya mulai muncul kok. Aku suka mereka karena mereka band unik, punya style sendiri dan tiap album pasti ada lagu hits mereka punya:
    Lagu bikin mood bagus: House of Gold, Ride, Semi-Automatic
    Lagu bikin nangis: Truce. Goner,
    Lagu bikin semangat dari keterpurukan: Holding On To You, heavydirtysoul

    Intinya sih im so happy i found them |-/

  18. mo ilmi says:

    nice artikel… 21 pilots emang fuck banget… tau sih dari stressed out, saat bener bener aku dengerin dan resapi, ternyata artinya dalam banget, yg membuat aku langsung nagis… sejak itu ane langsung love ni band…

    “WAKE UP YOU NEED TO MAKE MONEY”. keadaan bangetss..

  19. D.Ry says:

    Udah kenal t.o.p dari album vessel, dan suka t.o.p gara gara lagu “Screen” dari album Veseel.. harus denger, dalem banget..

  20. red army says:

    Paling suka lagu car radio,ride,guns for hands

  21. Yudha says:

    yang “screen” easy listening abis
    btw sebutan fans buat 21pilots apaya?ada yg tau?

  22. Amien Ardiansyah says:

    I’ve Been Thinking Too Much… Help Me.. 🙂

  23. wahyu says:

    Paling suka lagu ride …yg konsernya live d loolapooza brasil…josh keren bgt

  24. esal_dayseip says:

    stressed out dan ride yang memperkenalkan gwe sama twenty one pilots ..
    sukses selalu buat twenty one pilots

  25. andre says:

    kereen abis.. kapan bisa dtang ke indonesia ya.. ngarep.com

  26. muzaku says:

    Lagu sama video klipnya keren banget! Aku baru tau, pertama kali denger lagunya langsung suka 😀

  27. marsel says:

    yang bener Twenty One Pilots, bukan 21 pilots 🙁
    we should spell the bands name. they requested that we do so out of respect

  28. roni daniel says:

    band yg luar biasa

  29. LzyBoy says:

    Suka Bener sama Twenty one pilots fans sejati menanti album baru :V

  30. meskipun baru beli album yg BLURRYFACE..
    tapi, tetappp aja ngejar album VESSEL sama REGIONAL AT THE BEST
    kyknya gk lengkap BLURRYFACE tanpa VESSEL dan REGIONAL AT THE BEST
    and follow akun FAN Twenty One Pilots aku yaa.. namanya spookyjimeatcereal

  31. Joaquin A. says:

    Yg kurang tau gk apa?album yg RAB ama albumnya tyler yg NPI itu gk terlalu terkenal bgt jd di spotify ato yg laen gaada,harus di soundcloud dengernya.Gitu doang sih,buat bandnya udah mereka itu perfect ditempatkan di emo quartet |-/

  32. 8josephine8 says:

    Twenty One Pilots memang band yang dibutuhkan zaman sekarang…
    Lagunya enak didengerin plus liriknya meaningful bgt.
    paling suka Holding onto you dari Vessel,Hear Me Now dari No Phun Intended,dll.
    .
    si Jenna pun beruntung bgt punya suami kayak gini…

  33. Aaa kapan ya twenty one pilots koneser di indo, pengen bangat liat meraka live ??

  34. daniel says:

    Ada yg bisa pre-order Trench gak? utk region Indonesia belum ada, siapa tau ada fans twenty one pilots yang diluar negeri bantu fans disini biar bisa dapat album aslinya

Leave a Reply

Related Articles

New Release Video | June 22, 2019 By

New Release Video: 22 June 2019

Music News | By

Zara Larsson Persembahkan Bop Terbarunya, ‘All The Time’

Music News | By

ALMA Luncurkan Single Barunya, ‘Lonely Night’