Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – Suicide Squad The Album
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – Suicide Squad The Album 

Kalau sekarang yang ngetrend adalah film superhero yang diangkat dari komik, maka “Suicide Squad” menghadirkan sesuatu yang berbeda. Barisan pahlawan yang dihadirkan justru adalah para supervillain yang berasal dari komik DC. Maka akan ada Deadshot, Diablo, atau si cantik tapi rada “gila”, Harley Quinn, yang ditugaskan untuk membantu pemerintah melawan penjahat super lain. Jika sudah menyaksikan filmnya, selain adegan laga yang seru, filmnya juga terasa sangat… musikal, karena kerapnya hadir lagu latar yang mengisi setiap adegannya. Kini, dari barisan lagu yang terdapat dalam terangkum dalam sebuah kompilasi soundtrack berjudul “Suicide Squad: The Album“.

Indikasi jika “Suicide Squad” akan terasa seperti musikal sebenarnya sudah bisa diraba semenjak perilisan barisan trailer. Setiap trailer yang dirilis film selalu disertai dengan sebuah lagu. Tidak hanya itu, trailer terakhir yang dirilis “Suicide Squad” sebagai bagian dari panel film di Comic-Con 2016 adalah mix beberapa lagu yang terdapat dalam filmnya.

Tenang, beberapa lagu dalam trailer, meski tak terdapat dalam film, namun terdapat dalam album ini, seperti versi “haunting” dari lagu Bee Gees, “I Started A Joke”, yang hadir di trailer pertama film dan dibawakan oleh ConfidentialMX. Dan jika dalam film ‘You Don’t Own Me’ yang hadir adalah versi asli yang dinyanyikan Lesley Gore, maka dalam album adalah versi Grace bersama G-Eazy yang sebelumnya sempat hadir di trailer yang lain. Nah, jika dalam trailer ‘Bohemian Rhapsody’ yang dipinjam adalah versi Queen, maka dalam album Panic! At the Disco yang diberi kesempatan untuk menyanyi ulang lagu klasik ini.

Beberapa lagu lawas lain juga banyak dihadirkan dalam film, seperti ‘Dirty Deeds Done Dirt Cheap’ milik AC/DC, ‘Paranoid’ dari Black Sabbath, atau ‘Black Skinhead’ yang dinyanyikan Kanye West. Sayangnya tidak semua bisa disematkan dalam album. Namun jangan takut, karena lagu-lagu lawas yang terdapat dalam album juga tak kalah seru, seperti ‘Without Me’-nya Eminem atau ‘Fortunate Son’ milik band legendaris Creedence Clearwater Revival.

“Suicide Squad” tentunya juga memiliki lagu-lagu baru yang mengisinya. Sebagian besar lagu ini bercorak hip-hop dan variasinya, termasuk trap yang dihadirkan kolaborasi antara Skrillex dan Rick Ross dalam ‘Purple Lamborghini’ dan bertugas membuka album. Langsung disambung dengan track yang tak kalah meriah, ‘Sucker for Pain’ yang dibawakan secara beramai-ramai oleh para “squad” Lil Wayne, Wiz Khalifa, Imagine Dragons, Logic, Ty Dolla $ign dan X Ambassadors.

Hadirnya ‘Gangsta’ dari Kehlani atau ‘Know Better’ dengan track RnB gelap mereka juga mempertebal kesan gangsta film. Bahkan Skylar Grey juga menghadirkan pendekatan yang setipe melalui kontribusinya untuk album yang berjudul ‘Wreak Havoc’. ‘Standing in the Rain’ dari Action Bronson dan Dan Auerbach bersama Mark Ronson atau track ‘Medieval Warfare’ dari Grimes pun tak kalah bersemangat dalam menghadirkan kesan gangsta album.

Di tengah track-track bertempo cepat atau riuh Twenty One Pilots menyelipkan sebuah lagu medium, meski tentunya tetap bewarna gelap dan merupakan materi paling baru mereka, yaitu ‘Heathens’. Memberi sedikit rem untuk gerak cepat albumnya.

Mendengarkan “Suicide Squad: The Album” bisa dilakukan setelah menyaksikan filmnya, yang dipastikan akan menambah kesan mendalam, karena bisa dikatakan album soundtrack dan film seperti sebuah satu kesatuan yang tak dipisahkan. Mendengarkan album sontak akan kembali mengenang beberada adegan yang ada di film.

Meski begitu, “Suicide Squad: The Album” tetap bisa dinikmati meski belum menyaksikan filmnya. Dengan amunisi beberapa musisi terkemuka dan perpaduan antara lagu lawas dan baru, ia tetap terdengar segar. Dan sebagaimana album soundtrack biasanya, adalah sebuah album kompilasi yang cukup tematis dengan pilihan materi yang variatif.

Pre-order album di sini.

TRACKLIST
1. “Purple Lamborghini” Skrillex and Rick Ross 3:35
2. “Sucker for Pain” (with Logic, Ty Dolla $ign and X Ambassadors) Lil Wayne, Wiz Khalifa and Imagine Dragons 4:03
3. “Heathens” Twenty One Pilots 3:15
4. “Standing in the Rain” (featuring Mark Ronson) Action Bronson and Dan Auerbach 3:22
5. “Gangsta” Kehlani 2:57
6. “Know Better” Kevin Gates 3:27
7. “You Don’t Own Me” (featuring G-Eazy) Grace 3:19
8. “Without Me” Eminem 4:50
9. “Wreak Havoc” Skylar Grey 3:48
10. “Medieval Warfare” Grimes 3:00
11. “Bohemian Rhapsody” Panic! at the Disco 6:03
12. “Slippin’ Into Darkness” War 3:48
13. “Fortunate Son” Creedence Clearwater Revival 2:21
14. “I Started a Joke” (featuring Becky Hanson) ConfidentialMX 3:10

Related posts

Leave a Reply