Trending News

Blog Post

CreativeDisc Interview: A Night Talk with Clean Bandit
Artist Interviews

CreativeDisc Interview: A Night Talk with Clean Bandit 

Menjelang konser Clean Bandit kemarin, saya mendapat kesempatan untuk ngobrol bareng dengan Clean Bandit, minus Neil yang tidak hadir karena sakit. Sempat kepikiran sih, bagaimana mood mereka mengingat jadwal press conference dan interview tepat di hari kedatangan mereka ke Jakarta, dimana perjalanan jauh membuat mereka lelah dan mungkin jadi tidak mood untuk ngobrol. Tapi ternyata, pikiran selintas saya salah. Clean Bandit tetap ramah dan tersenyum saat bertemu saya dan beberapa teman media lain.

Grace lebih banyak menjadi pembicara di sesi ngobrol bareng kami. Penasaran apa saja yang saya obrolkan dengan mereka?

CreativeDisc (CD) : Sebutkan 5 hal menarik yang orang lain tidak tahu tentang kalian?
Clean Bandit (CB) : Tidak ada satupun dari kami yang suka bangun pagi hahaha! Para cowok punya kucing bernama Mingus, seperti nama Charles Mingus, seorang pemain bas. Grace punya kucing bernama Shane, diambil dari Shane Roy, seorang pemain softball Australia. Oh ya, Luke adalah pemain skateboard. Baru saja tadi kami mendiskusikan rencana langkah – langkah Luke untuk melompat dengan papan skateboardnya. Selain itu, kami yang membuat ide video musik kami! Jadi kamu sering membuat ide video musiknya akan bagaimana, bahkan sebelum musiknya dibuat! Atau kadang dalam waktu yang bersamaan, sehingga musik dan videonya bisa saling berhubungan.

Dari obrolan ini, ketahuan deh walaupun mereka bukanlah morning person, namun setidaknya Grace masih bisa bangun pagi sih. Well, she’s nocturnal!

CD : Kapan kalian akan rilis album baru? Apakah akan berbeda dengan New Eyes?
CB : Kami pikir perbedaan utama album berikutnya dengan album pertama kami adalah kami berencana untuk memainkan lagunya hanya dengan piano dan menyanyikan seperti lagu folk. Kami juga akan memastikan lagu-lagunya ‘jujur’ sebelum kami melakukan rekaman dan produksi, karena album pertama banyak layering, dan kurasa itu lebih bergantung pada proses produksi daripada penulisan lagu.

Ternyata, mereka punya cara khusus untuk memulai penulisan lagu lho. Mereka punya buku lagu ala Clean Bandit untuk dinyanyikan bareng saat rekaman. Jadi penasaran, kira-kira lagu seperti apa yang suka dinyanyikan bareng ya?

CD : Kira-kira nih, 10 tahun dari sekarang, apa yang akan kalian lakukan sebagai Clean Bandit?
CB : Kami menjadi 10 tahun lebih tua hahahaha! Yaaaaa… kami berharap kami masih bermain musik ke seluruh dunia, main di venue yang lebih besar, atau bisa juga di venue kecil seperti klub jazz.

CD : Oya, denger-denger bakal ada kolaborasi dengan Beyonce?
CB : Hemmmm…. tidak juga sih. Kebetulan Jack sedang ada di studio di LA dimana saat itu juga ada Beyonce. It was amazing experience! Senang bisa bekerja di studio dengan Beyonce. Itu adalah sebuah pengalaman yang luar biasa!

Sekilas cerita lainnya, mereka tidak sengaja berjumpa dengan Elton John di sebuah pesta, dimana Elton John menyanyikan lagu Rather Be. Dari situ mereka ngobrol bareng deh. Semoga nantinya akan ada kolaborasi dahsyat Clean Bandit dengan Elton John ya!

Walau tidak banyak yang bisa ditanyakan karena waktu terbatas, namun saya senang bisa ngobrol bareng dengan mereka. Terima kasih Clean Bandit!

Special Thanks to: Marygops Studios & Warner Music Indonesia

Related posts

Leave a Reply