MONKEYLADA, Festival Eksentrik Bertabur Bintang

Oleh: noverdy - 03 Dec 2015

Salah satu festival seru yang paling di nantikan, Monkeylada Fest, akhirnya sukses digelar di Taman Krida Loka, Senayan (29/11). Dengan beragam acara yang di sajikan, festival dengan venue yang super nyaman ini cukup membahagiakan para gig-seeker. Karena mengusung konsep go green & tropical festival, dilakukan juga kegiatan penanaman pohon di Taman Krida Loka oleh beberapa musisi pada sore harinya. Dengan didukung Jakarta Green Monster dan dihadiri promoter beserta para sponsor, ada 15 pohon buat lokal yang ditanam. Kebetulan festival ini bertepatan dengan peringatan Hari Menanam Pohon.

Festival ini dimulai sejak siang hari, sayangnya acara ini masih sepi pengunjung saat deretan musisi lokal most-wanted seperti GAC dan Isyana Sarasvati tampil di Promiseland Stage. Tapi itu tak sedikitpun mengurangi hype para performer untuk tampil, apalagi untuk Isyana Sarasvati yang baru saja menelurkan album perdananya, tentu ini adalah momen penting untuk memamerkan karya-karya terbaiknya.

Menjelang malam, panggung Promisland diisi oleh sejumlah penampilan otentik dari band Stars & Rabbit yang memiliki vokalis unik (Elda, mantan vokalis band Evo) dan band asal Bali: Leonardo and His Impeccable Six yang berhasil menggoyang penonton dengan gaya bermusik ala-ala Elvis Presley. Semakin malam, Promiseland Stage semakin padat ketika band instrumental asal Jepang, TOE, tampil memukau.

Sementara itu di main stage Monkeylada Fest, Sandhy Sondoro tampil fantastis. Apalagi ketika ia mengajak sang buah hati naik ke atas panggung untuk ikut tampil. Awww…sweet! Selain pagelaran musik, Monkelada Fest juga menghibur pengunjung dengan sajian humor dari dua comic yaitu Ernest Prakasa dan Soleh Solihun di stand up-comedy show. Seolah menemani penonton sebelum menikmati penampilan utama dari Before You Exit jam 9 malam, Monkeylada Fest pun memiliki ChimpanScreen, sebuah area pemutaran film yang menayangkan film dan sinetron-sinetron jadul seperti Tuyul dan Mbak Yul hingga Warkop DKI.

Sejak sore antrian Exiters (penggemar Before You Exit) mengular untuk mengikuti sesi foto dengan band idola mereka. Jeritan histeris remaja-remaja penggemar band asal Orlando ini menggema saat penantian panjang mereka berakhir dengan indah dalam sesi Meet and Greet, dan tentunya penampilan BYE malam itu. Kakak beradik Connor, Toby dan Riley menghentak Monkeylada Stage tepat pukul 9 malam dengan Dangerous. “Apa kabar Jakarta? Akhirnya kami bisa kesini. Kami masih jetlag, tapi begitu ketemu kalian, kami semangat lagi!” Kata Connor yang tentunya di sambut teriakan sebagian besar remaja perempuan.

BYE sangat interaktif dengan fansnya, terbukti dari Toby dan Riley yang rajin membaca banner penonton seperti “Indonesia Loves You”, “Please Come Back” dan “Happy Birthday Connie!” yang akhirnya BYE dan penonton serempak menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Connor yang baru berulang tahun November kemarin. McDonough bersaudara ini juga sempat mengambil hadiah-hadiah yang di berikan penonton. Sing along Exiters tentunya terdengar ramai mengiringi semua lagu BYE seperti Three Perfect Days, Soldier, A Little More You dan single terbaru mereka, Model.

Untuk yang belum kenal sama BYE, jangan sedih! BYE mengcover beberapa lagu seperti Shut Up and Dance, Thinking Out Loud dan Want You Want Me, yang bikin semua penonton heboh, baik yang sudah kenal dengan BYE maupun tidak. Di lagu Want You Want Me pula, BYE kedatangan “tamu”! Maskot Monkeylada Fest tampil ke atas panggung untuk memeriahkan suasana panggung! BYE menutup show mereka di Jakarta dengan I Like That, yang membuat fansnya berlompat dan ikut nyanyi. “Aku mau kalian semua lompat sama-sama dengan kami. Aku mau kalian semua bersenang-senang.” kata Riley yang tentunya diikuti penonton!

Pesta belum berakhir di situ. Band rock asal Skotlandia, The Fratellis di daulat menjadi penutup Monkeylada Festival kali ini. Jumlah penonton yang sedikit tidak menggoyahkan serunya penampilan Kakak beradik Jon, Barry dan Mince Fratelli ini. Membawakan lagu-lagu mereka seperti A Heady Tale, Cavemen, For the Girl, Thief, Dowtown, dan beberapa lagu lainnya, Jon Fratelli sang frontman mengaku senang dan berterima kasih akhirnya bisa tampil di Indonesia.

Teks oleh Sheyla Ashari & Jeni Rahman

Foto oleh Budi Susanto

noverdy
More from Creative Disc