Gelab, Pria Berdarah Spanyol Yang Ingin Menjadi DJ #1 Di Dunia

Oleh: admincd - 26 Nov 2015

Beberapa waktu lalu, Creativedisc.com dipertemukan secara eksklusif dengan salah satu DJ internasional yang karirnya cukup menjanjikan, Gelab. Pria asal Spanyol yang telah malang melintang di berbagai event dance festival dan club di banyak negara ini dan dinobatkan menjadi saah satu Top 100 DJ oleh Beatport siap menyisihkan waktunya untuk kita interview. Ditemui di salah satu rangkaian #ReadySteadyGo Indonesian Tour, ini dia percakapan Creativedisc.com bersama Gelab.

Hi, Gelab. Apa kabar? Bagaimana perasaan kamu akhirnya bisa mampir ke Indonesia untuk melakukan tour di beberapa kota disini?

 Hi, I’m good. Nice to meet you. Wah, saya senang sekali akhirnya bisa ke Indonesia kali ini. Merasakan vibe yang berbeda dan bertemu dengan orang-orang yang  menyenangkan. 

Gimana rasanya kamu pernah perform di salah satu acara dance festival terbesar di dunia, Ultra Music. Ceritain dong ?

Of course, it’s fascinating. Saya sangat merasa terhormat untuk bisa perform di Ultra Music, mereka memiliki crowd yang keren dan vibe yang seru banget.

Sejak kapan sih kamu bermimpi menjadi DJ?

Kamu tahu tidak sejak aku berusia 8 tahun, aku sudah sangat penasaran dengan profesi ini. Tepat usia 15 saat aku masih disekolah dan sudah diperbolehkan datang diclub, disitulah aku selalu berada di dekat deck DJ dan berkenalan dengan Dj yang tampil di kota saya. Sebuah kota kecil di Spanyol bernama Menorca, dimana saya terus mencari pengetahuan tentang music elektronik dan mempelajari banyak hal. Beranjak dewasa saya sempat menjadi residen DJ disana dan mulai diperkenalkan kepada beberapa network yang akhirnya bisa membawa saya mengenal hal yang lebih besar lagi.

Kamu lebih suka perform untuk event di club atau di dance festival?

Well, dua-duanya menyenangkan buat saya. Tampil di club membuat saya bisa lebh dekat dengan crowd, mereka mendatangi deck dan mengajak saya foto bersama, menyapa saya. Ya cukup hangat. Sedangkan tampil di dance festival, ya tentu saja vibe dan atmosfirnya berbeda, crowd di festival member saya energy yang meluap. Bayangkan melihat banyak orang berteriak bahagia dan melompat di dance floor. That’s pretty awesome right?. Yeah, jadi saya rasa dua-duanya spesial.

Ceritakan sedikit tentang single Ready or Not yang telah kamu rilis bersama Automatic Toys?

Ini adalah single komersil Gelab yang mengkombinasi dance music dan instrument organic. DI track ini saya membutuhkan sentuhan American vocal, dan disitulah saya meminta bantuan Automatic Toys untuk bergabung di lagu ini.

 Bisa deskripsikan tentang musik Gelab?

Well, mostly EDM. Bisa EDM komersial atau yang lain. Biasanya aku selalu mengobservasi terlebih dahulu tentang crowd yang nantinya akan aku hibur. Beda tempat beda vibe loh. Dari sinilah aku bisa mengetahui kira-kira apa saja hits yang akan aku mainkan sepanjang malam.

Gelab

Menurut kamu, crowd Indonesia itu bagaimana?

Crowd di Indonesia tipikalnya harus dipanaskan diawal, yeah jadi beberapa kali aku harus membuat vibe menjadi panas terlebih dahulu setelah itu beat akan lebih menghentak dan mereka sudah lumayan nyaman dengan music yang aku bawakan. Dalam pertunjukkan, biasa aku lebih suka memainkan mood crowd, membuat mereka meninggi setelah itu membuat mereka relax sejenak dan meninggikan mereka lagi. Yeah, it’s so much fun to do it!

Setelah terpilih menjadi salah satu Top 100 DJ oleh Beatport, target apa yang kamu ingin capai setelah ini?

Wah tentunya aku mau jadi the no.1 Dj in the world, kalau ga bisa ya Big 5 aja deh gapapa. Hahaha.

Jika kamu tidak menjadi DJ, profesi apa yang ingin kamu jalani?

Well, saya tertarik dengan dunia marketing. Saya banyak membaca buku tentang bagaimana memasarkan musik dengan baik dan lain-lain. Jadi mungkin jika aku tidak menjadi DJ aku akan menjadi Marketing Strategist.

Apa tips kamu untuk para Dj yang baru memulai karirnya?

You must learn everyday, new things, new people, new experience. Harus tetap konstan belajar, jangan mudah puas karena hal itu membuat kamu kurang produktif. So yeah, keep on exploring new stuff!

Pesan untuk fans Gelab?

Thank you for supporting me. Saya sangat bahagia bisa berada di Indonesia, dan semoga saya bisa kembali secepatnya . I love Indonesia.

Thank you Gelab, good luck for the show!

Itu dia percakapan dengan salah satu DJ berbakat asal Spanyol, Gelab. Terima kasih untuk M1 Super Club Surabaya, Hype Music Asia, dan Universal Music  untuk kesempatan  kali ini bersama Gelab.


iTunes

Teks: Lauretha Sudjono

admincd
More from Creative Disc